Terinfeksi COVID-19, Trump Akan Tetap Berpartisipasi dalam Debat Capres 15 Oktober
Getty Images
Dunia

Trump yang terinfeksi COVID-19 kembali ke Gedung Putih usai menjalani perawatan di Walter Reed National Military Medical Center. Ia dibawa ke kediaman resmi presiden AS dengan helikopter.

WowKeren - Juru bicara tim kampanye Donald Trump, Tim Murtaugh, mengatakan bahwa sang Presiden ingin berpartisipasi dalam debat capres berikutnya yang dijadwalkan 15 Oktober mendatang. Pengumuman ini disampaikan setelah Trump keluar dari rumah sakit akibat positif terinfeksi COVID-19.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (6/10), Trump yang terinfeksi virus corona kembali ke Gedung Putih usai menjalani perawatan di Walter Reed National Military Medical Center. Ia dibawa ke kediaman resmi presiden AS dengan helikopter.

Sambil mengenakan masker, Trump mengangkat tinjunya dan memberikan jempol untuk para pendukungnya di luar Walter Reed Medical Center. Saat ditanya wartawan berapa banyak orang yang terinfeksi virus corona di Gedung Putih, Trump hanya menjawab, "Terima kasih banyak".

Trump juga mengumumkan bahwa ia akan melakukan kampanye lagi meskipun belum pulih sepenuhnya dari COVID-19.

Dokter yang merawat Trump, Sean Conley, juga bersikeras bahwa sang Presiden sudah cukup sehat untuk melanjutkan perawatan dari Gedung Putih. Nantinya Trump akan menempati ruang kerja sementara di dalam rumah eksekutif di lantai bawah tanah yang berdekatan dengan ruang medis Gedung Putih.


"Dia memenuhi atau melampaui semua kriteria untuk keluar dari rumah sakit. Kami berencana membawanya pulang," ujarnya kepada jurnalis di luar Walter Reed.

Trump menjalani perawatan Jumat (2/10) lalu setelah dinyatakan positif COVID-19. Presiden dari Partai Republik tersebut mengatakan tidak punya pilihan selain mengambil risiko terpapar COVID-19 dalam perannya sebagai pemimpin .

"Saya harus berada di depan. Saya tidak bisa dikurung di kamar di lantai atas dan benar-benar aman. Sebagai pemimpin, Anda harus menghadapi masalah. Tidak pernah ada pemimpin hebat yang bisa melakukan itu," ujar Trump.

Sementara itu, debat kedua antara Trump dan Biden dijadwalkan pada 15 Oktober di Miami. Pekan ini, cawapres Mike Pence dan Kamala Harris akan berhadapan dalam debat perdana mereka pada 7 Oktober di Utah.

Di sisi lain, pilpres AS akan digelar pada 3 November mendatang. Duet petahana Donald Trump dan Mike Pence akan berhadapan dengan pasangan capres-cawapes Joe Biden dan Senator Kamala Harris yang diusung dari Partai Demokrat. Satu kandidat lagi adalah Jo Jorgensen yang diusung Partai Libertarian.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait