Jumlah Penumpang Meningkat, KAI Tambah 41 Kereta Jarak Jauh
Nasional

Meskipun ada tambahan perjalanan, namun PT KAI akan tetap menerapkan ketentuan dari Kementerian Perhubungan untuk membatasi kapasitas maksimal hanya 70 persen

WowKeren - Seiring pelonggaran pembatasan, masyarakat mulai melakukan pergerakan dari satu daerah ke daerah lain. Salah satu moda transportasi darat yang banyak dipilih adalah kereta api.

Jumlah penumpang kereta api terus mengalami peningkatan hingga membuat PT Kereta Api Indonesia menambah 41 perjalanan. Adapun penambahan ini dilakukan untuk kereta perjalanan jarak jauh pada September 2020.

Perjalanan tambahan tersebut akan diberangkatkan dari sejumlah stasiun di Jakarta. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Kahumas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

"Dari 41 perjalanan KA tersebut 20 KA berangkat dari Stasiun Gambir, 19 KA berangkat dari Pasar Senen dan 2 KA berangkat dari Stasiun Jakarta Kota," kata Eva dalam keterangannya, Selasa (1/9).

Meskipun ada tambahan perjalanan, namun PT KAI akan tetap menerapkan ketentuan dari Kementerian Perhubungan untuk membatasi kapasitas maksimal hanya 70 persen. Hal ini dilakukan untuk menekan risiko penularan virus corona.


Bagi calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota, syaratnya masih sama. Yakni harus menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil tes rapid maupun swab.

Calon penumpang juga harus memiliki suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius. "Menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (face shield) yang disediakan oleh KAI," ujarnya.

KAI telah menetapkan sejumlah prosedur bagi calon penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta api di masa pandemi. Misalnya memakai lengan panjang hingga menjaga jarak fisik.

"Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA," tutur Eva. "Serta diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik."

Adapun beberapa kereta yang ditambah perjalanannya adalah KA 2B Argo Wilis (Gambir–Surabaya Gubeng), KA 38 Argo Parahyangan (Gambir – Kiaracondong), KA 84B Taksaka (Gambir – Yogyakarta), dan KA 88 Purwojaya (Gambir – Cilacap).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait