Viral Barista Kekeuh Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker Dihadiahi Tips Rp 270 Juta
Twitter
Dunia

Seorang barista Starbucks mendadak viral dan mendapat dukungan serta pujian dari publik dunia berkat aksi tegasnya yang menolak pelanggan tak bermasker untuk memesan di sana.

WowKeren - Seorang barista Starbucks di San Diego, Amerika Serikat, tengah mencuri perhatian setelah fotonya dipajang oleh seorang pengguna Facebook. Pemilik akun tersebut diketahui adalah seorang pelanggan yang ditolak mentah-mentah oleh si barista lantaran tidak mengenakan masker.

Pelanggan bernama Amber Lynn Gilles itu geram pada sang barista yang enggan melayaninya karena ia tidak mengenakan masker. Ia kemudian mengambil foto si barista dan mengunggahnya di lama Facebooknya.

"Kenalkan, ini Lenin dari Starbucks yang menolak untuk melayani saya karena saya tidak memakai masker. Lain kali saya akan panggil polisi dan bawa surat keterangan medis," tulisnya di Facebook.

Viral Barista Kekeuh Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker Dihadiahi Tips Rp 270 Juta

Twitter

Namun ternyata respons yang didapat dari warganet tidak sesuai yang diharapkan dan justru menjadi bumerang bagi Gilles. Ia dihujani kritik dari warganet yang menilai sang barista tersebut hanya melakukan pekerjaannya.

Seorang pengguna Twitter pun me-repost kemarahan Gilles ini di akun pribadinya. Menurut warganet tersebut, Gilles telah salah jika komplain kepada si barista.

"Mereka hanya mengikuti apa yang diperintahkan. Saya mengerti frustrasimu, tapi kalau kamu tidak setuju, kamu komplain ke pihak yang salah," komentar seorang warganet.


Warganet lainnya bernama Matt Cowan justru mengapresiasi tindakan Lenin dan membuat penggalangan dana sebagai bentuk tips. Dua hari yang lalu, target yang dipasang adalah US$ 1 ribu, namun dukungan publik dari seluruh dunia terus berdatangan.

Hingga kemarin sore (25/6), tips dari ribuan donatur yang terkumpul telah mencapai US$ 19 ribu atau setara sekitar Rp 270 juta. Baik Cowan maupun Lenin pun terkejut dengan banyaknya dukungan yang diberikan oleh masyarakat.

Viral Barista Kekeuh Tolak Layani Pelanggan Tak Bermasker Dihadiahi Tips Rp 270 Juta

"Awalnya menetapkan target sebesar seribu dollar dengan pemikiran pencapaian itu sangat sulit, dan kami akan beruntung jika dapat mengumpulkan US$ 250. Tapi tidak lama, donasi mencapai US$ 100 dan saya mulai kewalahan," kata Cowan. "Hal ini menunjukkan bahwa masih ada banyak orang baik yang peduli di luar sana, dan itu melebihi yang jumlah orang yang buruk."

Pada Rabu (24/6), Lenin mengunggah fotonya memegang papan bertuliskan "Terima kasih untuk tipsnya!" sambil mengenakan masker.

"Kami ingin semua orang merasa diterima di toko kami. Kami dengan hormat meminta pelanggan mengikuti protokol sosial dan keselamatan jarak yang direkomendasikan oleh pejabat kesehatan masyarakat, termasuk mengenakan masker wajah ketika mengunjungi toko kami," ujar seorang representatif Starbucks dikutip dari LineToday, Jumat (26/6).

Sejak 19 Juni, pemerintah San Diego mewajibkan semua orang berusia di atas dua tahun untuk memakai masker ketika berada di ruang publik sebagai langkah pencegahan COVID-19. Sejak awal Mei, Starbucks secara global juga telah mewajibkan semua pelanggannya untuk mengenakan masker dan menjaga jarak selama berada di toko.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru