Usai Wuhan, Beijing Kini Jalani Hidup Normal Tanpa Masker di Tengah Pandemi
Dunia

Pemerintah Beijing merilis aturan baru pada Kamis (20/8) kemarin, yang mewajibkan penduduknya untuk memakai masker. Hal ini diumumkan pasca dua minggu tak ditemukan kasus baru di ibu kota Tiongkok itu.

WowKeren - Pemerintah Beijing kini tak mewajibkan penduduknya memakai masker. Aturan tersebut telah dirilis pada Kamis (20/8) kemarin.

Dalam aturan baru tersebut, warga tak perlu memakai penutup wajah lagi jika bepergian dengan teman. Hal ini diumumkan pasca dua minggu tak ditemukan kasus baru di ibu kota Tiongkok itu.

Dilansir South China Morning Post, kasus sudah terkendali dengan penguncian wilayah dan pelacakan kontak. Meski begitu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Beijing masih meminta warga menutup mulut jika bersin dan rajin mencuci tangan. Orang tua juga diwajibkan memastikan kebersihan tangan anak.

Langkah Beijing yang membebaskan warganya dari masker tersebut rupanya menyusul sikap Pemerintah Kota Wuhan yang kini telah menjalankan hidup normal pasca pandemi. Di Wuhan sendiri pekan lalu, diadakan pesta di taman air Maya Beach Water Park yang menjadi sorotan dunia.


Media Partai Komunis Tiongkok Global Times, pesta yang digelar di Kota Wuhan tersebut mencerminkan keberhasilan kota dalam mengendalikan corona. Media itu bahkan menyebut ini pesan ke dunia bahwa tindakan ketat terhadap virus membawa hasil.

"Kota tempat COVID-19 pertama kali dilaporkan dan yang paling terpukul oleh virus, sekarang menyambut kedatangan turis dan ekonominya kembali bangkit," tulis media itu. "Bukan hanya tanda kembalinya kota ke keadaan normal. Tapi pengingat bagi negara-negara yang bergulat dengan virus bahwa tindakan pencegahan yang ketat ada hasilnya."

Seperti yang diketahui, pada Juni lalu, salah satu pasar tradisional terbesar Beijing telah menjadi klaster baru COVID-19 usai ditemukan strain virus pada talenan pedangan ikan. Hal ini menyebabkan pemerintah setempat melakukan lockdown wilayan.

Sebulan berlalu, akhirnya Otoritas Kota Beijing telah melaporkan nol kasus COVID-19 untuk pertama kalinya. Hingga saat ini, secara keseluruhan Tiongkok telah mencatat jumlah 84.900 kasus COVID-19 sejak Desember 2019 dengan jumlah korban meninggal 4.630.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait