Setahun Jokowi-Ma'ruf, 4 Menteri Ini Sukses Curi Perhatian Lewat Kontroversi
Nasional

Tepat Selasa (20/10) hari ini menandai setahun keberjalanan masa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. Dan ada 4 menteri yang mencuri perhatian publik karena berbagai kontroversinya.

WowKeren - Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah berjalan setahun tepat pada Selasa (20/10) hari ini. Tak hanya kinerja "duet" Jokowi-Ma'ruf, para menteri di Kabinet Indonesia Maju juga mencuri perhatian publik.

Namun bukan cuma karena prestasi, ada beberapa menteri yang disorot masyarakat karena dianggap kontroversial. Dan dilansir dari Kumparan berdasarkan hasil survei ke masyarakat serta pandangan dari para ahli dan DPR RI, berikut adalah nama 4 menteri yang kerap dianggap kontroversial.

Yang pertama adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang makin mencuri spotlight di tengah pandemi COVID-19. Banyak yang menilai bahwa Terawan terkesan meremehkan ketika masa awal pandemi COVID-19, dan imej itu kian buruk usai sang menteri kerap menghilang dari peredaran publik.

Salah satu pernyataan kontroversialnya adalah perihal pemakaian masker. "Masker (mahal)? Salahmu sendiri, kok beli. Enggak usah (pakai masker). Masker untuk yang sakit," ujar Terawan di Jakarta, Sabtu (15/2). Namun pernyataan ini belakangan dimentahkan dengan kewajiban semua orang memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan, meski masker bedah dan kesehatan hanya untuk yang berisiko tinggi terpapar.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai hal ini terjadi karena Terawan yang masih tak terbiasa berkomunikasi secara politik. "Akhirnya terjadi sebuah kegagapan. Dia belum bisa membedakan komunikasi ke publik dan interpersonal," ujar Yunarto, Senin (19/10).

Ditambah pandemi COVID-19 merupakan kejadian luar biasa yang memerlukan penanganan lintas sektor. "Ditambah lagi Terawan kan bisa dibilang menteri baru jadi tak punya pengaruh dibandingkan menteri-menteri lain yang senior," imbuh Yunarto.


Setahun Jokowi-Ma\'ruf, 4 Menteri Ini Sukses Curi Perhatian Lewat Kontroversi

Berbagai sumber

Berikutnya adalah Menteri Agama Fachrul Razi yang dari segi latar belakang militernya pun sudah menjadi kontroversi. Beberapa kali pernyataannya pun menuai kritikan pedas, tak hanya dari masyarakat, tetapi juga dari organisasi keagamaan besar Indonesia seperti NU dan Muhammadiyah.

Salah satu yang terbaru ketika Fachrul menyebut radikalisme masuk dengan "bantuan" orang good looking. Atau kala Fachrul dikritik karena mengambil sikap membatalkan pelaksanaan ibadah Haji 2020 tanpa persetujuan DPR RI.

Selanjutnya adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Nadiem kerap kali dianggap terlalu "mendobrak" dengan berbagai kebijakan barunya. Dan penilaian terhadap kinerja Nadiem kian merosot karena berbagai tantangan yang mesti dihadapi di tengah pandemi COVID-19.

Secara garis besar, Yunarto menyoroti minimnya pengalaman politik ketiga menteri tersebut. "Kenapa sering keluar hal yang kontroversial dari 3 menteri tersebut, ada kegagapan secara birokrasi ketika jadi pejabat politik. Ada iklim baru yang tak biasa dihadapi kalau kita mengingat latar belakang ketiga dulu," terang Yunarto, dikutip pada Selasa (20/10).

Sedangkan yang terakhir adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Edhy terus menjadi sorotan publik karena beberapa kebijakannya yang berlawanan dengan menteri sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Termasuk di antaranya mengizinkan kembali penggunaan cantrang dan membuka keran ekspor benih lobster.

(wk/elva)

You can share this post!

Artikel Terkait