Dijamin Anti Ribet, 7 Tips Ini Bakal Bantu Kalian Atasi Rambut Bercabang Dan Kembali Sehat!
Lifestyle

Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih. Lantas bagaimana caranya mengatasi rambut bercabang?

WowKeren - Rambut yang sehat berkilau tentu menjadi idaman banyak orang, khususnya kaum hawa. Namun, beberapa masalah rambut kerap terjadi salah satunya adalah rambut bercabang. Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih.

Rambut bercabang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Kebiasaan mengeringkan rambut dengan hairdryer atau pengering rambut, menyisir rambut secara berlebihan, mencatok rambut, mengeriting dan meluruskan rambut dengan obat-obatan kimia, atau mewarnai rambut, baik highlight rambut maupun bleaching rambut bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Lantas bagaimana caranya mengatasi rambut bercabang? Oleh karena itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips mudah mengatasi rambut bercabang yang sederhana. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Potong Ujung Rambut Secara Berkala


Potong Ujung Rambut Secara Berkala

Rambut bercabang seringkali sulit diperbaiki karena rambut yang sudah terbelah tak bisa menyatu kembali. Sehingga memotongnya menjadi salah satu solusi utama. Namun enggak perlu khawatir, kalian tak perlu memotong seluruh rambutnya. Kalian hanya perlu merapikan ujung-ujung rambut yang bercabang dan terlihat kering saja.

Memotong ujung rambut yang bercabang juga dapat mencegahnya terlihat kering dan mengalami kerusakan lebih lanjut. Potonglah ujung rambut secara rutin setidaknya sebulan sekali. Hal ini akan membuat rambut terlhat lebih sehat, karena ujung rambut merupakan rambut "tua" yang rentan mengalami masalah.

2. Gunakan Shampo Dan Kondisioner Untuk Rambut Kering


Gunakan Shampo Dan Kondisioner Untuk Rambut Kering

Rambut bercabang pada umumnya disebabkan karena rambut dan kulit kepala yang kering. Oleh karena itu, kalian sebaiknya mulai menggunakan produk perawatan untuk rambut kering. Gunakan shampo dan kondisioner khusus rambut kering dan hindari keramas terlalu sering.

Kalian sebaiknya keramas 2 atau 3 hari sekali agar minyak alami dari kulit kepala enggak hilang dan menyebabkan rambut kering. Setiap habis keramas gunakanlah kondisioner secara rutin. Selanjutnya, keringkan rambut dengan handuk secara lembut dan hindari menggunakan alat pengering rambut.

3. Jangan Terlalu Sering Menyisir


Jangan Terlalu Sering Menyisir

Tanpa sadar menyisir rambut secara berlebihan dapat merusak rambut akibat gesekan yang ditimbulkan. Banyak orang mungkin tidak menyadari seberapa kuat kita menyisir rambut. Ada banyak ikatan-ikatan di rambut yang harus dilepaskan secara lembut dan tidak bisa dilepaskan dengan sisiran paksa.

Maka dari itu usahakan tidak menyisir rambut terlalu kuat. Menarik-narik rambut bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut dan memicu rambut bercabang yang semakin banyak. Selain itu, pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambutmu. Terlalu sering mengepang atau mengikat rambut secara ketat juga bisa menyebabkan kerusakan rambut loh.

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut Organik


Gunakan Produk Perawatan Rambut Organik

Rambut bercabang juga bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut yang kalian gunakan loh. Shampo biasa mengandung banyak bahan kimia yang bisa menyebabkan rambut kering, mudah rontok, patah dan bercabang. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan produk perawatan rambut yang organik dan natural.

Shampo organik umumnya bebas dari kandungan paraben, sulfat, silikon dan pewangi sintetis. Shampo organik juga memiliki komposisi dari bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, jojoba oil, avocado oil, coconut oil, keratin, almond oil dan lain sebagainya. Nutrisi, vitamin dan minyak alami pada sampo akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan membuatnya lebih indah dan bercahaya.

5. Hindari Styling Terlalu Sering


Hindari Styling Terlalu Sering

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rambut bercabang sebagian besar disebabkan oleh kondisi rambut yang kering. Karena itu, penggunaan alat styling rambut sangat dianjurkan untuk dikurangi. Penggunaan panas dari alat-alat styling rambut bisa membuat rambut bercabang.

Menggunakan alat styling seperti catok, hair dryer dan bahkan bleaching ketika rambut sudah bercabang malah akan membuatnya semakin rusak. Jadi, jangan terlalu sering menggunakannya atau akan lebih baik jika berhenti menggunakannya hingga kondisi rambut kalian kembali seperti sedia kala.

6. Keringkan Rambut Dengan Lembut


Keringkan Rambut Dengan Lembut

Apakah kalian sering mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokkan handuk begitu keras agar cepat kering? Jika iya, Anda harus menghindari hal ini karena kebiasaan tersebut bisa memperburuk keadaan rambut Anda. Sama dengan menyisir rambut, saat mengeringkan rambut pun harus dilakukan dengan hati-hati.

Kalian sebaiknya, gosok rambut secara perlahan dan lembut jika ingin mengeringkan rambut, atau cukup bungkus saja dengan handuk. Atau kalian juga bisa menggunakan kaos bekas untuk mengeringkan rambut dengan lembut dan menyerap kelebihan air sehingga rambut akan kering perlahan.

7. Gunakan Masker Rambut Secara Berkala


Gunakan Masker Rambut Secara Berkala

Melembabkan rambut dengan berbagai perawatan adalah kunci mengatasi rambut bercabang. Oleh karena itu, perawatan lanjutan dengan masker rambut bisa jadi solusi. Beberapa jenis masker yang bisa digunakan adalah masker telur, masker pepaya, masker yoghurt dan masker madu.

Masker madu bisa dicoba dengan cara menggunakan 2 sdm madu, 2 sdm yoghurt dan sedikit lemon. Campur hingga menyerupai pasta dan gunakan pada bagian kulit kepala hingga ke ujung rambut. Biarkan beberapa menit dan gunakan air untuk membilas. Atau kalau tak ingin ribet, gunakan saja masker yang sudah jadi di pasaran.

Intip juga yuk beberapa tips untuk menghitamkan rambut dengan bahan alami supaya tetap berkilau di sini. Simak juga beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata bisa sebabkan rambut rontok di sini.

You can share this post!

Related Posts