Bikin Kinclong Seperti Baru, Ini 7 Bahan Rumahan yang Dapat Digunakan Untuk Membersihkan Kompor
SerbaSerbi

Membersihkan kompor dari kerak maupun karat bisa menjadi aktivitas yang sulit dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan tujuh bahan rumahan ini untuk mempermudah aktivitas tersebut.

WowKeren - Kompor gas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang harus selalu dijaga kebersihannya. Pasalnya cipratan minyak, tumpahan air hingga berbagai remah masakan yang terjatuh dapat menyebabkan jamur dan kerak yang sulit dibersihkan.

Keadaan kompor yang kotor tentu akan sangat mengganggu pemandangan dan membuat kita malas untuk memasak. Selain itu, kotoran yang menempel juga akan mengganggu kualitas api dan membuat kompor cepat rusak. Anda pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, usahakan untuk membersihkan kompor secara rutin demi mencegah timbulnya kerak.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan merekomendasikan beberapa bahan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kompor dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Air Panas


Air Panas

Bahan rumahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kompor adalah air panas. Selain mudah didapatkan, air panas terbilang ampuh dalam merontokkan semua kerak yang menempel di kompor Anda. Cara pembersihannya pun sangat mudah dilakukan dan tak memerlukan waktu yang lama.

Sebelum mulai pembersihan, sebaiknya bongkar setiap komponen kompor seperti selang, cover penutup, tatakan kompor, ring serta kerangka. Rendam semua komponen tersebut di ember berisi air panas selama 15 menit lalu gosok secara perlahan komponen hingga semua keraknya rontok.

2. Garam dan Cuka


Garam dan Cuka

Bahan rumahan berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah cuka dan garam. Kandungan asam pada cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan minyak membandel, sedangkan garam berperan penting untuk menyingkirkan noda maupun kerak yang ada di permukaan kompor gas.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama, lepas semua bagian kompor lalu campur dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan garam sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada bagian kompor yang berkarat lalu diamkan selama 30 menit. Bila sudah, gosok sampai karatnya menghilang dan lap dengan kain yang telah dicelup ke dalam air hangat.

3. Jeruk Nipis


Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak sekali khasiat dan kegunaan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan noda yang menempel di permukaan kompor. Agar hasilnya semakin maksimal, sebaiknya gunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan cuka putih sebagai cairan pembersih.

Pertama, masukkan perasan jeruk nipis ke dalam wadah tertutup lalu tambahkan beberapa tetes cuka putih. Tutup rapat dan diamkan campuran tersebut selama sekitar dua minggu. Setelah itu saring airnya dan letakkan ke dalam botol semprot. Terakhir, Anda tinggal menyemprotkannya pada permukaan kompor lalu bersihkan dengan lap kering.

4. Baking Soda


Baking Soda

Selain sebagai bahan kue, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan kompor dari noda minyak dan kerak yang membandel. Cara pembersihannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pertama, larutkan dua sendok baking soda ke dalam satu liter air lalu gunakan untuk merendam seluruh komponen kompor. Diamkan selama 15-30 menit lalu gosok komponen tersebut menggunakan sikat gigi. Terakhir, Anda hanya perlu membersihkan kotoran dengan lap kering hingga benar-benar bersih.

5. Tepung Terigu


Tepung Terigu

Cipratan minyak yang menempel di permukaan kompor sering membuat kita jengkel karena sulit dibersihkan. Jika kita usap dengan lap basah, noda tersebut akan semakin menyebar dan mengotori lebih banyak bagian. Jika Anda sering mengalami hal ini, sebaiknya mulai gunakan tepung terigu untuk mengatasinya.

Pertama-tama, taburkan tepung terigu pada bagian kompor yang terkena noda minyak. Setelah itu bersihkan taburan tepung dengan lap sambil ditekan secara perlahan. Dijamin deh, noda minyak akan menghilang dan kompor Anda bisa kembali kinclong seperti baru!

6. Minuman Bersoda


Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang paling asyik dinikmati saat cuaca panas ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel di permukaan kompor. Hal ini disebabkan karena minuman tersebut mengandung senyawa asam yang cukup tinggi yang mampu merontokkan karat pada kompor.

Caranya mudah, pertama masukkan minuman bersoda ke dalam ember kecil lalu gunakan untuk merendam beberapa komponen kompor. Diamkan selama satu sampai dua jam lalu angkat dan lap dengan kain yang telah direndam ke dalam air hangat. Ingat, pastikan untuk menggunakan minuman bersoda yang masih baru agar hasilnya semakin maksimal.

7. Sabun Curi Piring


Sabun Curi Piring

Bahan rumahan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah sabun cuci piring. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, yang pertama larutkan sabun cuci piring ke dalam ember berisi air. Kemudian rendam berbagai komponen kompor yang berkarat ke dalam ember tersebut selama 15 menit. Jika kerak dan noda telah luruh, bersihkan ulang dengan sikat gigi sampai ke sela terdalam. Terakhir bilas dengan air bersih kemudian lap dengan kain kering.

Demikian tujuh bahan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kompor. Simak juga artikel ini untuk mengetahui fungsi ajaib soda kue yang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan tips mudah membersihkan kamar mandi.

You can share this post!

Related Posts