Susul Oscar dan Golden Globes, Ajang SAG Awards 2021 Ikut Mundur Akibat Corona
Film
Pandemi Virus Corona

Dengan lumpuhnya industri sinema, maka sudah tentu tak ada katalog film selama pandemi berlangsung. Hal ini pun mau tak mau menyebabkan ajang penghargaan juga turut diundur.

WowKeren - Salah satu gelaran ajang penghargaan bergengsi di industri perfilman Hollywood, Screen Actors Guild (SAG) Awards, diundur hingga 14 Maret 2021 mendatang. Awalnya, acara ini akan berlangsung pada pada 24 Januari 2021, namun terpaksa ditunda karena pandemi virus corona (COVID-19).

Selain mundurnya jadwal acara, waktu pendaftaran nominasi juga berubah. Pendaftaran nominasi akan dibuka 21 September 2020 sampai 20 November 2020 nanti. Kemudian jajak pendapat nominasi dimulai pada 11 Januari 2021 dan ditutup pada 1 Februari 2021.


Nominasi final SAG Awards 2021 akan diumumkan pada 4 Februari 2021. Sedangkan tahap terakhir adalah jajak pendapat final, yang akan dibuka 10 Februari 2021 dan ditutup pada 10 Maret 2021.

Dengan lumpuhnya industri sinema, maka sudah tentu tak ada katalog film selama pandemi berlangsung. Banyak rumah produksi yang memilih memundurkan jadwal tayangnya hingga tahun depan yang mana membuat box office tahun ini jadi lebih sepi dari biasanya, sehingga ajang penghargaan pun turut diundur.

Sebelum SAG Awards 2021 dinyatakan mundur pelaksanaannya, sejumlah ajang penghargaan telah menyatakan hal serupa. Di antaranya adalah gelaran bergengsi Academy Awards (Oscar) dan Golden Globe Awards.

Akhir bulan lalu, Hollywood Foreign Press Association (HFPA) menyebutkan bahwa ajang penghargaan Golden Globes 2021 akan digelar pada 28 Februari mendatang, atau mundur nyaris dua bulan dari tanggal semestinya.

Seperti yang diketahui, Golden Globe Awards biasanya diadakan pada hari Minggu pertama pada Januari sebagai awal dari musim penghargaan di Hollywood. Mestinya, Golden Globe 2021 digelar 3 Januari mendatang. Namun akibat adanya pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia membuat produksi film dan televisi tertunda.

Sebelumnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar lebih dulu mengumumkan pengunduran ajang bergengsi tersebut. Oscar 2021 diundur dari 28 Februari menjadi 25 April untuk memberikan waktu bagi para sineas yang terkena dampak pandemi COVID-19. Melalui sebuah pernyataan resmi, Presiden AMPAS David Rubin dan CEO Dawn Hudson juga mengumumkan kelonggaran syarat film yang layak ikut serta dalam Oscar.

AMPAS juga menetapkan bahwa satu film harus sudah dirilis paling lambat 31 Desember 2020 jika ingin berlaga di Oscar. Namun kini, satu film panjang masih bisa ikut serta di ajang Oscar jika dirilis dalam rentang waktu 1 Januari 2020 sampai 28 Februari 2021. Meski demikian, semua film kategori umum harus sudah didaftarkan selambat-lambatnya pada 15 Januari 2021.

(wk/luth)

You can share this post!