Reformasi Sektor Farmasi, Jokowi Mau Bangun RS Internasional?
Instagram/jokowi
Nasional

Selama ini, sudah ada sejumlah negara di wilayah Asia Tenggara yang memiliki rumah sakit internasional untuk pengobatan. Seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

WowKeren - Pemerintah tengah berencana untuk membangun rumah sakit internasional. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menyetujui rencana ini.

"Kita akan segera, Presiden kemarin setuju, bahwa kita akan buka rumah sakit internasional," kata Luhut seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis (13/8). "Jadi orang, dokter-dokter kelas 1 bisa praktik dan teknologi transfer dengan dokter kita. Sehingga kita nggak habiskan pengobatan ke luar negeri."

Dengan adanya rumah sakit ini, diharapkan Indonesia mampu mengembangkan penanganan medis dalam negeri. Luhut menyebut pembangunan ini merupakan bagian dari reformasi di sektor farmasi. Adapun keputusan ini tak lepas dari pengalaman ketika pandemi COVID-19 mulai menyerang Indonesia.

Ketidaktahuan mengenai wabah ini membuat Indonesia panik. "Bulan April kita harus jujur katakan, kita sedikit panik juga waktu itu, karena ketidaktahuan kita pada penyakit ini," papar Luhut.


Oleh sebab itu belajar dari pengalaman ini maka pemerintah ingin menyiapkan sektor farmasi agar lebih baik lagi. Sebelumnya, jumlah laboratorium di Indonesia untuk melakukan uji coba sampel tes COVID-19 sangatlah terbatas. Namun seiring berjalannya waktu, kebutuhan itu sudah terpenuhi.

Begitu pula dengan alat kesehatan. Indonesia bahkan sudah bisa mengekspor APD ke negara lain.

"Kalau teman-teman lihat, kita nggak punya laboratorium terkonsolidasi COVID-19 Maret, April namun sekarang kita punya," tuturnya. "Malah kita bisa ekspor APD. Kita malah mau buat vaksin merah putih, RSPAD, Biofarma jadi semua jalan."

Selama ini, sudah ada sejumlah negara di ASEAN yang memiliki rumah sakit internasional. Seperti Singapura, Malaysia, Thailand dimana banyak warga negara asing yang memilih untuk berobat ke sana.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru