Yuk Ajak Lansia Lakukan 7 Kegiatan Ini, Biar Tak Mudah Bosan Karena Kelamaan di Rumah Saat Pandemi
SerbaSerbi

Terlalu lama berada di rumah saat pandemi bisa membuat lansia mudah bosan dan stres. Untuk itu, sebaiknya ajak mereka melakukan 7 kegiatan ini untu menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.

WowKeren - Saat pandemi virus Corona merebak, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak. Kini sejak kebijakan new normal diberlakukan, masyarakat mulai diberi kebebasan beraktivitas di luar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Kendati demikian, beberapa orang khususnya lansia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah untuk meminimalisir risiko tertular virus Corona. Pasalnya para lansia umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan organ-organnya tidak mampu bekerja dengan optimal. Dalam kondisi ini, virus Corona akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan berbagai kerusakan.

Karena kelamaan berada di dalam rumah, para lansia tentu saja akan merasa bosan dan membutuhkan suasana baru. Untuk itu, jika kalian memiliki orangtua atau kakek nenek yang sudah lansia, sebaiknya ajak mereka melakukan tujuh aktivitas ini untuk membahagiakannya dan menjaga tubuhnya tetap sehat.

(wk/eval)

1. Jalan Santai di Lingkungan Rumah


Jalan Santai di Lingkungan Rumah

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental lansia saat pandemi, sebaiknya ajak mereka untuk olahraga atau aktif bergerak. Tidak harus melakukan olahraga yang sulit apalagi berat, karena tujuannya adalah agar tubuh mereka lebih banyak bergerak.

Kalian bisa mengajak mereka untuk jalan santai di lingkungan rumah setiap pagi hari. Bila mereka sudah merasa lelah, pastikan untuk mengajaknya beristirahat untuk memulihkan tenaga. Selain itu, pastikan untuk menjauhi keramaian, selalu menggunakan masker serta menjaga kebersihan saat jalan-jalan di luar rumah.

2. Bermain dengan Cucu


Bermain dengan Cucu

Poin kedua ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental lansia karena mereka sangat membutuhkan perhatian anak dan cucunya di usia senja. Maka dari itu, pastikan untuk selalu meluangkan waktu untuk lansia dan temani mereka di saat senggang.

Kalian bisa sekedar berbincang dan mendengarkan cerita mereka atau menemaninya melakukan hobi. Selain itu, kalian juga bisa mengajak mereka untuk piknik sederhana di halaman rumah. Siapkan makanan sehat dan lezat serta putar lagu-lagu lawas agar mereka bisa bernostalgia.

3. Berkebun


Berkebun

Bila kalian memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, sebaiknya buatkan lansia kebun kecil-kecilan. Penuhi kebun tersebut dengan berbagai tumbuhan yang mudah dirawat lalu bebaskan lansia untuk merawatnya. Tujuannya adalah untuk memberi mereka kegiatan agar tidak bosan, bukan memaksa mereka untuk merawat tanaman milikmu.

Pasalnya, kebanyakan orang biasanya menginginkan kebun agar bisa memanen sendiri atau sekedar untuk mempercantik pekarangan rumah. Karena itulah berkebun bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan lansia saat memiliki banyak waktu luang di usia senja.

4. Merawat Binatang Peliharaan


Merawat Binatang Peliharaan

Aktivitas berikutnya yang bisa kalian berikan pada lansia adalah merawat binatang peliharaan. Kegiatan satu ini bisa menjadi sumber kebahagiaan, karena tingkah hewan yang menggemaskan bisa membuat kita merasa senang setiap saat.

Di samping itu, memelihara hewan peliharaan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti mengusir stres, meningkatkan kesehatan jantung, mencegah alergi, menurunkan risiko kanker, mengusir sepi, memperkuat imun tubuh hingga menyehatkan tulang, tendon dan otot. Wah, bermanfaat banget tentunya!

5. Memasak


Memasak

Memasak juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan lansia saat pandemi. Dengan memasak, lansia akan lebih bebas berkreasi dan menciptakan masakan lezat untuk keluarga. Melalui aktivitas ini juga, nenek akan mengajarkan skill-nya pada anak cucu yang bisa menjadi kenangan indah untuk kalian di masa depan.

Di samping itu, memasak ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mental karena dapat membawa ketenangan. Sebab dengan memasak, seseorang akan lupa waktu dan jadi lebih fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Sehingga tanpa sadar mereka akan melupakan berbagai tekanan hidup dan perasaan gelisah atau depresi ikut menghilang. Karena itulah dalam beberapa tahun terakhir klinik kesehatan mental di Amerika menjadikan kegiatan memasak sebagai terapi untuk mengobati masalah mental.

6. Menjalin Hubungan Sosial Secara Daring


Menjalin Hubungan Sosial Secara Daring

Berdiam di rumah bukan berarti harus memutus komunikasi dengan dunia luar. Memang benar lansia sebaiknya menjauhi keramaian atau berbagai kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang, namun pastikan interaksi sosial mereka tetap terjalin untuk menjaga kesejahteraannya di usia senja. Hal ini juga penting dilakukan untuk mengurangi risiko terkena alzheimer, jantung hingga kanker.

Untuk meminimalisir penularan virus Corona, sebaiknya aktivitas tersebut dilakukan secara daring dengan memanfaatkan fitur video call. Jika mereka gagap teknologi, sebaiknya ajarkan secara perlahan atau dampingi dengan baik saat menggunakan gawai. Setelah itu biarkan mereka berbincang atau sekedar memberikan sapaan akrab pada keluarga, sahabat maupun kerabat.

7. Menonton Film


Menonton Film

Aktivitas terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah mengajak lansia menonton film bersama. Kegiatan ini tak hanya dapat mengobati kerinduan lansia untuk pergi ke bioskop, namun juga bisa menyediakan momen menyenangkan bersama anak dan cucu. Bebaskan mereka yang memilih judul film atau rekomendasikan film favorit mereka saat muda untuk ditonton ulang.

Biar suasananya jauh lebih seru, buat ruang keluarga kalian seakan-akan seperti di dalam bioskop. Matikan semua lampu, tutup tirai dan jendela lalu siapkan camilan favorit seperti popcorn untuk dinikmati bersama lansia. Asyik banget kan, tertarik mencoba?

Demikian tujuh kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan lansia saat pandemi. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi makanan sehat yang bisa membantu memenuhi gizi lansia. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips aman pergi berobat ke rumah sakit di tengah pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait