Geger Virus Tick Borne Di Tiongkok, 7 Orang Meninggal Dunia Dan Muncul Ancaman Ini
Reuters
Dunia

Setelah COVID-19, Tiongkok kini digegerkan dengan munculnya virus bernama Tick Borne. Laporan terbaru mengungkap ada 7 orang meninggal dunia dan muncul ancaman ini.

WowKeren - Virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemi setelah ditemukan muncul pertama kali di Wuha, Tiongkok pada Desember 2019 lalu. Kini pandemi COVID-19 belum selesai, Tiongkok kembali digegerkan dengan munculnya virus baru bernama tick borne.

Dilansir dari The Indian Times, 7 orang dinyatakan telah meninggal setelah terkena penyakit menular ini. Sedangkan sebanyak 60 orang lainnya dilaporkan sedang menjalani masa perawatan.

Tick borne merupakan virus yang ditularkan melalui kutu. Virus yang diberi nama SFTS (Severe Fever with Thrombocytopenia Syndrome) menginfeksi tubuh manusia lewat gigitan serangga.

Penyakit menular ini diketahui mulai mewabah di Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur setelah dilaporkan ada 37 kasus. Selain itu, virus baru ini juga terdeteksi mulai menginfeksi banyak orang yang tinggal di Provinsi Anhui, sebanyak 23 kasus.


Sementara itu, dokter dari Rumah Sakit Universitas Zhejiang, Sheng Jifang memberikan peringatannya terkait penularan virus ini dari manusia ke manusia. Menurutnya, ada kemungkinan tick borne dapat menular antar manusia melalui darah atau lendir.

Walau demikian, Jifang tetap menekankan jika gigitan kutu masih menjadi penularan utama penyakit ini. “Selama orang tetap berhati-hati, tidak perlu terlalu panik atas penularan virus tersebut,” jelas Jifang seperti dilansir dari First Post, Jumat (7/8).

STFS sendiri dilaporkan bukan merupakan virus baru lantaran sudah pernah diidentifikasi lebih dari satu dekade lalu oleh tim peneliti dari Tiongkok. Saat itu, kasus pertama dilaporkan terjadi di provinsi Hubei dan Henan pada 2009 silam.

Adapun gejala yang ditimbulkan virus ini berupa demam parah dan batuk. Kemudian penderita juga dapat mengalami penurunan leukosit dan trombosit darah di dalam tubuhnya.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts