Dukung Pengesahan RUU PKS, Bintang Emon Sindir Norak Cowok yang Hobi Goda Perempuan
Instagram
Selebriti

Bintang Emon adalah salah satu selebriti pria yang mendukung penuh pengesahan RUU PKS. Menurutnya, pengesahan RUU PKS ini sebagai satu bentuk perlindungan terhadap perempuan.

WowKeren - Komika Bintang Emon memberikan suaranya terkait pelecehan seksual yang masih marak terjadi di Indonesia. Ia juga menyatakan dukungannya agar Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) segera disahkan.

Menurut Bintang Emon, pengesahan RUU PKS ini sama halnya dengan salah satu cara untuk melindungi para perempuan dari aksi pelecehan seksual. "Saya merasa RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sejalan untuk melindungi para perempuan yang ingin saya jaga," kata Bintang dalam jumpa pers virtual, dilansir dari Suara.com, Jumat (6/11).

Kedekatan dengan teman dan saudara perempuan membuat Bintang amat menyadari betapa pentingnya pengesahan RUU PKS ini. Ia khawatir karena tidak bisa menjaga mereka selama 24 jam penuh.

"Banyak (teman atau saudara) perempuan yang saya ga bisa jaga 24 jam. Ketika dengar RUU PKS saya merasa sejalan dengan ini hal yang dibutuhkan dengan saudara-saudara perempuan saya ini," ucap Bintang Emon.

Bintang mengaku sering berlawanan arus dengan teman-temannya, termasuk dalam hal menggoda perempuan dalam bentuk catcalling, seperti memanggil-manggil dengan nada menggoda atau bersiul. Catcalling pada dasarnya adalah bentuk pelecehan secara verbal kepada perempuan.


Menanggapi hal ini, Bintang bahkan dengan tegas mengatakan jika tindakan tersebut adalah hal norak. Ia sadar betul jika tindakan tersebut sangat mengganggu bagi para perempuan.

"Saya merasa itu hal yang norak. Ada cara lain untuk mencari perhatian perempuan," tutunya. "Apalagi saudara-saudara perempuan saya juga bilang hal itu mengganggu."

Bintang menyadari hal tersebut terjadi karena nilai dan ajaran patriarki yang tertanam di masyarakat Indonesia sejak lama. Sehingga, masih banyak yang tak menyadari telah melakukan pelecehan seksual bahkan bisa menjadi korban pelecehan seksual.

Menurut Bintang, selama ini ia memang lebih banyak memilih untuk diam. Dengan pemahamannya yang mulai meningkat, ia menyatakan akan mulai melakukan edukasi publik tentang kekerasan seksual melalui muatan-muatan yang biasa ia buat.

"Ini sekaligus menjadi pembuktian bagi milenial untuk berkontribusi kepada negara. Kami, generasi milenial, adalah bagian dari bangsa Indonesia. Hanya dari usia saja kami masih muda, masih baru," pungkasnya. "Namun, kami tetap punya hak untuk menyuarakan hal-hal yang tidak sesuai."

Selain Bintang Emon, ada pula beberapa publik figur yang mendukung pengesahan RUU PKS ini. Sebut saja Cinta Laura, Hannah Al Rasyid, dan Dian Sastro.

(wk/lara)


You can share this post!


Related Posts