Makin Menjamur, Ini 7 Tips Memulai Bisnis Minuman Kekinian di Tengah Pandemi Corona
pxhere.com
SerbaSerbi

Saat ini, bisnis minuman kekinian sangat menjamur dan mudah ditemukan di mana-mana. Untuk itu, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips bagi kalian yang berniat memulai bisnis tersebut di tengah pandemi Corona. Penasaran apa saja itu?

WowKeren - Bisnis minuman kekinian semakin hari semakin menjamur dan bisa dijumpai di mana-mana. Minuman ini terbilang mudah populer karena selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, pengemasannya juga cukup menarik dan estetis.

Varian rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti es kopi, boba, thai tea, bubble tea dan masih banyak lagi. Karena itulah meski tergolong cukup mahal untuk setiap gelasnya, minuman kekinian tersebut tetap saja digandrungi banyak orang, terutama oleh para kaum milenial.


Karena itulah, bagi kalian yang sedang ingin mengawali bisnis, tak ada salahnya untuk mulai berjualan minuman kekinian. Terutama bagi kalian yang terdampak pandemi virus Corona seperti terkena PHK atau dirumahkan, memulai bisnis satu ini bisa dijadikan peluang yang menguntungkan.

Untuk membantu kalian yang masih ragu dan bingung dalam memulainya, tim WowKeren akan memberikan beberapa tips yang berkaitan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menentukan Jenis Minuman yang Akan Dijual


Menentukan Jenis Minuman yang Akan Dijual
pixabay.com

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan jenis minuman yang akan dijual. Agar bisa bersaing dengan pedagang lain, kalian harus menjual varian unik yang belum ada atau langka di pasaran. Sebab dengan begitu, pembeli akan merasa lebih tertarik untuk mencobanya.

Sebagai contoh, jika kalian ingin menjual es kopi susu, pastikan untuk menciptakan varian rasa dan toping yang unik. Gunakan resep sendiri agar rasanya berbeda dengan gerai yang lain dan pastikan untuk selalu mempertahankan kualitasnya.

2. Berpikirlah Seperti Konsumen


Berpikirlah Seperti Konsumen
kids-flashcards.com

Tips berikutnya yang harus kalian terapkan jika ingin bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis ini adalah memiliki pemikiran seperti konsumen. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah produk minuman kalian benar-benar layak untuk dijual atau tidak, apakah rasanya benar-benar enak atau tidak dan apakah harganya akan terlalu memberatkan konsumen atau tidak.

Umumnya, konsumen akan memberikan penilaian dan membuat perbandingan produk yang satu dengan yang lainnya. Dengan berpikiran seperti mereka, kalian bisa mengetahui takaran porsi yang tepat untuk produk yang akan dijual. Bila perlu, sebaiknya minta bantuan keluarga maupun teman untuk memberikan penilaian dan saran agar lebih objektif.

3. Gunakan Bahan-Bahan Berkualitas


Gunakan Bahan-Bahan Berkualitas
pixabay.com

Saat menjalankan bisnis, kebanyakan pengusaha hanya akan memikirkan keuntungan yang ingin dihasilkan. Karena itulah banyak dari mereka yang menurunkan kualitas bahan dasar untuk menghemat pengeluaran. Namun agar usaha kalian mampu bersaing, sebaiknya jangan ragu untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas baik meski harganya sedikit lebih mahal.

Misalnya jika kalian ingin membuat es teh susu, sebaiknya pilih merek susu yang memiliki rasa manis paling nikmat dan cocok dengan bahan campuran yang lain. Begitu juga dengan bahan utama tehnya, pastikan untuk mencari merek berkualitas yang bisa menghadirkan rasa enak.

Yang perlu diingat, usahakan untuk selalu mempertahankan kualitas produk Anda. Meski nantinya sudah dikenal dan populer, sebaiknya jangan mengubah kualitasnya agar pelanggan kalian tidak lari.

4. Kemas dengan Menarik


Kemas dengan Menarik
pixabay.com

Ada banyak faktor yang bisa membuat konsumen tertarik dengan suatu produk, salah satunya adalah kemasan produk itu sendiri. Minuman yang memiliki kemasan bagus tentu mempunyai nilai tambah tersendiri dan lebih digandrungi konsumen.

Misalnya, kalian bisa menggunakan gelas plastik berbahan tebal yang tidak mudah pecah, mendesain gelasnya dengan menarik dan berganti-ganti tema atau kalian juga bisa menawarkan cara minum yang unik. Dengan begitu, bisnis minuman kekinian kalian akan lebih mudah dikenal oleh konsumen.

5. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis


Pilih Lokasi Usaha yang Strategis
geograph.org.uk

Tips berikutnya yang harus kalian perhatikan adalah menentukan lokasi usaha. Agar bisnis kalian berjalan lancar, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan bisa dilihat oleh banyak orang. Bila perlu, desain lokasi tersebut dengan unik dan berbeda agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung.

Guna meminimalisir pengeluaran di awal, kalian bisa menggunakan lahan depan rumah atau menyewa ruko dan kios murah. Setelah bisnis berjalan lancar dan dikenal luas, sebaiknya gunakan lokasi yang lebih ramai dan biasa digunakan orang untuk berinteraksi.

6. Selalu Jaga Kebersihan dan Berikan Pelayanan Terbaik


Selalu Jaga Kebersihan dan Berikan Pelayanan Terbaik
pxhere.com

Para konsumen biasanya akan memperhatikan cara kalian dalam menyajikan minuman. Banyak dari mereka yang melihat bahan-bahan minuman, alat atau mesin minuman serta kebersihan lokasi usaha. Jika tidak terlihat bersih, mereka mungkin akan ragu untuk kembali membeli produk kalian. Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan berbagai komponen di tempat usaha kalian ya.

Selain itu, cara kalian melayani konsumen juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dengan menunjukkan sikap ramah. Jangan pernah bersikap acuh atau cuek pada konsumen jika kalian tak ingin mereka berpaling ke gerai yang lain.

7. Aktif Promosi


Aktif Promosi
pxhere.com

Tips terakhir yang WowKeren berikan ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Agar bisnis kalian semakin dikenal, pastikan untuk selalu menggencarkan promosinya, baik secara offline maupun online. Agar tidak kesulitan, kalian bisa mulai mempromosikannya pada tetangga sekitar rumah, kerabat, sahabat maupun rekan kerja. Bila perlu, minta mereka untuk memberikan review dan mempromosikan dagangan kalian pada kenalannya.

Sedangkan untuk pemasaran secara online, kalian bisa melakukannya menggunakan berbagai akun media sosial. Buat berbagai konten menarik yang mencakup foto, video maupun konten lainnya agar kalian bisa menjangkau konsumen dengan cepat dan tepat. Namun jika kalian belum berpengalaman dengan pemasaran secara digital, sebaiknya simak beberapa tipsnya di sini.

Demikian tujuh tips memulai usaha minuman kekinian di tengah pandemi Corona yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memulai budidaya tanaman hias di tengah pandemi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips sukses memulai bisnis ikan hias di tengah pandemi virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru