Terapkan Sekarang, 8 Tips Perawatan Kecantikan Untuk Remaja Ini Bikin Kulit Tetap Sehat dan Terawat
Getty Images/Cecilie_Arcurs
Lifestyle

Perubahan hormon pada remaja sering menyebabkan berbagai masalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat. Bagi kalian para remaja, sebaiknya ikuti delapan tips ini saat merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cantik alami.

WowKeren - Untuk para remaja wanita, perawatan kulit wajah sangat penting dilakukan. Pasalnya dalam fase ini remaja akan mengalami perubahan hormon yang dapat membuat kulit cenderung lebih sensitif. Akibatnya, berbagai masalah kulit akan muncul, salah satunya adalah jerawat.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi atau melakukan perawatan wajah yang salah, kulit yang seharusnya sehat akan mengalami kerusakan secara perlahan. Akibatnya, jerawat batu, komedo hingga bopeng akan sulit untuk diatasi.

Karena itulah penting untuk melakukan perawatan wajah secara tepat untuk mencegah hal itu terjadi. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Hati-Hati dalam Memilih Produk Kosmetik dan Jaga Kebersihan Alat Makeup


Hati-Hati dalam Memilih Produk Kosmetik dan Jaga Kebersihan Alat Makeup
Shutterstock/Dexailo

Salah satu penyebab masalah kulit adalah karena penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat. Jangan hanya tertipu oleh merek, karena kulit remaja sangat rentan dan sensitif. Hindari penggunaan produk yang mengandung minyak dan alkohol serta pastikan produk tersebut tidak menyumbat pori-pori. Bila perlu, berkonsultasilah dulu agar tidak salah dalam memilih produk kosmetik.

Selain itu, usahakan juga untuk membersihkan alat makeup secara rutin. Alat yang kotor dapat menyebabkan iritasi, infeksi dan menyumbat pori-pori. Jika pori-pori sudah tersumbat, kamu akan lebih rentan berjerawat.

2. Cuci Muka dengan Lembut


Cuci Muka dengan Lembut
Getty Images/damircudic

Sebagian remaja mungkin berpikir bahwa menggosok wajah dengan keras akan semakin efektif mengangkat kotoran. Padahal, kebiasaan ini justru akan membuat kulit wajah lecet, terluka dan kelembabannya semakin terkikis. Oleh karena itu, usahakan untuk menggosoknya secara lembut dan perlahan agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

Selain itu, usahakan untuk mencuci muka menggunakan air hangat agar lebih maksimal dalam membersihkan kotoran. Lakukan secara rutin setiap pagi dan malam hari menjelang tidur. Tapi pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena hal itu dapat merusak kesehatan kulit.

3. Jangan Memencet Jerawat


Jangan Memencet Jerawat

Jerawat memang sering membuat kita merasa kesal dan gemas, karena itulah tak heran jika para remaja akan memencetnya. Namun jika kamu memiliki kebiasaan satu ini, sebaiknya hentikan sekarang juga. Pasalnya tangan yang kotor saat memencet jerawat dapat membuat kulit memerah dan menimbulkan lebih banyak jerawat.

Selain itu, kebiasaan ini juga akan menyebabkan infeksi bakteri yang akan membuat lukanya semakin meradang. Lebih parahnya lagi, kebiasaan memencet jerawat akan menimbulkan rasa sakit dan bekas luka yang sulit dihilangkan.

4. Gunakan Pelembab Wajah


Gunakan Pelembab Wajah

Untuk menghindari kulit kering, sebaiknya gunakan pelembab secara rutin. Sesuai dengan namanya, produk satu ini memiliki peran penting untuk menjaga kulit wajah tetap lembab serta mencegah ruam kulit dan gatal-gatal.

Bagi remaja, usahakan untuk memilih pelembab yang mengandung benzoyl peroxide dan noncomedogenic. Pelembab jenis ini dapat membantu melawan bakteri, mengatasi minyak berlebih serta mencegah pori-pori tersumbat.

5. Pakai Tabir Surya dengan SPF 30


Pakai Tabir Surya dengan SPF 30
Pexels

Bagi kalian yang sering beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan dini.

Terutama jika kamu sering menggunakan obat jerawat, kulit wajah akan lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari. Sehingga penggunaan tabir surya dengan SPF 30 akan menjaga kesehatan kulit wajah.

6. Hindari Penggunaan Sabun Scrub


Hindari Penggunaan Sabun Scrub

Tips berikutnya, sebaiknya hindari penggunaan sabun wajah yang memiliki scrub, terutama bagi kalian yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya butiran scrub dapat merusak kulit wajah sehingga akan membuatnya semakin kering dan terluka.

Sebagai gantinya, kalian bisa menggunakan sabun wajah dengan tekstur yang lebih lembut. Misalnya, sabun muka yang tidak memiliki kandungan asam salisilat. Jika perlu, kalian bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit wajah untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

7. Rutin Menggunakan Masker Wajah dari Bahan Alami


Rutin Menggunakan Masker Wajah dari Bahan Alami
http://www.eatingwell.com//Lily Diamond

Menggunakan masker wajah dari bahan alami bisa kalian lakukan untuk merawat kulit agar tetap cantik dan sehat terawat. Hal ini dikarenakan kandungan bahan alami dari masker tersebut dinilai lebih aman dan efektif untuk merawat kulit remaja yang cenderung sensitif.

Contohnya adalah masker buah jeruk yang dapat menyamarkan noda hitam, mengecilkan pori-pori, melawan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan dan menghidrasi kulit wajah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker bengkuang, kopi dan alpukat yang memiliki manfaat serupa.

8. Perbanyak Konsumsi Air Putih


Perbanyak Konsumsi Air Putih

Merawat kulit wajah dari dalam juga penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Karena jika tubuh kamu kekurangan cairan, kulit akan cenderung lebih kering, kusam dan bersisik.

Usahakan untuk mengkonsumsi minimal delapan gelas air putih setiap hari agar kulit tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi. Dengan begitu, kesehatan kulit akan terjaga dan terhindar dari penuaan dini di usia remaja.

Demikian delapan tips merawat kulit wajah untuk remaja yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips pergi ke salon kecantikan di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips mengecilkan perut buncit secara alami.

You can share this post!

Related Posts