Soal Usulan Izin Penggunaan Senpi untuk Bela Diri, Begini Kata Bamsoet
Pxhere
Nasional

Bamsoet buka suara menanggapi dirinya kembali menjadi sorotan perihal usulan perizinan senpi. Ia menyatakan agar pernyataannya terkait usulan itu tidak disalahartikan.

WowKeren - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengusulkan kepada Polri untuk mengizinkan penggunaan senjata api peluru tajam dengan kaliber 9 mm. Polri pun buka suara menanggapi usulan ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan akan membicarakan hal itu secara lebih lanjut dengan Bamsoet. "Nanti kita komunikasikan kepada Pak Bamsoet maksudnya bagaimana," kata Argo dilansir Detik, Senin (8/3).

Argo menyebut jika ketentuan terkait penggunaan senjata api ini sudah ada aturannya. Sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. "Sampai saat ini, semua kepemilikan senjata api ada aturannya yang mengatur. Tidak semua orang bisa memilikinya," ujarnya.

Sebelumnya, Bamsoet bersama Perkumpulan Izin Khusus Senjata Api Beladiri (DPP-PERIKSHA) dan International Defensive Pistol Association Indonesia (IDPA Indonesia) akan menggelar Lomba Asah Kemahiran Menembak. Ia berbicara mengenai negara lain yang sudah memperbolehkan penggunaan senjata api peluru tajam dengan kaliber 9 mm.


"Sebetulnya di berbagai negara sudah memperbolehkan menggunakan pistol kaliber 9 mm," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (2/8). "Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap tersebut."

Lalu kekinian, Bamsoet pun buka suara menanggapi dirinya kembali menjadi sorotan perihal usulan perizinan senpi ini. Ia menyatakan agar pernyataannya terkait usulan itu tidak disalahartikan.

"Jangan percaya dengan pelintiran berita," kata Bamsoet melalui keterangan pers, Senin (3/8). "Seolah-olah saya mengusulkan pada Kapolri soal kepemilikan senjata api untuk warga masyarakat. Ngawur."

Meluruskan maksud pernyataannya, kepemilikan senjata api harus mengacu pada peraturan Kapolri. salah satunya yakni memiliki sertifikat IPSC. Sertifikat ini dikeluarkan oleh PB Perbakin usai calon pemilik melakukan serangkaian tes, mulai dari psikologi, pengetahuan tentang senpi, keamanan, hingga keterampilan menembak.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait