Bisa Bikin Jerawatan! 8 Kesalahan dalam Mencuci Wajah Ini Sering Banget Disepelekan
Lifestyle

Karena mencuci wajah merupakan ritual paling sederhana dalam perawatan harian, ada banyak orang yang kerap meremehkan hal ini. Sehingga tanpa sadar mereka melakukan berbagai kesalahan yang justru berakibat buruk pada kulit wajah seperti berikut ini.

WowKeren - Mencuci muka merupakan ritual paling sederhana dalam perawatan wajah harian. Karena itu, ada banyak orang yang sering meremehkan hal ini.

Padahal, mencuci wajah dengan sembarangan berisiko besar untuk merusak kulit kita. Berbagai akibat buruk akan kita dapatkan. Mulai dari kekeringan pada kulit, iritasi, kulit berminyak hingga berjerawat.

Karena itu, mulai sekarang ada baiknya bagi kita untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak sadar telah kita lakukan saat mencuci wajah. Mau tahu kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat mencuci wajah dan bagaimana dampaknya pada kulit? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Terlalu Sering Mencuci Muka Bisa Berakibat Buruk Pada Kulit


Terlalu Sering Mencuci Muka Bisa Berakibat Buruk Pada Kulit

Banyak orang beranggapan jika mencuci muka berkali-kali dapat membuat wajah lebih bersih. Namun anggapan ini sepenuhnya salah. Pasalnya, terlalu sering mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih (sebum).

Karena itu, mulai sekarang usahakan untuk mencuci muka hanya dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Dan jika kamu beraktivitas di dalam ruangan, tidak menggunakan riasan dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat di malam hari.

Tapi bukan berarti kamu boleh bolos cuci muka ya, terutama di pagi hari. Sebab saat tidur kulit wajah akan melakukan ritual pembersihan diri, mendorong limbah dan kotoran sisa keluar melalui kelenjar keringat dan pori-pori. Sehingga di pagi hari tetap ada residu sampah yang tersisa di kulit wajah. Karena itu, usahakan untuk selalu mencuci muka dua kali sehari.

2. Sering Pilih Sabun Cuci Muka Sembarangan? Hentikan Kebiasaan Ini Sekarang Juga!


Sering Pilih Sabun Cuci Muka Sembarangan? Hentikan Kebiasaan Ini Sekarang Juga!

Apa kalian sering menggunakan produk sembarangan karena tergoda rekomendasi teman maupun iklan? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Pasalnya, kamu harus mengenali jenis kulit untuk mengetahui masalah utama yang sedang kamu hadapi, setelah itu baru pilih produk yang paling tepat untuk kulitmu.

Pembersih wajah yang bagus idealnya dapat benar-benar menghilangkan segala jenis kotoran, sisa riasan dan debu yang menempel. Dan yang terpenting, pembersih wajah yang baik tidak melucuti terlalu banyak minyak alami dan sel-sel kulit yang sehat.

Dan sebaiknya pilih pembersih wajah yang tidak terlalu ringan, yang membuatmu merasa harus mencuci muka dua kali sebelum terasa bersih. Selain itu, jangan memilih pembersih yang tidak terlalu keras yang bisa membuat wajah iritasi atau kering dan kencang setelah mencuci muka.

3. Membilas Terburu-Buru Saat Mencuci Wajah Justru Berakibat Buruk Pada Kulit


Membilas Terburu-Buru Saat Mencuci Wajah Justru Berakibat Buruk Pada Kulit

Kesalahan berikutnya yang mungkin tanpa sadar kita lakukan saat mencuci wajah adalah membilas terburu-buru. Pasalnya, kotoran dan minyak tidak akan terangkat maksimal jika kita terlalu cepat mencuci wajah.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang selalu terlihat sehat, usahakan untuk meluangkan waktu setidaknya dua menit untuk mencuci wajah. Lalu pijat secara lembut di sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

Dan jika kamu menggunakan susu pembersih, usapkan secara perlahan ke atas pada seluruh wajah dalam keadaan kering. Lakukan ritual ini setidaknya selama 10 detik agar pembersih dapat memecah minyak dan sisa riasan. Setelah itu, ambil cleanser sekali lagi dan ulangi pijatan. Tahap ini bisa membantu melarutkan segala residu yang tertinggal di tahap sebelumnya. Jika sudah selesai, bilas dengan air sampai bersih.

4. Salah Memilih Suhu Air Untuk Mencuci Wajah Bisa Berakibat Fatal Pada Kulit


Salah Memilih Suhu Air Untuk Mencuci Wajah Bisa Berakibat Fatal Pada Kulit

Kesalahan dalam mencuci wajah berikutnya adalah salah memilih suhu air. Sebagian orang terkadang menggunakan air panas untuk membilas wajah, terutama saat musim dingin tiba. Hal ini memang bisa memberikan efek menenangkan, tapi kebiasaan ini justru bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Begitupun sebaliknya, mencuci wajah dengan air yang terlalu dingin juga bisa berakibat buruk pada wajah. Pasalnya, mencuci wajah dengan air yang terlalu dingin bisa mengiritasi kulit dan menghancurkan kapiler.

Pilihan yang terbaik untuk membuat kulit tetap sehat adalah mencuci wajah menggunakan air hangat atau air suhu kamar. Kamu juga bisa menggunakan air yang bersih yang sudah disaring. Dan selalu perhatikan kebersihan air yang kamu gunakan untuk mencuci wajah ya.

5. Terlalu Sering Exfoliasi Dapat Memunculkan Berbagai Permasalahan Kulit


Terlalu Sering Exfoliasi Dapat Memunculkan Berbagai Permasalahan Kulit

Salah satu perawatan wajah yang diperlukan adalah exfoliasi atau pengelupasan kulit. Perawatan ini perlu dilakukan secara teratur hingga 1 sampai 3 kali seminggu secara wajar.

Sebab jika dilakukan secara berlebihan dan terlalu sering, exfoliasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, meradang bahkan infeksi. Dan semua ini akan merusak kemampuan kulit dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mengelupas wajah dengan baik, gunakan jari tangan kamu untuk mengaplikasikan krim exfoliator, alih-alih menggunakan handuk yang lembab. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit agar tidak tertarik atau tergores. Dan untuk hasil terbaik, lakukan pemijatan dengan pola melingkar lembut mulai dari leher dan bergerak ke atas secara perlahan.

6. Kebiasaan Menggosok Yang Buruk Saat Mencuci Muka Bisa Mengancam Kulit Wajah


Kebiasaan Menggosok Yang Buruk Saat Mencuci Muka Bisa Mengancam Kulit Wajah

Selalu berhati-hati saat mengaplikasikan pembersih, masker atau axfoliant sangatlah penting, bagaimanapun jenis kulit kita. Karena itu, usahakan untuk selalu menggosok kulit wajah dengan lembut saat mencuci muka.

Jangan menggosok terlalu kencang, karena kulit akan tertarik. Sebab hal ini dapat mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk wajah secara lembut dengan menggunakan tangan.

7. Mengeringkan Wajah Dengan Handuk Bisa Menyebabkan Iritasi Dan Kekeringan


Mengeringkan Wajah Dengan Handuk Bisa Menyebabkan Iritasi Dan Kekeringan

Apa kamu sering mengeringkan wajah menggunakan handuk dan menggosoknya dengan kencang setelah mencuci muka? Jika iya, hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Sebab gesekan konstan dan abrasi dapat mengikis minyak alami pada wajah dan bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit wajah.

Tidak hanya itu, sebab penarikan yang konstan pada kulit karena menggosok juga bisa menyebabkan kulit menjadi kendur. Sehingga, lebih baik keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk dengan tangan dan jangan digosok.

8. Tidak Memakai Pelembab Setelah Mencuci Wajah Bisa Membuat Kulit Terasa Lengket dan Berminyak


Tidak Memakai Pelembab Setelah Mencuci Wajah Bisa Membuat Kulit Terasa Lengket dan Berminyak

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan adalah tidak menggunakan pelembab secara langsung setelah mencuci wajah. Padahal, pelembab akan menyegel kelembapan alami kulit dan bertindak sebagai penangkal racun, radikal bebas dan partikel asing yang berbahaya bagi kulit.

Karena itu, oleskan pelembab segera setelah mencuci muka saat wajah masih terasa lembab dan lakukan pijatan dengan lembut. Untuk menghindari agar kulit tidak tertarik, lakukan pijatan dengan gerakan ke atas.

Demikian delapan kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah. Bagi kalian yang ingin mengetahui manfaat baby oil untuk kecantikan, simak artikelnya di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui manfaat ketumbar bagi kecantikan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru