Dapat Daging Kurban Melimpah? Intip 7 Tips Menyimpannya Agar Awet Dan Tetap Berkualitas
Kuliner

Beberapa masyarakat hanya akan menyimpan daging begitu saja di freezer. Namun tahukah kalian ada beberapa tips menyimpan agar daging menjadi lebih awet?

WowKeren - Hari raya Idul Adha tahun 2019 akan jatuh pada besok, Minggu (11/8). Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang atau di masjid, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Penyembelihan ini biasanya dilakukan di masjid-masjid kampung atau kantor instansi dan sekolah. Daging hasil penyembelihan ini biasanya dibagi-bagikan kepada orang yang tidak mampu di sekitar masjid. Selain itu, daging tersebut juga akan dibagikan kepada warga yang bertempat tinggal di sekitar tempat penyembelihan.


Hal ini tentu menjadi tradisi yang menyenangkan untuk masyarakat sekitar. Beberapa dari mereka akan memasak hidangan olahan daging sapi atau kambing dan disantap bersama keluarga. Namun ada kalanya daging yang didapat masih banyak dan harus disimpan.

Beberapa masyarakat hanya akan menyimpan daging begitu saja di freezer. Namun tahukah kalian ada beberapa tips menyimpan agar daging menjadi lebih awet? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menyimpan daging kurban agar awet dan tahan lama. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Cucilah Daging Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan


Cucilah Daging Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Mencuci daging sebelum disimpan hingga kini masih menjadi perdebatan publik. Banyak yang bilang, daging akan lebih awet disimpan jika tidak dicuci terlebih dahulu, namun hal ini salah dan tidak dianjurkan. Meski daging dibeli dari supermarket sekali pun, daging harus tetap dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan.

Cuci daging di bawah air mengalir hingga bersih dan tak ada darah yang menetes. Jangan pernah merendam daging dalam wadah saat mencuci, karena bakteri atau kuman akan tetap menempel saat dikeluarkan dari air. Setelahnya langsung simpan di freezer dan jangan dibiarkan terlalu lama di suhu ruang, karena daging yang basah rentan terkontaminasi bakteri.

2. Keringkan Dulu Dan Jangan Simpan Daging Yang Basah


Keringkan Dulu Dan Jangan Simpan Daging Yang Basah

Setelah cuci daging, jangan langsung simpan namun keringkan dulu. Menyimpan daging dalam keadaan lembab akan makin mempercepat proses pembusukan karena Bakteri dan kuman sangat suka lingkungan lembab, termasuk pada daging yang basah.

Selain itu, menyimpan daging yang banyak mengandung air dalam freezer akan membuat daging semakin keras karena airnya membeku. Ketika air tersebut mencair, kualitas daging akan menjadi menurun. Oleh karena itu, keringkan dulu daging yang akan disimpan dengan paper towel atau tisu dapur yang punya tekstur lebih kasar dan cepat menyerap air.

3. Hindari Simpan Daging Dalam Ukuran Besar Dan Potong Kecil-kecil


Hindari Simpan Daging Dalam Ukuran Besar Dan Potong Kecil-kecil

Bagilah daging menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan tiap kali masak. Misalnya, untuk 1 kg daging kalian bisa membaginya menjadi 4 bagian dengan masing-masing beratnya sekitar 250 gram. Kemaslah tiap bagian dengan plastik yang ditutup rapat, baru sesudahnya simpan dalam freezer.

Dengan cara ini, kalian tidak perlu mencairkan seluruh bongkahan daging beku jika hanya mengambil sedikit saja bagiannya. Cukup ambil satu bungkus daging sesuai kebutuhan, lakukan thawing, dan masak seluruhnya. Selain itu, cara ini juga menghemat waktu kalian dalam mencairkan daging yang beku.

4. Bumbui Daging Sebelum Disimpan Bakal Bikin Daging Makin Awet Dan Lezat


Bumbui Daging Sebelum Disimpan Bakal Bikin Daging Makin Awet Dan Lezat

Membumbui daging sebelum disimpan selain bisa membuat daging makin awet juga membuatnya makin lezat. Biasanya, orang ingin membumbui daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar bumbu-bumbu tersebut dapat meresap ke dalam daging.

Selain itu, membumbui sebelum disimpan juga ampuh bikin dagingmu lebih tahan lama di freezer dibanding daging mentah biasa. Kalian dapat membumbuinya dengan menggunakan kunyit, bawang, garam, dan gula atau bumbu sesuai masakan kamu nantinya. Bumbu-bumbu ini bersifat antibakteri sehingga akan memberikan sifat awet pada bahan makanan.

5. Jangan Langsung Masukan Daging Ke Freezer


Jangan Langsung Masukan Daging Ke Freezer

Tips yang satu ini mungkin jarang banget diketahui oleh banyak orang. Kebanyakan, orang akan langsung menyimpan daging dalam freezer, namun hal itu nyatanya tidak dianjurkan. Daging yang berasal dari suhu ruangan tidak baik jika langsung disimpan dalam freezer yang suhunya sangat rendah.

Ada baiknya letakkan daging di dalam rak lantai 3 atau 4 dalam lemari es kalian dahulu. Hal ini berfungsi agar daging tidak keras dan lebih awet. Sebaiknya simpan daging di kulkas biasa tersebut selama 5 jam sebelum dipindahkan ke dalam freezer.

6. Simpan Di Wadah Tertutup Rapat Yang Kedap Udara


Simpan Di Wadah Tertutup Rapat Yang Kedap Udara

Menyimpan daging dalam wadah tertutup hukumnya wajib banget. Hal ini supaya daging tidak mudah terkontaminasi bakteri yang ada dalam kulkas atau terbawa oleh bahan-bahan lain yang juga ada di dalam kulkas (kontaminasi silang). Jangan heran kenapa daging yang disimpan cepat rusak ketika hanya disimpan dalam plastik tanpa diikat atau ditutup rapat.

Produk Tupperware yang kedap udara bisa jadi wadah yang tepat untuk menyimpan daging. Atau gunakan plastik apapun yang terbuat dari bahan yang food grade, aman untuk kulkas, dan tutup yang rapat, daging dijamin tetap sehat dan terhindar dari berbagai kontaminasi.

7. Pisahkan Daging Sesuai Jenisnya Sebelum Disimpan Dalam Freezer


Pisahkan Daging Sesuai Jenisnya Sebelum Disimpan Dalam Freezer

Kalau kalian mendapa daging dan perlu disimpan secara bersamaan, jangan meletakkannya dalam satu wadah. Hal ini karena masing-masing daging punya masa tahan yang berbeda. Kalau ada salah satu yang lebih dulu busuk, hal ini akan mempengaruhi kualitas daging lain yang seharusnya masih baik-baik saja. Jadi sebaiknya bedakan wadah menyimpan antara satu daging dengan lainnya ya.

Jangan lupa simak juga cara memasak daging dengan sehat dan benar di sini. Intip juga makanan populer Indonesia yang rupanya diadaptasi dari luar negeri di sini.

You can share this post!

Related Posts