Kulit Kusam Bikin Enggak Percaya Diri? Gunakan 7 Bahan Alami Ini Agar Wajah Tampak Glowing
Lifestyle

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan wajah dan membuatnya lebih glowing. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

WowKeren - Memiliki kulit cerah dan glowing merupakan dambaan hampir setiap wanita. Namun hal ini kadang sulit terwujud karena beberapa faktor seperti polusi, paparan sinar ultraviolet serta gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Karena itulah tidak sedikit wanita yang memilih untuk melakukan perawatan mahal dan menggunakan berbagai produk berbahan kimia yang justru dapat merusak kulit.

Lantas, kenapa kamu tidak mencoba melakukan perawatan alami dengan menggunakan bahan-bahan yang aman digunakan saja? Selain lebih murah dan aman digunakan, hasil yang ditimbulkan juga tidak kalah ampuh dengan perawatan dan produk kecantikan mahal.

Oleh karena itulah tim WowKeren akan memberikan beberapa rekomendasi bahan alami yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan glowing. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Tepung Beras dan Susu


Tepung Beras dan Susu

Tepung beras dan susu merupakan perpaduan yang tepat untuk membuat kulit tampak cerah dan glowing. Hal ini disebabkan karena tepung beras bersifat anti inflamasi dan mengandung bahan pemutih kulit. Sedangkan susu mengandung bahan yang dapat melembabkan kulit.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk melakukan perawatan dengan dua bahan ini. Pertama-tama, campurkan tiga sendok makan tepung beras dengan dua hingga tiga sendok makan susu sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini hingga tiga kali seminggu.

2. Teh Hijau


Teh Hijau

Teh hijau merupakan bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat wajah lebih glowing. Daun teh hijau diperkaya dengan flavonoid yang dapat menjaga produksi kolagen di kulit. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit, membuatnya lebih glowing serta menjaga kekencangan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama-tama rebus daun teh hijau dan tunggu sampai airnya berubah warna. Setelah itu dinginkan, tambah dengan gula dan aduk sampai rata. Oleskan pada wajah dan gosok perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Lemon


Lemon

Lemon memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan membuat wajah menjadi glowing. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin C yang dikenal sebagai salah satu bahan pencerah kulit. Selain itu, kandungan asam yang tinggi di dalam lemon juga bisa digunakan untuk membuat wajah jadi lebih glowing. Tapi bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya jangan melakukan perawatan dengan bahan satu ini ya.

Cara mendapatkan manfaat menakjubkan dari lemon sangatlah mudah. Pertama-tama campur perasan lemon dengan gula lalu oles dan gosok pada wajah dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

4. Kunyit


Kunyit

Kunyit merupakan bahan dapur yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membuat kulit menjadi glowing. Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut akan menangkal radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen serta membuat kulit menjadi bersinar atau glowing.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Pertama-tama campur parutan atau bubuk kunyit dengan tepung terigu, lalu tambahkan sedikit air dan aduk sampai berbentuk seperti pasta. Setelah itu oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Bila sudah, bilas dengan air sampai benar-benar bersih dan ulangi hingga 1-2 kali seminggu.

5. Pepaya


Pepaya

Buah pepaya tak hanya enak dikonsumsi, namun juga dapat digunakan untuk membuat wajah menjadi glowing. Pepaya matang mengandung papain, sejenis enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator alami. Kandungan ini dapat menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati di wajah sehingga membuat kulit menjadi lebih bercahaya dan glowing. Selain itu, kandungan ini juga dapat membersihkan kotoran serta minyak penyebab jerawat sehingga membuat wajah tampak lebih bersih dan berseri.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pertama-tama, haluskan buah pepaya lalu campur dengan madu sampai teksturnya menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher lalu biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini sekali seminggu agar hasilnya bisa maksimal.

6. Putih Telur


Putih Telur

Putih telur merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan putih telur mengandung protein yang dapat memacu pertumbuhan sel-sel baru dan menggantikan sel kusam pada wajah. Karena itulah putih telur diklaim dapat mencerahkan wajah dan membuatnya glowing secara alami.

Cara penerapannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu mengocok putih telur sampai mengembang lalu oleskan pada kulit wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai kamu benar-benar merasakan hasilnya.

7. Alpukat


Alpukat

Bahan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah alpukat. Buah satu ini mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang memiliki sifat anti radang yang dipercaya bisa melembabkan kulit. Selain itu, buah ini juga dapat mencerahkan wajah dan mencergah terjadinya penuaan dini karena memiliki sifat antioksidan serta vitamin E.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menjadikan alpukat sebagai masker. Pertama, haluskan bagian daging buah alpukat lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat. Bila menginginkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan yoghurt dan madu ke dalam buah alpukat yang telah dihaluskan tersebut.

Demikian tujuh bahan alami yang dapat membuat kulit wajah lebih glowing yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang dikenal ampuh untuk melembutkan rambut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru