Bantu Penuhi Gizi di Usia Senja, Ini 7 Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi Oleh Lansia
pxhere.com
Kuliner

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh lansia adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Untuk itu, tim WowKeren akan memberikan beberapa contohnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Seiring dengan bertambahnya usia, sistem metabolisme tubuh akan melambat. Terlebih jika seseorang sudah memasuki masa lansia, kinerja tubuh akan mengalami kemunduran, mulai dari sistem metabolisme, penurunan kerja hormon dan fungsi gerak serta masih banyak lagi.

Karena itulah menjaga pola hidup sehat di masa senja merupakan tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang. Beragam cara mereka lakukan agar selalu terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan rekomendasi makanan yang sebaiknya dinikmati lansia untuk menjaga kesehatannya. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ikan Berlemak


Ikan Berlemak
pxhere.com

Ikan merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dagingnya yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan jaringan yang bisa memicu kanker, jantung hingga radang sendi pada tubuh lansia.

Di antara jenis ikan yang sangat baik untuk kesehatan lansia adalah tuna, makarel dan salmon. Kendati demikian, Anda juga bisa mengkonsumsi jenis ikan lain karena ikan juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan lansia.

2. Telur


Telur
pxhere.com

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang paling baik di dunia. Di samping itu, telur juga mengandung vitamin D alami yang baik untuk kesehatan tulang. Itulah kenapa telur menjadi salah satu makanan paling sehat bagi lansia yang rentan mengalami osteoporosis.

Hal ini disebabkan karena vitamin D memiliki kemampuan untuk memperkuat tulang. Vitamin ini berperan untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang pada akhirnya juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang mendapat asupan vitamin D yang cukup, kesehatan tulang dan giginya akan senantiasa terjaga. Sebaliknya, jika lansia kekurangan vitamin D, ia akan rentan terjatuh dan mengalami gangguan kesehatan lainnya.

3. Sayur dan Buah-Buahan


Sayur dan Buah-Buahan
pixabay.com

Agar kesehatan tubuhnya senantiasa terjaga, lansia harus mengkonsumsi berbagai makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan. Serat sendiri merupakan komponen nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh lansia yang rentan mengalami berbagai masalah pencernaan. Selain itu, serat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Di antara jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi lansia adalah bayam yang juga mengandung berbagai nutrisi penting lain seperti vitamin A, C, B kompleks, K dan E serta magnesium, zat besi asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Sedangkan jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan lansia di antaranya adalah jeruk, pisang, apel hingga blueberry.

4. Susu dan Produk Olahannya


Susu dan Produk Olahannya
pixabay.com

Susu dan produk olahannya juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang berusia senja. Hal ini dikarenakan asupan tersebut merupakan sumber kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang lansia. Tak hanya itu, mineral satu ini juga memiliki peran penting untuk membantu menurunkan tekanan darah pada lansia.

Agar lebih sehat, Anda bisa mengkonsumsi susu dengan roti gandum. Pasalnya gandum dapat melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

5. Kacang-Kacangan


Kacang-Kacangan
pxhere.com

Kacang dan biji-bijian merupakan jenis camilan sehat yang bisa dinikmati lansia saat menghabiskan waktu luang. Kacang-kacangan mengandung berbagai komponen penting seperti magnesium, asam lemak omega 3, serat dan protein. Karena itulah kacang-kacangan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung yang semakin melemah di usia tua.

Di antara jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk lansia adalah kacang almond, kacang mede, hazelnut, macadamia, pecan dan kenari. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi biji-bijian seperti wijen, kacang merah, kedelai hitam hingga kacang kedelai yang tinggi protein, vitamin, kalsium dan serat.

6. Kopi


Kopi
pixabay.com

Belum banyak yang tahu jika kopi ternyata memiliki manfaat baik untuk tubuh lansia. Penelitian yang dilakukan oleh The National Institutes of Health – AARP Diet and Health Study menyatakan bahwa beberapa orang yang rutin meminum kopi ternyata tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan yang serius. Mulai dari serangan jantung, masalah pernafasan, stroke, cidera hingga diabetes. Bahkan, kopi ternyata juga dapat melindungi seseorang dari kanker payudara dan menurunkan risiko alzheimer.

Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan tambahan gula saat mengkonsumsi kopi. Jika ingin mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya nikmati kopi pahit tanpa tambahan gula. Jika masih ragu, sebaiknya konsultasikan pada dokter apakah kopi memang baik untuk kesehatan tubuh Anda di usia senja.

7. Dark Chocolate


Dark Chocolate
pixabay.com

Makanan berikutnya yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan lansia adalah dark chocolate. Camilan yang rendah gula ini memiliki banyak sekali nutrisi penting untuk membuat tubuh tetap sehat, mempertajam fungsi otak, menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan risiko penyakit jantung. Dengan sejumlah manfaat tersebut, dark chocolate tentunya menjadi camilan yang sehat untuk para lansia.

Demikian tujuh makanan sehat untuk lansia yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui camilan sehat yang cocok dijadikan teman ngemil saat WFH agar berat badan tetap terkontrol. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makan siang yang cocok dibawa ke kantor saat pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel