Biden Tak Mau Berpartisipasi di Debat Kedua Capres Jika Trump Masih Positif COVID-19
Getty Images
Dunia

Debat kedua antara Trump dan Biden dijadwalkan pada 15 Oktober di Miami. Trump mengatakan bahwa ia akan tetap berpartisipasi dalam debat itu meskipun saat ini kondisinya belum sepenuhnya pulih dari COVID-19.

WowKeren - Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu mengatakan bahwa ia akan tetap berpartisipasi dalam debat kedua capres yang digelar pada 15 Oktober mendatang. Trump mengatakan hal tersebut meski kondisinya belum pulih dari COVID-19.

Kini, capres dari Partai Demokrat, Joe Biden, memberikan tanggapan atas permintaan Trump tersebut. Dengan tegas Biden mengatakan bahwa ia siap berpartisipasi di debat kedua, namun ia menolak keras jika Trump masih dinyatakan positif COVID-19.

"Saya tidak sabar untuk bisa mendebatnya, tapi saya hanya berharap semua protokol diikuti," kata Biden, sebagaimana dilansir dari CNN pada Rabu (7/10). "Jika dia masih memiliki Covid, maka kami tidak boleh berdebat."

Biden lantas mengimbau bahwa mereka harus mengikuti arahan dokter sesuai dengan protokol yang berlaku. "Ini masalah yang sangat serius, jadi saya akan dipandu oleh apa yang dikatakan oleh para dokter. Itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," tegas mantan wakil presiden era Barack Obama tersebut.


Pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan orang yang dites positif terkena virus harus tinggal di rumah setidaknya sepuluh hari setelah gejala pertama kali muncul. Sementara orang positif COVID-19 dengan sakit parah mungkin perlu tinggal di rumah hingga 20 hari.

Sedangkan Trump baru meninggalkan Pusat Medis Nasional Walter Reed pada Senin (5/10) sore setelah dirawat empat hari sejak Jumat (2/10) karena COVID-19 dan akan melanjutkan perawatan dari Gedung Putih. Ia akan menempati ruang kerja sementara sekaligus tempat isolasinya berada di dalam rumah eksekutif di lantai bawah tanah yang berdekatan dengan ruang medis Gedung Putih.

Sementara itu, debat kedua antara Trump dan Biden dijadwalkan pada 15 Oktober di Miami. Pekan ini, cawapres Mike Pence dan Kamala Harris akan berhadapan dalam debat perdana mereka pada 7 Oktober di Utah.

Di sisi lain, pilpres AS akan digelar pada 3 November mendatang. Duet petahana Donald Trump dan Mike Pence akan berhadapan dengan pasangan capres-cawapes Joe Biden dan Senator Kamala Harris yang diusung dari Partai Demokrat. Satu kandidat lagi adalah Jo Jorgensen yang diusung Partai Libertarian.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait