Rawan Tularkan COVID-19, Pengunjung Disarankan Isolasi 14 Hari Pulang dari Bioskop
Nasional

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengkategorikan kegiatan menonton bioskop sebagai kegiatan yang berisiko tinggi menularkan COVID-19.

WowKeren - Seiring dengan dilonggarkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah memberikan lampu hijau pada pengelola bioskop untuk kembali beroperasi.

Tentu saja, hal ini cukup mengundang perhatian. Pasalnya, bioskop dinilai sangat rawan menjadi tempat penyebaran virus corona. Karena selain minimnya ventilasi, bioskop merupakan tempat berkumpulnya orang banyak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengkategorikan kegiatan menonton bioskop sebagai kegiatan yang berisiko tinggi menularkan COVID-19. Anne Rimoin, PhD, MPH, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, menjelaskan bagaimana bioskop menjadi tempat penularan virus.

Seperti diketahui, virus corona ditularkan melalui droplet yang keluar saat orang berbicara, batuk, ataupun bersin. Di dalam ruangan bioskop, orang-orang dari berbagai tempat berkumpul jadi satu dan tetap berada di sana dalam waktu yang lama.


"Virus ditularkan melalui droplet saat kita berbicara, tertawa, dan bernafas," kata dia. "Bioskop merupakan tempat Anda duduk dengan ruangan yang penuh dengan orang asing yang makan dan minim selama 2-3 jam dengan ventilasi yang kurang optimal."

Sementara itu, Carol A. Winner MPH pendiri gerakan jarak sosial Give Space, menilai jika pola penularan virus di bioskop sama seperti yang terjadi di restoran. Memang orang-orang akan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. Namun masker ini bisa dilepas.

"Meskipun orang lebih sedikit berbicara ketika di bioskop, masker bisa dilepas," kata dia dilansir dari Health, Selasa (13/10). "Dan kemungkinan bahaya datang ketika mereka tertawa, batuk, bersin, dan kemudian mencoba berbicara dengan teman mereka yang jaraknya satu setengah meter."

Untuk itu CDC merekomendasikan agar pengunjung melakukan karantina selama 14 hari usai pulang dari bioskop. Kendati demikian, Anne tetap menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari bepergian ke bioskop di tengah pandemi.

"Lebih aman bercengkerama di rumah," kata dia melanjutkan. "Sambil menyaksikan streaming film dan semangkuk besar popcorn daripada pergi ke bioskop."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru