8 Camilan Ini Cocok Dikonsumsi Saat WFH, Agar Tubuh Tetap Sehat dan Berat Badan Terkontrol
Kuliner

WFH atau bekerja dari rumah cenderung membuat kita lebih banyak ngemil. Nah, agar tubuh tetap sehat dan berat badan terkontrol, sebaiknya konsumsi 8 camilan sehat ini saat sedang WFH.

WowKeren - Salah satu upaya menekan penyebaran virus Corona yang telah digalakkan selama beberapa bulan ini adalah dengan menerapkan sistem kerja dari rumah atau yang dikenal dengan Work From Home (WFH). Hingga kini, sejumlah perusahaan dan instansi masih menerapkan sistem tersebut.

Biasanya saat bekerja dari rumah, nafsu makan akan cenderung meningkat. Ketika rasa bosan menghampiri, kita akan mengambil camilan dan memakannya saat bekerja di depan laptop. Bahkan tidak jarang kita akan susah berhenti kalau sudah ngemil. Alhasil, berat badan akan rentan mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih camilan yang tepat agar berat badan tetap terkontrol dan kesehatan senantiasa terjaga. Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa camilan sehat yang cocok dijadikan teman ngemil saat kamu sedang bekerja di rumah. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Salad Buah


Salad Buah

Salah satu rekomendasi camilan sehat yang disukai banyak orang adalah salad buah. Komposisi vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya dijamin akan membuat tubuhmu tetap sehat. Rasanya pun menyegarkan sehingga bisa menjaga pikiran tetap fresh dan fokus bekerja.

Meski demikian, pastikan dressing yang kamu gunakan tidak akan merusak nutrisi dalam salad tersebut ya. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan yoghurt dan taburan keju parut ke atasnya agar lebih sehat. Dan alih-alih membelinya, akan lebih baik kamu buat sendiri agar lebih terjamin kebersihannya.

2. Dark Chocolate


Dark Chocolate

Camilan sehat berikutnya yang cocok dijadikan teman ngemil saat WFH adalah dark chocolate. Camilan satu ini kaya akan antioksidan yang bisa membantumu senantiasa berenergi sehingga bisa lebih fokus saat bekerja. Selain itu, dark chocolate juga rendah gula yang akan mempertajam fungsi otak, menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Dengan begitu, mengkonsumsi dark chocolate akan membuatmu kenyang lebih lama dan mencegah hasrat ingin makan manis, asin dan berlemak. Agar manfaatnya lebih maksimal, pilih dark chocolate dengan kandungan kakao sebesar 98 persen dan barengi dengan konsumsi susu ya.

3. Oatmeal


Oatmeal

Oatmeal adalah camilan praktis dan sehat yang juga bisa menemanimu saat bekerja di rumah. Oatmeal memiliki 50 nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral dan serat beta glukan yang memiliki segudang manfaat. Beta glukan sendiri dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat lebih fokus bekerja. Agar lebih sehat, kamu bisa menambahkan buah-buahan beri atau kacang-kacangan di atasnya.

4. Telur dan Ubi Rebus


Telur dan Ubi Rebus

Telur rebus tak hanya enak dijadikan lauk pendamping nasi, namun juga camilan menyehatkan saat WFH. Perlu diketahui bahwa telur mengandung protein dan kolin yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak serta memori. Setelah direbus, kamu bisa mengkonsumsinya seperti biasa saat bekerja di depan laptop.

Selain telur, kamu juga bisa mengkonsumsi ubi saat sedang bekerja. Ubi mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, mineral, fitonutrien, gula alami hingga serat. Dengan sejumlah kandungan tersebut, ubi bisa dijadikan sumber karbohidrat, membuatmu kenyang lebih lama, membantu memperlambat pencernaan serta meningkatkan kontrol gula darah. Tapi ingat, agar nutrisinya tetap terjaga sebaiknya masak ubi dengan cara direbus bukan digoreng.

5. Yoghurt


Yoghurt

Kalau kamu ingin ngemil yang manis-manis namun tetap rendah kalori, sebaiknya pilih yoghurt. Olahan susu ini mengandung banyak bakteri baik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, kaya akan kalsium, magnesium, zinc dan salenium yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan probiotik di dalamnya diklaim dapat meningkatkan kadar serotonin, suatu hormon pencipta rasa bahagia. Dengan begitu, kita akan terhindar dari bad mood saat bekerja.

Agar lebih sehat, kamu bisa mencampurnya dengan berbagai buah-buahan favoritmu. Gabungan antara yoghurt dan buah-buahan dapat melancarkan pencernaan dan menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga. Selain itu, kombinasi ini juga tidak akan membuatmu cepat lapar loh, sehingga pas banget dikonsumsi saat bekerja di rumah.

6. Kacang-Kacangan


Kacang-Kacangan

Kalau kamu adalah tipe orang yang sulit berhenti ngemil, sebaiknya pilih kacang-kacangan sebagai camilan sehat saat WFH. Selain enak dan praktis dimakan, kacang-kacangan juga mengandung banyak sekali nutrisi baik yang dapat menyehatkan tubuh. Mulai dari kombinasi lemak dan protein baik, kalium, potasium, zat besi, karbohidrat, serta vitamin A, B, C dan E.

Ada beberapa jenis kacang yang baik dijadikan camilan, antara lain kacang almond, mede, pistachio, cashew, walnut dan kenari. Agar lebih sehat, pilih olahan kacang yang dipanggang tanpa tambahan bumbu, bukan kacang yang digoreng dengan minyak.

7. Smoothies


Smoothies

Sebagai pendamping camilan, sebaiknya minum juga minuman menyehatkan untuk menemanimu bekerja di rumah. Salah satu jenis minuman menyehatkan yang cocok dikonsumsi saat WFH adalah smoothies. Minuman yang terbuat dari sayur dan buah-buahan ini memang mirip dengan jus, namun lebih kental seperti milk shake karena tidak melalui proses penyaringan.

Karena berasal dari sayur dan buah-buahan, smoothies dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh. Minuman ini juga dapat membersihkan darah dan organ tubuh dari dalam, sehingga membuat tubuhmu menjadi lebih sehat dan mensuplai banyak energi. Dengan begitu, kamu akan selalu bersemangat saat sedang menjalani WFH.

8. Granola


Granola

Granola juga dapat kamu jadikan snack sehat saat menjalani WFH. Camilan rendah kalori ini biasanya terbuat dari beberapa campuran gandum, buah kering dan kacang-kacangan yang dikukus dengan madu dan sedikit minyak agar menjadi renyah setelah dipanggang. Untuk menambah nutrisinya, kamu bisa mengkonsumsi granola dengan yoghurt, madu dan buah-buahan.

Perlu diketahui bahwa granola mengandung vitamin E, K, C, B kompleks, natrium, kalsium, magnesium, dan zat besi. Dengan sejumlah kandungan tersebut, granola memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikian delapan camilan sehat yang cocok dijadikan teman ngemil saat WFH yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengatasi laptop yang mendadak lemot saat WFH. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama WFH.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel