Susul Hong Kong, Negara Ini Laporkan Kasus Terinfeksi COVID-19 Kedua Kalinya
Dunia

Susul Hong Kong, dua pasien di Eropa juga kembali terinfeksi virus corona (COVID-19) untuk kedua kalinya. Hal ini tentunya membuat pakar kesehatan khawatir soal efektivitas vaksin yang kini tengah dikembangkan.

WowKeren - Peneliti menemukan pasien pertama yang terjangkit COVID-19 dua kali di Hong Kong. Pria berusia 33 tahun tersebut awalnya terjangkit COVID-19 pada Maret 2020 lalu sembuh dan kembali terinfeksi setelah empat bulan.

Menyusul laporan dari Hong Kong tersebut, dua pasien di Eropa juga mengalami kasus serupa. Makin banyaknya laporan reinfeksi memunculkan kekhawatiran soal efektivitas vaksin yang kini tengah dikembangkan. Namun dikatakan, butuh lebih banyak kasus reinfeksi untuk bisa menjawab kekhawatiran tersebut.

Dikutip dari Media Belanda NOS, Virolog Marion Koopmans mengatakan pasien yang dimaksud adalah lansia dengan sistem imun yang melemah. Koopmans yang merupakan penasihat pemerintah Belanda mengatakan kemungkinan pasien ini mengalami reinfeksi.


"Bahwa seseorang mengalami reinfeksi, ini tidak membuat saya cemas," katanya. "Kita harus melihat apakah ini sering terjadi."

Sementara kasus di Belgia terjadi pada wanita yang terinfeksi COVID-19 untuk pertama kalinya pada Maret silam. Setelah dinyatakan sembuh, ia terinfeksi lagi pada bulan Juni.

Virolog Marc van Ranst mengatakan pada media Belgia bahwa wanita tersebut menunjukkan gejala ringan, mungkin tidak membetuk antibodi yang cukup untuk mencegah reinfeksi. "Saya pikir dalam beberapa waktu ke depan kita akan mendengar cerita lain yang serupa," uajrnya. "Mungkin ada perkecualian, tetapi ada dan mungkin tidak hanya satu. Ini bukan kabar baik."

Seperti yang diketahui, kasus reinfeksi yang terjadi di Hong Kong berbeda dengan kasus-kasus sebelumnya yang diduga hanya false positive karena ada fragmen virus yang masih tersisa. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan untuk tidak langsung mengambil kesimpulan berdasarkan kasus satu pasien saja.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru