Cegah Kanker Hingga Turunkan Risiko Diabetes, Ini 8 Manfaat yang Terkandung dalam Susu Almond
Health

Meski tidak sepopuler susu sapi, faktanya susu almond memiliki banyak sekali manfaat penting untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Susu almond mungkin tidak sepopuler susu sapi yang banyak dijual di pasaran. Kendati demikian, susu almond kerap dikaitkan dengan mereka yang mencintai gaya hidup sehat. Selain itu, susu yang berasal dari kacang almond ini juga bisa menjadi solusi tepat bagi para vegan atau mereka yang alergi susu sapi.

Susu almond sendiri dibuat dari almond yang telah dihaluskan lalu dicampur dengan air dan disaring hingga berbentuk seperti susu. Minuman satu ini tak hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga mengandung banyak gizi baik seperti vitamin A, D, E, serat, selenium, magnesium, seng, natrium, fosfor dan lain sebagainya.

Karena itulah susu almond menjadi salah satu jenis minuman yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar kalian lebih terpacu untuk mengkonsumsi susu almond secara rutin, sebaiknya simak dulu beberapa manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi seperti saat ini, menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting dilakukan agar selalu terlindung dari virus Corona. Ada banyak cara untuk mewujudkan hal itu, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu almond secara rutin setiap hari. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi kita dari kuman, virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, susu almond juga dapat dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan terutama vitamin E yang sangat tinggi di dalamnya diketahui mampu mengurangi radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung


Menjaga Kesehatan Jantung

Susu almond tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol namun kaya akan asam lemak omega tiga yang menyehatkan. Karena itulah susu almond sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa asam oleat dalam almond berkaitan dengan perubahan menguntungkan dalam lipid darah yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, ahli gizi juga percaya bahwa kandungan vitamin E dan senyawa tanaman bioaktif termasuk polifenol di dalam susu almond memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah Kanker


Mencegah Kanker

Mengkonsumsi susu almond secara rutin juga dapat menurunkan risiko terkena kanker yang dikenal salah satu penyakit paling mematikan. Menurut sejumlah penelitian, susu almond dapat menekan pertumbuhan sel kanker prostat dan bermanfaat untuk mereka yang menderita kanker payudara.

Secara khusus, penelitian yang dilakukan pada 2011 mempelajari pertumbuhan sel kanker yang terpapar oleh susu sapi, susu kedelai dan susu almond. Hasilnya, susu almond terbukti mampu menekan pertumbuhan sel kanker hingga lebih dari 30 persen!

4. Mengurangi Risiko Diabetes


Mengurangi Risiko Diabetes

Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes, sebaiknya mulai konsumsi susu almond dengan rutin. Hal ini disebabkan karena susu almond memiliki kandungan kalori dan gula yang sangat rendah sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Selain itu, susu almond juga mengandung magnesium yang tinggi untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh agar tak sampai terjadi lonjakan. Karena itulah tak ada salahnya untuk mengganti susu sapi dengan susu almond mulai dari sekarang.

5. Memperkuat Tulang


Memperkuat Tulang

Selain susu sapi, susu almond juga dapat menjaga kesehatan tulang. Susu almond diperkaya dengan vitamin D2 yang dapat memperkuat tulang serta mengurangi risiko osteoporosis. Di samping itu, susu almond yang dijual di supermarket biasanya telah mendapat penambahan kalsium yang dapat memperkuat tulang dan gigi.

6. Mempercepat Pemulihan Setelah Melahirkan dan Melancarkan Produksi ASI


Mempercepat Pemulihan Setelah Melahirkan dan Melancarkan Produksi ASI

Manfaat susu almond berikutnya sesuai untuk Anda yang baru saja melahirkan, karena kandungan yang ada di dalamnya dapat mempercepat proses pemulihan setelah persalinan. Selain itu, susu almond juga memiliki kandungan vitamin E yang dapat mencerahkan kulit. Ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda, sebab kondisi kulit saat hamil biasanya menjadi lebih hitam karena adanya perubahan hormon.

Yang tak kalah menarik, susu almond ternyata juga dapat memperlancar produksi ASI loh. Kandungan omega-3 yang ada di dalamnya dapat merangsang hormon pada ibu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Karena itulah jika Anda mengalami kesulitan dalam produksi ASI, sebaiknya konsumsi susu almond secara rutin setiap hari.

7. Baik untuk Penderita Ginjal


Baik untuk Penderita Ginjal

Bagi Anda yang menderita penyakit ginjal kronis, sebaiknya mulailah mengkonsumsi susu almond untuk mempercepat kesembuhan. Susu almond memiliki kandungan fosfor dan kalium yang cukup rendah sehingga cocok untuk penderita ginjal karena tidak akan menyebabkan komplikasi.

Selain itu, susu almond juga tidak mengandung laktosa seperti yang ada di dalam susu sapi. Laktosa sendiri berpotensi menimbulkan alergi seperti sakit perut, bergas, dan muntah. Dengan begitu, susu almond tergolong lebih aman dikonsumsi.

8. Memperlancar Pencernaan


Memperlancar Pencernaan

Manfaat susu almond berikutnya adalah kemampuannya untuk memperlancar proses buang air besar atau sembelit. Khasiat ini sendiri didapat dari tingginya kandungan serat di dalam susu almond yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Demikian delapan manfaat susu almond yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Selain susu almond, ketahui juga manfaat menakjubkan susu kedelai dalam artikel ini. Dan kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat air rebusan kacang hijau untuk kesehatan.

You can share this post!

Related Posts