Jangan Dibekukan! 7 Makanan Ini Enggak Boleh Masuk Ke Freezer Karena Bisa Rusak Kualitasnya
Kuliner

Membekukan makanan sering digunakan untuk menyimpan sisa makanan agar tetap awet. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menyimpan makanan di freezer mulai dari cara menyimpan hingga jenis makanannya.

WowKeren - Membekukan makanan sering digunakan untuk menyimpan sisa makanan agar tetap awet. Banyak orang yang akan menyimpan banyak bahan makanan di freezer agar praktis. Sebenarnya, hal ini akan membantu kalian menumbuhkan kebiasaan makan yang lebih sehat karena membuat niat memesan makanan secara online jadi tertekan.

Namun, jika kalian tak melakukannya dengan benar, hal ini tentunya akan sia-sia. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menyimpan makanan di freezer mulai dari cara menyimpan hingga jenis makanannya.

Perlu kamu ketahui bahwa pembekukan makanan bukan berarti membunuh makanan. Beberapa makanan justru berkurang kualitasnya jika dibekukan, bahkan ada juga yang jadi tak layak makan. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis makanan yang tak boleh dibekukan di freezer. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Telur Mentah


Telur Mentah

Telur memang diperbolehkan disimpan di kulkas. Namun jangan sekali-kali mencoba memasukkan telur mentah ke dalam freezer. Menyimpan telur di dalam freezer ternyata bisa merusak kualitasnya. Saat disimpan di dalam suhu yang sangat rendah, putih telur di dalamnya akan ikut membeku dan mengembang sehingga bisa menyebabkan cangkang telur retak.

Retakan tersebut akan menjadi jalan masuknya bakteri ke dalam telur yang bisa berbahaya bila disantap. Selain menurunkan kualitas telur dari segi kesehatan, hal ini akan membuat telur mudah membusuk. Oleh karena itu, cukup menyimpan telur kalian di rak khusus telur yang terdapat di kulkas saja ya.

2. Daging Matang


Daging Matang

Menyimpan daging mentah di freezer memang sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas. Namun, hal ini enggak berlaku pada daging yang sudah dimasak atau daging matang. Kalian tidak dianjurkan untuk menyimpan daging matang ke dalam freezer.

Hal ini dikarenakan daging matang bisa menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalamnya akan rusak. Kondisi ini disebabkan daging matang sudah melalui proses pengolahan dengan berbagai bumbu masak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri. Menyimpannya justru akan membuat kualitasnya menurun dan cepat membusuk.

3. Sayuran Hijau


Sayuran Hijau

Sayuran terutama sayuran hijau merupakan makanan yang tak bisa disimpan di freezer. Beberapa sayuran hijau seperti bayam, daun ketumbar atau selada akan layu saat dicairkan. Sayuran akan menjadi lunak, basah dan bahkan tak lezat lagi untuk diolah.

Selain itu yang jelas, sayuran akan kehilangan semua kandungan nutrisi dan vitaminnya saat dicarikan nantinya. Tidak masalah jika kamu ingin menjadikan sayuran hijau untuk dijadikan sebagai jus sayur atau ditumis di penggorengan. Namun, apabila kamu ingin menjadikan sayuran hijau sebagai salad atau hidangan lain dalam keadaan mentah, maka jangan menyimpannya di freezer.

4. Gorengan


Gorengan

Sama seperti sayuran, menyimpan sajian yang digoreng seperti ayam goreng tepung akan menghilangkan tekstur renyahnya. Suhu dingin di dalam freezer akan menimbulkan bercak-bercak bunga es yang akan mencair kembali saat disimpan di suhu ruang. Cairan ini akan membuat makanan terasa basah dan lembek sehingga kurang lezat saat disajikan kembali.

Meskipun digoreng kembali, hasil sajian akan terasa melempem dan basah akibat air yang terperangkap di bagian dalam gorengan. Selain itu, aroma gorengan yang cukup menyengat juga akan merusak makanan lain yang disimpan di dalam freezer.

5. Rempah-rempah Aromatik


Rempah-rempah Aromatik

Rempah-rempah saat ini banyak yang telah diolah dalam bentuk bubuk kering sehingga memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Namun, freezer bukan tempat yang tepat untuk membuatnya lebih awet. Sebaiknya jangan simpan rempah dan dedaunan aromatik seperti kayu manis, cengkih, daun salam, dan daun mint di dalam freezer bila tak ingin aroma alaminya hilang.

Tak hanya itu, es di dalam freezer juga akan mengakibatkan rempah-rempah, terutama yang berbentuk bubuk, lebih mudah menggumpal karena lingkungan yang basah. Membekukan bumbu juga bisa mengubah tekstur dan rasa rempah loh. Padahal rempah adalah kunci utama agar masakan kalian kaya rasa.

6. Susu


Susu

Produk olahan susu seperti es krim atau yoghurt memang terasa lebih nikmat setelah dibekukan di dalam freezer. Namun, menyimpan susu justru bisa merusak kualitas dan rasanya. Meski tak berpengaruh langsung kepada kandungannya, tekstur asli susu akan rusak dan terpisah menjadi lapisan air dan dadih atau lemak susunya.

Hal ini juga berpengaruh pada produk olahan susu seperti yougurt dan keju. Suhu dingin di dalam freezer ternyata justru bisa menyebabkan teksturnya berubah lebih kasar dan lebih keras. Selain itu, kandungan air di dalam yoghurt yang ikut membeku saat disimpan di dalam freezer juga bisa menghilangkan rasa creamy nan lembut yang dihasilkan oleh yoghurt.

7. Minuman Kaleng


Minuman Kaleng

Minuman memang terasa semakin menyegarkan di tenggorokan jika disajikan dingin. Hal inilah yang membuat banyak orang sering menyimpan minuman favoritnya di freezer, tak terkecuali minuman kaleng. Padahal, minuman kaleng termasuk minuman yang enggak boleh dibekukan.

Minuman kaleng yang disimpan di dalam freezer bisa membahayakan. Sebab, air dapat mengembang dan menekan kaleng saat dibekukan. Semakin dingin suhunya, maka air akan semakin mengembang dan bisa menyebabkan kaleng meledak. Hal ini juga berlaku untuk minuman yang ditempatkan di wadah yang tak lentur seperti botol kaca.

Intip juga yuk, beberapa tips dalam artikel ini untuk menyimpan makanan di kulkas agar tetap berkualitas dan tahan lama. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menyimpan daging yang baik di kulkas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel