Bamsoet Pastikan WSBK Kembali Digelar di Indonesia, Bakal Dilaksanakan November 2022
Instagram/bambang.soesatyo
Nasional

Setelah sukses menggelar WSBK Indonesia 2021 di sirkuit Mandalika, rupanya kini di tahun 2022 ajang balap motor internasional itu kembali dilangsungkan di Tanah Air.

WowKeren - Pada tahun 2021 lalu, World Superbike 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November tahun kemarin. Kini rupanya WSBK 2022 akan kembali digelar di Indonesia.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Utama ITDC, Ari Respati dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria juga telah memastikan bahwa Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor bergengsi dunia, MOTUL FIM WSBK Indonesia Round 2022.

Nantinya, ajang balap motor dunia itu akan berlangsung pada 11-13 November mendatang. Sama seperti WSBK 2021, di tahun 2022 ini, juga masih digelar di Street Circuit, Lombok, NTB.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bamsoet itu lantas menuturkan bahwa WSBK Indonesian Round 2022 itu merupakan balapan. Pasalnya, selain sebagai event balap motor internasional Superbike yang akan berlangsung dua kali di Pertamina Mandalika Street Circuit, seri ini juga merupakan kategori penultimate atau seri balapan semifinal lantaran merupakan satu dari dua seri terakhir WSBK musim 2022.

Tidak hanya itu, Bamsoet juga mengatakan bhawa WSBK Indonesia Round 2022 bisa menciptakan multiplier effect yang besar, mulai perputaran ekonomi Indonesia, penyerapan tenaga kerja, hingga meningkatkan country branding guna mengenalkan nama Indonesia, khususnya Mandalika di mata dunia sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik.


"Diharapkan mampu menjadi pemantik kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (31/8).

Kemudian, Bamsoet menerangkan bahwa pada saat penyelenggaraan WSBK Indonesia Round 2021 saja, perputaran uangnya disebut mencapai ratusan miliar. Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari peningkatan sognifikan terhadap okupansi hotel, dari biasanya 15 persen meningkat menjadi 95 persen.

Tidak hanya itu, kata Bamsoet, pembukaan lapangan kerja terhadap sekitar 1.500 pekerja yang direkrut juga berasal dari enam desa penyangga di sekitar KEK Mandalika, serta tambahan pemasukan asli daerah (PAD) dengan rincian dari pajak hiburan sebesar 15 persen, pajak parkir 30 persen, dan pajak restoran sebesar 15 persen.

Dengan begitu, Bamsoet lantas berharap ajang tersebut bisa menggairahkan kegiatan olahraga balap otomotif di Tanah Air. Lalu juga memacu semangat para atlet untuk bisa lebih giat agar kelak bisa menembus kanca internasional.

Mengenai penjualan tiket, Bamsoet mengatakan tiket presale dijual secara remi mulai 31 Agustus 2022, hingga 30 hari ke depan. Maka dari itu, bagi kalian yang ingin menyaksikan WSBK Indonesia 2022 secara langsung, segera beli, jangan sampai kehabisan.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait