Mahfud MD Tegaskan Negara Larang Nobar G30S/PKI, Kenapa?
Nasional

Perihal izin pemutaran film 'Pengkhianatan G30S/PKI' kembali ramai dibahas dan berbuah tanggapan santai dari Menko Polhukam Mahfud MD. Hanya saja Mahfud menegaskan larangan nobar film tersebut.

WowKeren - Hari ini Rabu (30/9), tepat 55 tahun lalu, sebuah peristiwa berdarah terjadi dan menewaskan sejumlah Pahlawan Revolusi Indonesia. Peristiwa yang sekaligus menjadi rangkaian jelang tumbangnya Orde Lama itu kemudian diabadikan lewat film bertajuk "Pengkhianatan G30S/PKI".

Perihal pemutaran dan menonton film ini pun belakangan kembali diributkan yang kemudian ditanggapi "santai" oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Namun Mahfud menegaskan bahwa pemerintah saat ini tegas melarang bila ada gelaran menonton bersama film G30S/PKI.

Namun bukan karena konten Partai Komunis Indonesia (PKI) yang diperlihatkan di film tersebut, larangan ini muncul karena pandemi COVID-19. Dan bukan hanya untuk menonton film G30S/PKI, larangan serupa juga diterapkan untuk aktivitas lain yang ikut menimbulkan kerumunan.

"Pemerintah hanya akan melarang bilamana ada kerumunan-kerumunan, termasuk misalnya nonton bareng yang melanggar protokol kesehatan," ungkap Mahfud, dilansir dari Republika pada Rabu (30/9). "Itu berlaku bukan hanya untuk penonton film G30S/PKI, tetapi untuk kegiatan apapun yang melanggar protokol kesehatan."


Mahfud pun memastikan pemerintah tak melarang pemutaran film tersebut atau siapapun yang hendak menontonnya. Hanya saja tidak ada kewajiban pula bagi masyarakat untuk menyaksikan film tersebut.

"Jadi silakan saja, televisi yang merasa ingin menayangkan dan punya kontrak dengan pemegang hak siar, silakan," tegas Mahfud. "Yang mau nonton di YouTube juga, silakan."

Kebijakan untuk mengizinkan pemutaran serta menonton film G30S/PKI ini sudah ada sejak awal masa reformasi. Namun belakangan boleh atau tidaknya film ini ditonton kembali ramai dibahas pasca mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo mengaku dicopot dari jabatannya karena menginisiasi menonton bersama film tersebut.

Di sisi lain, hari mengenang G30S/PKI tentu saja jatuh tepat saat ini. Tagar #g30spki menjadi trending topic Indonesia sejak Rabu pagi, dengan salah satu yang paling disorot adalah perihal kisah tragis "double LDR" Kapten TNI Pierre Tendean dan Rukmini Chaimin.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait