KPU Buka Pendaftaran Parpol untuk Pemilu 2024: PDIP Diiringi Marching Band, PKS Selawatan
Nasional

Sebagai informasi, pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 untuk tanggal 1 hingga 13 Agustus 2022 dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran pada 14 Agustus dibuka mulai 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

WowKeren - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran partai politik bakal calon peserta Pemilu 2024 pada Senin (1/8) hari ini. Berdasarkan data sementara yang mengkonfirmasi ke KPU, ada 10 parpol yang akan mendaftarkan diri hari ini.

Salah satu parpol yang langsung mendaftarkan diri ke KPU di hari pertama ada PDIP. Para kader parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tampak berjalan dari kantor DPP PDIP di Menteng pada Senin pagi dengan diiringi marching band serta lantunan lagu daerah.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto lantas meminta maaf kepada masyarakat terkait iring-iringan kader ke kantor KPU tersebut. Ia mengaku paham bahwa iring-iringan PDIP akan mengganggu arus lalu lintas.

"PDI Perjuangan akan mendaftar yang pertama dan sebelumnya kami mohon maaf bahwa ini hari Senin dan situasi transportasi yang sangat padat mungkin mengganggu menciptakan kemacetan di Jalan Raya," tutur Hasto. "Tetapi apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan sebagai komitmen terhadap seluruh tahapan Pemilu juga menampilkan semangat nasionalisme Patriotisme bela negara semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan, karena itu lah berbagai identifikasi dari budaya nasional."

Menurut Hasto, PDIP berencana membawa 77 kader ke kantor KPU. "Tetapi partisipasi semakin meningkat. Banyak anak-anak muda yang bergabung, kita lihat ada angklung, ada ibu-ibu yang kemudian membawa pakaian kebaya anak-anak, anak muda, tinggal total hampir sekitar 300-an," paparnya.

Selain PDIP, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga berencana mendaftarkan diri di hari pertama. Menurut Presiden PKS Ahmad Syaikhu, selawat telah dilakukan sejak Minggu (31/7) malam dengan harapan Pemilu 2024 akan berlangsung damai. Kedatangan PKS ke kantor KPU juga diwarnai aksi palang pintu.

"Palang pintu maknanya kita betul-betul menghormati budaya di Indonesia. Karena kita berada di Betawi, tentu adat ini yang kemudian kita lakukan adalah palang pintu. Insya Allah bangsa menghargai adat istiadat yang baik, Insya Allah menjadi satu yang akan bisa menjaga nilai-nilai luhur bangsa," ujarnya di KPU. "Diawali dengan selawat sejak malam di hotel dan kita hadir di KPU agar tadi memotivasi Indonesia damai tentram."

Adapun Syaikhu hadir ke KPU dengan didampingi Sekjen PKS Habib Abu Bakar Al Habsyi, Bendahara Umum Mahfud Abdurrahman, serta sejumlah jajaran DPP. Syaikhu lantas mengungkapkan alasan parpolnya memilih mendaftarkan diri di hari pertama.

"Kami menyengajakan untuk mendaftarkan di hari pertama ini agar kita menunjukkan PKS siap mengikuti Pemilu 2024. Saya apresiasi pada jajaran Sekjen DPP sampai DPW, DPD, DPC dan DPRA dalam mempersiapkan verifikasi parpol dalam waktu yang sangat singkat," paparnya.

PKS sendiri disebut telah menyiapkan target kemenangan setidaknya 15 persen atau 86 kursi DPR dalam Pemilu 2024. "Sejak musyawarah nasional kelima 2020, sudah diamanahi target minimal 15 persen. Kalau di kursi DPR RI setara dengan kursi, PKS hari ini dapat 50 kursi," tukasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran Pemilu 2024 untuk parpol tanggal 1 hingga 13 Agustus 2022 dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran pada 14 Agustus dibuka mulai 08.00 WIB hingga 24.00 WIB. Parpol yang hendak mendaftarkan diri wajib menginformasikan tim Sekretariat Jenderal KPU minimal 1 hari sebelum mendaftar ke KPU.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait