Bamsoet Ungkap Partai Golkar Putuskan Airlangga Hartarto Maju Jadi Capres 2024
mpr.go.id
Nasional
Pemilu 2024

Menjelang Pilpres 2024, KPU diketahui telah membuka pendaftaran bagi Parpol yang hendak mengikuti pemilihan. Di samping itu, Parpol juga telah mengumumkan nama Capresnya, di antaranya Partai Golkar.

WowKeren - Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini diketahui telah membuka pendaftaran bagi partai politik yang akan menjadi peserta Pemilu 2024. Sejauh ini, diketahui bahwa sudah ada 10 Parpol yang akan mendaftarkan diri pada Senin (1/8) kemarin.

Di sisi lain, juga sudah muncul sejumlah nama-nama yang digadang-gadang akan maju nyapres di Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya adalah nama Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Bambang Soesatyo menyampaikan bahwa pada Pilpres 2024, akan mengusung Ketumnya, yakni Airlangga Hartarto sebagai Capres. "Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar Capresnya adalah Airlangga Hartarto," ujar Bambang kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (2/8).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu kemudian memastikan bahwa keputusan pengusungan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 itu berdasarkan Rapimnas Partai Golkar. "Sesuai keputusan Rapimnas, itu sudah final," tegas Bamsoet.


Sebagaimana diketahui, sebelumnya telah tercetus Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Atas hal ini, Bamsoet menuturkan bahwa itu merupakan tugas dari Airlangga Hartarto selaku Ketum untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada PAN dan PPP.

Tak hanya Golkar, sebelumnya, Ketum Partai NasDem Surya Paloh juga telah lebih dulu mengumumkan tiga nama Capres yang diusungnya dalam Pilpres 2024. Adapun ketiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun, sebelumnya pengamat politik sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Cyrus Network, Hasan Nasbi mengatakan bahwa kemungkinan Anies Baswedan untuk maju mendaftarkan diri sebagai Caprs 2024 masih diragukan sejumlah pihak. Ia bahkan juga memprediksikan bahwa Anies tidak akan maju Nyapres di Pilpres 2024.

Menurut Hasan, dari segi perhitungan sederhana pun, Anies dinilai masih belum memiliki peluang untuk maju menjadi Capres 2024. Meski begitu, ia menilai bahwa Anies lebih berpeluang untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait