Dianggap Lebih Sehat Ketimbang Merokok, Vape Ternyata Bisa Sebabkan 7 Bahaya Ini Untuk Kesehatan
Health

Vape mengandung bahaya untuk kesehatan lebih sedikit dibanding merokok konvensional. Meski begitu, bukan berarti vape lebih sehat karena cairan yang digunakan juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan yang fatal.

WowKeren - Vaping adalah salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengatasi kecanduan merokok. Vaping bukanlah mengisap tembakau seperti merokok secara konvensional, melainkan mengisap aerosol yang diberi perasa dengan alat khusus seperti rokok elektrik, pulpen vape, dan lain-lain. Menggunakan vape disebut lebih sehat ketimbang merokok. Benarkah?

Vaping memang tidak menggunakan tembakau, tapi cairan aerosol yang digunakan pada vape juga mengandung nikotin. Zat kimia berbahaya ini juga ditemukan pada tembakau di rokok konvensional serta sudah terbukti dapat merusak jantung, paru-paru, hingga meningkatkan risiko terkena kanker.

Peneliti dari Pusat Kesehatan John Hopkins Amerika Serikat, Michael Blaha, mengungkapkan bahwa vape mengandung bahaya untuk kesehatan lebih sedikit dibanding merokok konvensional. Meski begitu, bukan berarti vape lebih sehat karena cairan yang digunakan juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan yang fatal. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 masalahnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bahayakan Paru-paru


Bahayakan Paru-paru

Layaknya merokok, menggunakan vape juga bisa berbahaya bagi paru-paru kalian. Meski tidak memakai tembakau, bukan berarti bahaya vaping lebih ringan daripada rokok tembakau. Pasalnya, rokok elektronik tetap memiliki kandungan nikotin.

Nikotin dalam vape dapat meningkatkan risiko peradangan pada paru-paru dan mengurangi kemampuan jaringan pelindung di paru untuk melindungi organ paru. Tidak hanya itu, diasetil yang terkandung di vape juga dapat menyebabkan munculnya penyakit bronkiolitis obliterans, atau lebih dikenal sebagai paru-paru popcorn (popcorn lung).

2. Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung


Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung

Seperti yang dikatakan sebelumnya, beberapa cairan yang digunakan untuk vape mengandung nikotin. Zat nikotin diketahui dapat mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit jantung, nikotin dapat membuat kondisi jantung kalian semakin parah.

Zat nikotin bakal menimbulkan gangguan pada pembuluh darah arteri, dalam tubuh. Nah, kondisi ini sangat mempengaruhi kerja pada organ jantung, hingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Timbulkan Kecanduan


Timbulkan Kecanduan

Beberapa orang mengklaim vape tidak menimbulkan ketergantungan, bahkan mampu membantu kalian untuk berhenti merokok. Harvard Health pun menyatakan hal serupa. Hanya saja, efektivitas penggunaan vape sebagai salah satu usaha berhenti merokok belum memiliki bukti yang cukup secara ilmiah.

Cairan yang digunakan untuk vape juga ada yang mengandung nikotin, maka akan memiliki efek candu yan sama dengan rokok. Bahkan jika kalian bukan perokok aktif, atau belum pernah sama sekali menggunakan vape, bahkan bisa menimbulkan kecanduan baru. Terlebih, bagi para remaja yang suka ikut-ikutan, menggunakan vape perlu diperhatikan.

4. Turunkan Imunitas Tubuh


Turunkan Imunitas Tubuh

Bahaya vape bagi kesehatan yang selanjutnya adalah bisa menurunkan imunitas tubuh. Pasalnya, perokok aktif (baik vapers maupun perokok tembakau), akan sama-sama menunjukkan tanda-tanda berkurangnya aktivitas 594 gen.

Gen tersebut merupakan gen yang dikenal bisa mendukung imunitas tubuh, hingga melawan infeksi. Hal itu dikarenakan juga, akibat senyawa yang dalam cairan vape untuk penguapan, ternyata memiliki efek imunosupresif, pada tubuh.

5. Berbahaya Untuk Kesehatan Janin


Berbahaya Untuk Kesehatan Janin

Pada ibu hamil, penggunaan vape secara aktif maupun pasif (terpapar asap vape dari orang lain) dapat membahayakan janin di dalam kandungannya. Pasalnya, paparan nikotin dan zat berbahaya lain di dalam vape dapat mengganggu perkembangan janin. Risiko keguguran pada trimester pertama akan meningkat bila ibu hamil terpapar asap vape.

Bahan kimia yang terkandung di dalam vape akan masuk ke aliran darah ibu hamil dan janin. Hal tersebut bisa mengganggu perkembangan janin, menimbulkan kelainan genetik atau cacat bawaan lahir, hingga berujung pada keguguran. Sedangkan pada anak-anak, paparan nikotin dari vape dapat menggangu perkembangan otaknya serta memengaruhi daya ingatnya.

6. Tingkatkan Resiko Kanker


Tingkatkan Resiko Kanker

Merokok elektrik diketahui bisa merusak DNA dan meningkatkan risiko kanker dan serangan jantung. Riset itu menyatakan meski dianggap tidak berbahaya ketimbang merokok, vape masih mengancam dan tidak bisa dikatakan aman. Dalam tes laboratorium dengan bantuan tikus, studi itu menemukan bahwa tikus yang terpapar asap rokok elektrik memiliki tingkat kerusakan DNA yang lebih tinggi di jantung, paru-paru dan kandung kemih daripada yang menghirup udara normal.

DNA yang rusak itu, termasuk DNA yang melindungi hewan dari sel kanker. Akibatnya, sel kanker dapat berkembang biak di tubuh. Saat pengujian paparan nikotin pada sel paru dan kandung kemih manusia, juga terdapat hasil serupa yang menunjukkan sel-sel cenderung bermutasi aau mengalami perubahan pemicu tumor.

7. Rawan Meledak


Rawan Meledak

Hal selanjutnya ini juga bisa disebut sebagai bahaya vape bagi kesehatan. Rokok elektrik ini bisa berisiko menimbulkan ledakan. Hal tersebut dikarenakan, daya vape dihasilkan dari sebuah baterai lithium ion. Adapun jika baterai tersebut mengalami pemanasan berlebih, bisa menimbulkan ledakan yang berbahaya, bahkan bisa membunuh.

Ledakan bisa terjadi ketika vape digenggam bahkan ketika sedang dihisap. Tidak sedikit korban, yang telah mengalami kejadian mengerikan ini. Pasalnya, ledakan tersebut bisa menyebabkan tangan, lidah, bibir, rongga mulut, gusi, gigi, robek hingga luka parah.

Jika kalian berniat untuk mengatasi kecanduan merokok, enggak ada salahnya melihat artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan yang bisa mengurangi kebiasaan tersebut. Selain itu, simak juga artikel ini untuk melihat beberapa rekomendasi makanan dan minuman untuk atasi rasa cemas berlebihan kalian.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru