Birthday Spotlight: Happy Lia Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Lia ITZY yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 21 Juli lalu.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Lia ITZY yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 21 Juli lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kedua yang dirayakan pemilik nama asli Choi Jisu itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Lia diketahui berasal dari keluarga kaya. Lia bersekolah di Seoul Performing Arts High School atau SOPA, sekolah yang dikenal sebagai alumni banyak idol populer. Sebelum bersekolah di SOPA, Lia bersekolah di North London Collegiate School Jeju di mana biaya sekolah untuk setahun adalah 60 juta won atau sekitar Rp 751 juta.

Sebelum debut sebagai personel ITZY, Lia cukup dikenal sebagai salah satu trainee JYP Entertainment. Ia pernah menonton konser TWICE bersama trainee lain yakni Shin Ryujin dan foto-foto mereka sempat menjadi bahan pembicaraan publik, termasuk barang bermerek yang mereka kenakan.

2. Debut


Debut

Pada 21 Januari 2019, JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan girl grup baru bernama ITZY. Pada 12 Februari, ITZY merilis album single debut mereka, "It'z Different", dengan title track berjudul "Dalla Dalla". Lagu ini menggabungkan unsur-unsur dari subgenre EDM seperti future house dan bass house.

ITZY mencetak salah satu debut Billboard terbesar untuk grup K-pop baru dalam beberapa tahun di mana single "Dalla Dalla" berhasil menempati posisi ke-2 di chart World Digital Song Sales. Lagu ini juga terjual sebanyak 2.000 download di Amerika Serikat, menjadikannya lagu K-pop terlaris di Amerika pada minggu kedua Februari 2019.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Pada November 2019, "Dalla Dalla" melampaui 100 juta streaming di Gaon Music Chart, mengantarkan ITZY meraih sertifikasi platinum pertama mereka. Ini juga merupakan lagu debut pertama oleh grup K-pop yang mendapatkan sertifikasi platinum dari Asosiasi Konten Musik Korea sejak diperkenalkannya sertifikasi pada April 2018.

Single ini juga berada di peringkat No. 8 dalam daftar "The 20 Best K-pop Songs of 2019" oleh Dazed. Video musik "Dalla Dalla" dan "ICY" masuk dalam daftar video musik paling populer Korea Selatan di YouTube, masing-masing di No. 2 dan 7. Pada akhir tahun, ITZY meraih beberapa penghargaan Best New Female Artist, termasuk di Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards 2019.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Mengingat ITZY masih tergolong sebagai grup rookie, Lia belum memiliki aktivitas solo di luar kegiatan grup karena para personel ITZY masih fokus dengan tim. Namun dengan visual, suara merdu serta kemampuannya berbahasa Inggris, Lia diyakini akan menjadi idol yang sibuk di masa mendatang.

5. Kontroversi


Kontroversi

Lia tak memiliki kontroversi berarti dan imejnya pun baik di mata publik. Namun Maret 2019 atau sebulan setelah ITZY debut, ia sempat menjadi pembicaraan lantaran foto lamanya dengan mantan kekasih beredar di internet.

Foto Lia dan mantan kekasihnya itu diunggah di akun askfm yang kemudian di-screenshot dan disebarluaskan usai Lia debut. Netizen yang mempublikasikan postingan ini menulis kalau Lia ternyata bukan motae solo (orang yang tak pernah pacaran).

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pada 9 Maret 2020, ITZY merilis mini album kedua mereka, "It'z Me" dengan title track berjudul "Wannabe". Mini album ini debut di posisi pertama Gaon Album Chart Korea Selatan, menjadikannya album pertama ITZY yang meraih nomor satu di Korea. Mini album ini juga menempati posisi ke-5 di chart Billboard's World Albums, posisi tertinggi mereka di chart tersebut.

Baru-baru ini, ITZY merilis lightstick resmi dengan model unik yang disebut light ring. Grup beranggotakan 5 orang tersebut juga diyakini akan comeback dengan album baru dalam waktu dekat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru