AS Catat 50 Ribu Kasus Baru COVID-19 Tiga Hari Berturut-Turut
Dunia
Pandemi Virus Corona

Angka penyebaran ini melonjak dua kali lipat. Pasalnya pada awal bulan Juni, rata-rata kasus baru harian virus corona (COVID-19) di Amerika Serikat mencapai 22 ribu per hari.

WowKeren - Amerika Serikat mencatatkan kasus baru harian COVID-19 mencapai lebih dari 50 ribu, per Kamis (2/7) waktu setempat. Ini merupakan hari ketiga secara berturut-turut kasus baru di negeri Paman Sam tersebut melebihi angka 50 ribu.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (3/7), penyebaran virus corona dilaporkan terus meningkat di 37 dari 50 negara bagian AS dalam dua pekan terakhir. Angka penyebaran ini melonjak dua kali lipat, di mana pada awal Juni rata-rata kasus baru harian COVID-19 di AS mencapai 22 ribu per hari.


Di akhir Juni, rata-rata kasus baru harian di AS melonjak menjadi 42 ribu kasus, dan melonjak melebihi 50 ribu kasus sejak awal Juli. Negara bagian Florida jadi yang paling banyak mencatatkan kasus baru pada Kamis (2/7). Wilayah dengan 21 juta penduduknya tersebut mencatatkan angka kasus baru sebanyak lebih dari 10 ribu kasus dalam sehari, lebih banyak dari kasus baru yang dicatat negara-negara Eropa manapun.

Disebutkan bahwa hotspot baru virus corona mulai ditemukan dan menyebar dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Tren penularan kasus corona di AS terus meningkat seiring dengan Negeri Paman Sam telah memasuki era new normal, di mana pemerintah federal dan negara bagian telah mencabut serangkaian kebijakan pembatasan pergerakan.

Bahkan ahli penyakit menular AS, Anthony Fauci, mengatakan kepada Kongres bahwa penanganan virus corona di Negeri Paman Sam berjalan ke arah yang salah. Fauci bahkan mengatakan bahwa pemerintah belum bisa mengendalikan penularan virus corona di AS.

Bukan hanya itu, Fauci juga memperingatkan bahwa kasus corona baru bisa bertambah dua kali lipat menjadi 100 ribu per hari jika pihak berwenang gagal mengambil langkah yang tepat dan cepat untuk mengendalikan penularan COVID-19.

Semakin masifnya pelaksanaan tes corona disebut menjadi alasan meningkatnya kasus baru. Namun, dilaporkan pelayanan rawat inap di rumah sakit-rumah sakit AS mulai kewalahan seiring terus bertambahnya pasien COVID-19.

Sebagai informasi tambahan, saat ini AS mencatatkan sebanyak 2,837,681 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Dari jumlah tersebut, 131,503 pasien dinyatakan meninggal dunia, dengan 1,191,838 pasien dikonfirmasi sembuh. Saat ini, AS memiliki kasus aktif COVID-19 sebanyak 1,514,340 pasien.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts