7 Tips Merawat Celana Jeans Agar Tetap Kelihatan Seperti Baru Meski Sudah Bertahun-tahun
Unsplash/Milada Vigerova
SerbaSerbi

Karena terkesan kuat dan awet, banyak orang yang asal memperlakukan celana jeans. Padahal jika dirawat dengan baik, celana jeans masih tetap kuat dan terlihat baru meski sudah bertahun-tahun loh.

WowKeren - Celana jeans mungkin menjadi salah satu fashion item yang wajib banget ada di lemari kalian. Celana satu ini menjadi favorit banyak orang karena fleksibel dipadukan dengan busana apa saja. Enggak hanya itu, bahannya yang cukup tebal membuat celana ini awet digunakan hingga bertahun-tahun loh.

Bukan tanpa alasan, celana jeans dulunya digunakan untuk pekerja tambang. Selain itu, celana satu ini juga fleksibel digunakan oleh semua jenis kelamin. Baik pria maupun wanita menggemari salah satu jenis celana ini.

Namun karena terkesan kuat dan awet, banyak orang yang asal memperlakukan celana satu ini. Padahal jika dirawat dengan baik, celana jeans masih tetap kuat dan terlihat baru meski sudah bertahun-tahun loh. Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips merawat jeans agar tetap awet. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Jangan Sering Dicuci


Jangan Sering Dicuci
YouTube/heddels

Seorang juru bicara dari perusahaan jeans ternama, Levi’s di Inggris mengungkapkan bahwa celana jeans tidak perlu sering dicuci. Disarankan hanya sebulan sekali saja mencucinya supaya tetap terlihat bagus. Memang pada awalnya jeans diciptakan untuk para buruh dan penambang di Amerika. Jadi bahan jeans sengaja didesain untuk tidak cepat rusak.

Jadi, menurut Levi’s jeans akan lebih baik ketika jarang dicuci. Walaupun disarankan untuk jarang mencucinya, bukan berarti jika jeans terkena noda makanan, kalian membiarkannya. Kalian tetap harus mencuci di bagian yang terkena noda makanan.

2. Balik Celana Jeans Saat Mencucinya


Balik Celana Jeans Saat Mencucinya
Twitter/loisindonesia

Jika kamu ingin celana jeans kalian awet, maka sempatkanlah beberapa menit untuk mencucinya dengan tangan. Namun kalian juga harus berhati-hati saat melakukannya. Pastikan kamu mencucinya secara terpisah dengan pakaian lain agar warna dari celana jeans tidak melunturi pakaian tersebut.

Selain itu kalian juga disarankan untuk untuk membalikkan bagian dalam celana jeans saat mencucinya. Walaupun jeans memiliki bahan yang kuat, kalian harus tetap telaten saat mencucinya. Anda harus memilih deterjen yang pas. Gunakan deterjen ringan dan tanpa pemutih agar menghindarkan kerusakan pada jeans.

3. Jangan Dijemur Di Bawah Matahari Langsung


Jangan Dijemur Di Bawah Matahari Langsung
Unsplash/Ricardo Gomez Angel

Menjemur langsung di bawah sinar matahari hanya akan membuat celana jeans kamu jadi pudar dan teksturnya pun menjadi kasar. Cukup gantung celana jeans di teras atau balkon rumah kamu lalu jangan lupa untuk membalikkannya. Ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada bagian luarnya.

Waktu terbaik untuk mengerikan jeans setelah mencucinya adalah pada waktu pagi hari. Karena, sinar UV pagi hari enggak terlalu terik dan hangat. Alternatif lain, Kamu juga bisa mengeringkannya hanya dengan mengangin-anginkannya saja di dalam ruangan. Jangan lupa untuk membalikkan celana jeans-mu dan lakukan proses menjemur sekali lagi.

4. Hindari Terlalu Sering Menyetrika Jeans


Hindari Terlalu Sering Menyetrika Jeans
Pixabay

Sebenarnya tidak perlu sering-sering menyetrika jeans, kecuali terlihat sangat kusut. Panas yang berlebihan bisa membuat warna jeans cepat pudar. Jika tetap ingin melakukannya karena kusut, maka cara merawat jeans selanjutnya adalah dengan menyetrika dalam kondisi celana terbalik bagian dalam dan luarnya.

Mulai denga menyetrika kantong terlebih dahulu, lalu bagian pinggang, dilanjutkan dengan bagian kaki dan hem. Tekan setiap bagian selama beberapa detik lalu gosokkan dengan gerakan perlahan sampai licin dan rapi. Dengan begitu, warna jeans tak akan pudar dan kainnya tak akan kasar.

5. Usahakan Menggantung Jeans Saat Disimpan


Usahakan Menggantung Jeans Saat Disimpan
Shutterstock/Mariakray

Hindari melipat celana jeans-mu saat disimpan. Hal ini dikarenakan material denim pada celana jeans sangat tebal, sehingga akan cepat lembab ketika disimpan secara terlipat. Selain itu, menyimpan jeans dengan cara dilipat selain bisa mengubah bentuk aslinya, juga akan terbentuk garis-garis putih yang tak diinginkan pada jeans.

Cara terbaik menyimpan celana jeans setelah dicuci atau setelah dipakai adalah dengan menggantungnya. Gunakan penggantung pakaian agar bentuk celana jeans aslinya terjaga dan terhindar dari bekas lipatan. Setelah dicuci dan disetrika, simpan jeans memakai hanger khusus celana.

6. Rendam Di Larutan Cuka Agar Warna Lebih Tajam


Rendam Di Larutan Cuka Agar Warna Lebih Tajam
/Chelsea Kyle

Merendam celana jeans dengan detergen dianggap sebagai cara yang tepat untuk membersihkan celana dari noda-noda membandel. Hal ini membuat warna jeans tetap cemerlang. Namun anggapan tersebut rupanya salah.

Penggunaan detergen saat merendam, rupanya hanya akan membuat celana jeans kehilangan warna aslinya. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan larutan air dan cuka atau garam saat merendam celana jeans. Kalian hanya perlu merendamnya selama 30 menit hingga satu jam sebelum membilasnya dengan air bersih.

7. Simpan Jeans Di Freezer Untuk Bunuh Bakteri


Simpan Jeans Di Freezer Untuk Bunuh Bakteri
/Jeff Marini

Siapa sangka mendinginkan celana jeans ke dalam lemari es (pada bagian freezer) dapat membuat celana jeans kamu awet, anti-robek, dan lambat melar. Teknik ini mampu membunuh bakteri-bakteri yang hinggap pada material jeans.

Suhu dingin pada lemari es dapat dengan nggak memungkinkan bakteri hidup lama. Hal ini otomatis juga akan membuat celana jeans kalian tidak bau. Agar celana jeans tidak bersinggungan dengan makanan di dalam kulkas, bungkuslah dengan tas berbahan kain. Jangan yang berbahan plastik, agar suhu dingin dapat langsung diserap celana jeans dan sirkulasi terjaga.

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa jenis jeans yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips merawat jaket kulit agar tetap berkualitas dan tahan lama.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru