Gagal Bikin Cantik, 7 Kesalahan dalam Menggunakan Masker Wajah Ini Justru Dapat Merusak Kulit
Getty Images
Lifestyle

Menggunakan masker wajah secara rutin dapat mendatangkan sejumlah manfaat. Sayangnya, beberapa orang tidak menggunakan masker yang benar dan tanpa sadar melakukan berbagai kesalahan. Akibatnya, sejumlah masalah kulit akan menghampiri.

WowKeren - Masker wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Masker dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya, mengatasi kulit kusam, pori-pori tersumbat, iritasi hingga kulit kering. Selain itu, menggunakan masker juga dapat mengendurkan otot syaraf dan membuat wajah menjadi lebih rileks.

Sayangnya, beberapa orang belum mengerti cara menggunakan masker wajah dengan benar dan tanpa sadar melakukan berbagai kesalahan. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, berbagai kesalahan tersebut justru akan merusak wajah dan membuat kulit menjadi gatal, perih, panas hingga berjerawat.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum berbagai kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker agar bisa kalian hindari. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Memilih Masker yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit


Memilih Masker yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit
Getty Images/monzenmachi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah menggunakan masker yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Jika melakukan kesalahan ini, kulitmu bisa mengalami kerusakan parah dan masker tidak dapat berfungsi dengan optimal. Karena saat ini ada banyak masker wajah yang beredar di pasaran, pastikan untuk memilih masker dengan kandungan dan khasiat yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, sebaiknya hindari masker dengan bahan yang terlalu berat atau oil based seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan bunga mawar. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih masker dengan kandungan air lebih banyak atau acid seperti hyaluronic acid, teh hijau, lidah buaya, mentimun, bambu dan charcoal.

2. Mengaplikasikan Masker pada Wajah yang Kotor


Mengaplikasikan Masker pada Wajah yang Kotor
Getty Images/Guido Mieth

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan adalah mengaplikasikan masker pada wajah yang kotor karena dapat memicu jerawat. Untuk mencegahnya terjadi, sebaiknya cuci wajah dengan sabun pembersih sebelum menggunakan masker. Bila perlu, aplikasikan toner setelah mencuci wajah untuk memastikan kulit sudah benar-benar bersih.

Selain wajah, sebaiknya hindari mengaplikasikan dengan tangan yang kotor. Hal ini dapat membuat minyak dan bakteri yang ada di telapak tangan berpindah ke wajah. Oleh sebab itu, pastikan tanganmu benar-benar bersih sebelum mengaplikaskan masker atau gunakan kuas masker agar lebih higienis.

3. Mengoleskan Terlalu Banyak Masker pada Wajah


Mengoleskan Terlalu Banyak Masker pada Wajah
Getty Images

Sebagian orang akan berpikir bahwa semakin banyak mengaplikasikan masker, maka akan semakin optimal manfaatnya bagi wajah. Namun perlu diketahui bahwa mengoleskan terlalu banyak masker justru akan mendatangkan masalah pada kulit.

Efeknya bisa memburuk jika masker yang kamu gunakan berjenis clay atau charcoal mask. Dua jenis masker ini berguna untuk mendetoks kulit dan menyeimbangkan produksi minyak. Sehingga jika diaplikasikan terlalu banyak, minyak alami pada wajah akan terbuang dan kulitmu akan menjadi kering.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan masker secukupnya saja sesuai dengan instruksi yang dianjurkan. Biasanya kamu hanya perlu mengaplikaskan satu layer saja lalu tunggu sampai kering sebelum dibilas.

4. Terlalu Lama Menggunakan Masker Wajah


Terlalu Lama Menggunakan Masker Wajah
Getty Images/Simona Pilolla/EyeEm

Di dalam kemasan masker biasanya tertera durasi penggunaan. Namun sebagian orang sengaja menggunakan masker jauh lebih lama bahkan semalaman karena berpikir akan mendapat hasil yang lebih maksimal. Tapi perlu diketahui bahwa hal ini tidak tepat untuk dilakukan karena bisa membuat kulit menjadi dehidrasi dan bertekstur kering.

Saat kulit kehilangan keseimbangannya, pertahanannya akan menurun dan menyebabkan berbagai keluhan seperti jerawat, iritasi, bruntusan hingga kulit berminyak. Namun jika kamu sering lupa atau kebablasan, sebaiknya atur timer agar bisa membersihkan masker tepat waktu.

5. Intensitas Pemakaian yang Terlalu Sering


Intensitas Pemakaian yang Terlalu Sering
Getty Images/Anna Webber

Selain durasi penggunaan, intensitas pemakaian juga patut diperhatikan. Serupa dengan sebelumnya, tak sedikit orang yang berpikir akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika mengaplikasikan masker terlalu sering. Padahal cara ini justru akan memicu bruntusan, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit lembab dan berminyak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cukup gunakan masker 1-2 kali saja per minggu agar kulit selalu terhidrasi. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, usahakan untuk menggunakan masker sebanyak 2-3 kali seminggu. Namun bila ingin menggunakan produk sheet mask setiap hari, pastikan untuk memakai produk berjenis 7 days sheet mask.

6. Berbicara dan Menggerakkan Wajah Saat Menggunakan Masker


Berbicara dan Menggerakkan Wajah Saat Menggunakan Masker
Getty Images/Barnard Bodo

Kesalahan berikutnya saat menggunakan masker adalah terlalu sering menggerakkan wajah dan berbicara. Jika kamu menggunakan masker yang dapat memberikan hasil akhir mengeras, usahakan untuk tidak menggerakkan wajah sama sekali. Hal ini disebabkan karena setiap gerakan akan membuat masker retak, mempengaruhi elastisitas kulit memunculkan keriput. Duh, kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan?

7. Membilas Wajah dengan Air Dingin Setelah Menggunakan Masker


Membilas Wajah dengan Air Dingin Setelah Menggunakan   Masker
Getty Images/iStockphoto/torwai

Membilas wajah dengan air dingin adalah kesalahan lain yang sering dilakukan wanita setelah menggunakan masker. Hal ini dikarenakan air dingin akan membuat kita menggosok wajah dengan lebih kuat sehingga dapat menyebabkan iritasi. Sebaliknya jika membilas dengan air hangat, proses pembersihan sisa masker di wajah akan lebih mudah sehingga kamu tidak perlu menggosok dengan terlalu kencang.

Namun jika kamu menggunakan masker jenis sheet mask, usahakan untuk tidak langsung membilas wajah. Jika langsung dibilas, sisa essence di wajah akan terbuang sia-sia. Maka dari itu, sebaiknya tekan dan pijat wajah secara lembut agar sisa essence lebih teresap ke dalam kulit.

Demikian tujuh kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan masker wajah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa diterapkan untuk mencerahkan kulit wajah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru