Donald Trump Luncurkan Aplikasi Media Sosial Usai Diblokir Ramai-Ramai Oleh Facebook Hingga Twitter
Dunia

Aplikasi ini menduduki peringkat 1 di tangga unggahan App Store pada Senin pagi. Namun, sejumlah orang yang mengunduh aplikasi telah melihat pesan kesalahan.

WowKeren - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah meluncurkan aplikasi media sosial baru buatannya pada Senin (21/2) di iPhone App Store. Aplikasi itu bernama Truth Social.

Namun anehnya, meski baru saja diluncurkan namun rupanya aplikasi tersebut sudah ditutup bagi pengguna yang mau mendaftar. Hal itu sebagaimana dilaporkan oleh pemindaian TechCrunch dari antarmuka pemrograman aplikasi.

Pemindaian TechCrunch juga menunjukkan bahwa layanan mikro pendaftaran akun eksklusif-nya bernama "Pepe", yang juga merupakan nama meme yang dikaitkan dengan konotasi rasis dan anti-Semit yang membuat Liga Anti-Pencemaran Nama Baik menyebutnya sebagai simbol kebencian.

Aplikasi ini menduduki peringkat 1 di tangga unggahan App Store pada Senin pagi. Namun, sejumlah orang yang mengunduh aplikasi telah melihat pesan kesalahan. Sebuah pesan yang didapat oleh CNET mengatakan bahwa telah "Terjadi kesalahan. Silahkan coba lagi."


Namun, ada juga pengguna yang tidak menerima pesan tersebut namun tetap saja, tidak bisa langsung mendaftar karena harus dimasukkan ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu. "Karena permintaan yang sangat besar, kami telah menempatkan Anda di daftar tunggu kami," bunyi pesan tersebut. Sedangkan bagi orang-orang yang melakukan pre-order sebelumnya aplikasi akan terunduh secara otomatis di ponsel mereka, kata CNET.

Adapun langkah Trump untuk merilis aplikasi media sosial ini dilakukan setelah sederet platform beramai-ramai melarangnya untuk memposting sesuatu terutama setelah pemberontakan yang terjadi pada 6 Januari lalu di US Capitol. Tak hanya Facebook dan Instagram namun juga YouTube dan Twitter.

Pemberontakan tersebut dipicu oleh klaim palsu Trump yang menyatakan bahwa pemilihan presiden telah "dicuri". Perwakilan Devin Nunes, R-Calif., secara resmi mengundurkan diri bulan lalu untuk mengepalai perusahaan media baru Trump.

Sementara itu terkait peluncuran aplikasi di ponsel Android belum diumumkan. Namun, situs web Truth Social mengatakan aplikasi tersebut akan segera hadir di Google Play store Android.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts