Fans Serukan Petisi Minta Nama Bandara di Edinburgh Diganti Jadi 'Sean Connery'
Selebriti

Dalam petisi itu, para penggemar bahkan turut membawa nama John Lennon yang diabadikan sebagai nama bandara di Liverpool, serta bandara George Best yang berlokasi di Belfast.

WowKeren - Kepergian mendiang aktor Sean Connery rupanya masih meninggalkan duka mendalam bagi para penggemarnya. Terbukti, Sejumlah penggemar Connery menyerukan petisi untuk mengubah nama bandara Edinburgh menjadi nama sang aktor, guna mengenang pemeran James Bond tersebut.

Hingga saat ini, sekitar 2.500 penggemar sudah menandatangani petisi tersebut. Dalam petisi yang diunggah secara online itu, para penggemar bahkan turut membawa nama John Lennon yang diabadikan sebagai nama bandara di Liverpool, Inggris. Ada pula bandara George Best yang berlokasi di Belfast.

Oleh karena itu, mereka ingin Sean Connery juga mendapatkan kehormatan serupa. Apalagi mengingat bahwa Connery adalah salah satu aktor terbesar di dunia.

"Liverpool punya bandara John Lennon. Belfast punya bandara George Best dan dengan kematian putra paling terkenalnya, Edinburgh harus punya bandara Sir Sean Connery," demikian kutipan dalam petisi itu.

Petisi ini muncul tak lama setelah Connery meninggal dunia pada akhir Oktober lalu, usai perjuangan panjang melawan demensia yang ia derita. Namun, hingga kini belum ada keterangan apapun dari pemerintah Edinburgh untuk menanggapi petisi ini.

Di sisi lain, Sean Connery merupakan aktor pertama yang memerankan karakter mata-mata ikonik James Bond. Sepanjang kariernya, aktor kelahiran 1930 ini telah memerankan karakter dengan code name 007 tersebut di tujuh film dalam rentang waktu 1962 sampai 1983, yang semuanya menuai sukses besar di pasaran.


Connery pun tercatat tampil di tujuh film thriller mata-mata di antaranya "Dr. No", "From Russia with Love", hingga "Goldfinger". Setelah ia pensiun, karakter James Bond kemudian dilanjutkan oleh aktor lain seperti Roger Moore, Pierce Brosnan, hingga Daniel Craig.

Aktor kelahiran Skotlandia ini menjadi salah satu bintang film internasional paling populer pada masanya. Selain meraih beragam piala penghargaan bergengsi termasuk Oscar berkat kemampuan aktingnya, Connery juga dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2000 silam.

Connery disebut sebagai aktor favorit penonton selama lebih dari 40 tahun dan juga didapuk sebagai salah satu pria terkemuka di layar yang paling andal dan unik. Connery pun tercatat memerankan ragam film yang laris di pasaran.

Terlepas dari hal tersebut, proses pemakaman Sean Connery sendiri dilakukan secara tertutup dan hanya dihadiri oleh pihak keluarga. Disebutkan pula bahwa jasad Connery telah dikremasi dan abunya akan ditabur di Skotlandia, sesuai dengan permintaan terakhir pemeran James Bond pertama tersebut.

"Kami akan membawa Sean kembali ke Skotlandia. Itu adalah permintaan terakhirnya. Dia ingin abunya ditabur di Bahamas dan juga di kampung halamannya," ujar istri Connery, Micheline Roquebrune, seperti dilansir dari NME.

Roquebrune kemudian mengatakan bahwa mereka akan langsung terbang ke Skotlandia setelah situasi memungkinkan di tengah pandemi Covid-19. "Kami ingin mengadakan kebaktian untuk mengenang dia di Skotlandia. Itu harapan kami. Namun, kami belum bisa memastikan kapan itu akan terwujud," lanjut Roquebrune.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru