Pertama Kali, Klaster Pasar Tradisional Beijing Laporkan Nol Kasus COVID-19
Dunia

Otoritas Kota Beijing telah melaporkan nol kasus COVID-19 untuk pertama kalinya sejak kemunculan klaster penularan baru pada Juni lalu. Hingga kini, total 335 orang terinfeksi Corona di Beijing sejak klaster baru muncul di pasar Xinfadi.

WowKeren - Pada bulan Juni lalu Tiongkok terancam menghadapi gelombang kedua virus Corona (COVID-19) usai munculnya klaster baru yang berasal dari Pasar Xinfadi yang merupakan grosir makanan terbesar di Beijing. Bahkan setelah adanya klaster baru tersebut, membuat pemerintah setempat melakukan lockdown wilayah.

Kini, Otoritas Kota Beijing telah melaporkan nol kasus COVID-19 untuk pertama kalinya sejak kemunculan klaster penularan baru pada Juni lalu. Dilansir AFP, total 335 orang terinfeksi Corona di Beijing sejak klaster baru muncul di pasar Xinfadi pada awal Juni.

Komisi Kesehatan Beijing dalam pernyataan terbaru melaporkan nol kasus Corona sepanjang Senin (6/7) waktu setempat. Ini merupakan momen pertama kalinya tidak ada kasus baru Corona dalam sehari sejak kemunculan klaster baru.


Kendati demikian, disebutkan Komisi Kesehatan Beijing bahwa pihaknya mendeteksi satu kasus tanpa gejala (asymptomatic) sehari sebelumnya, yang otoritas pusat Tiongkok tidak dimasukkan ke dalam daftar kasus terkonfirmasi. Dengan kata lain, kasus tanpa gejala tidak dianggap sebagai kasus baru oleh Tiongkok.

Otoritas Tiongkok masih menyelidiki penyebab munculnya klaster baru Corona di Beijing, dengan penyelidikan awal menunjukkan virus terdeteksi pada papan talenan yang digunakan untuk memotong salmon impor di pasar Xinfadi. Temuan ini memicu larangan impor untuk barang tertentu dan peningkatan kewaspadaan di kalangan pemasok makanan asing.

Dalam konferensi pers, otoritas Beijing juga menyebut bahwa lebih dari 11 juta orang telah menjalani tes Corona sejak 11 Juni. Angka itu mencapai separuh dari total populasi di Beijing yang merupakan Ibu Kota Tiongkok. Tes massal tersebut telah digelar di banyak lokasi di Beijing sepanjang Juni lalu, dengan ratusan ribu sampel dikumpulkan setiap harinya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait