Bukan Putri Diana atau Camilla, Ternyata Inilah Wanita Pertama yang Dilamar oleh Pangeran Charles
Getty Images
Selebriti

Hal ini terungkap dalam buku biografi karya Robert Lacey, 'Battle of Brothers: William and Harry – The Inside Story of a Family in Tumult'. Dalam buku itu, dijelaskan bahwa Lord Mountbatten ingin menjodohkan Charles dengan cucunya.

WowKeren - Selama ini kisah cinta Prince of Wales , Pangeran Charles, selalu dihubungkan dengan Putri Diana maupun Camilla. Namun, siapa sangka bahwa wanita pertama yang dilamar oleh Charles bukanlah Diana atau pun Camilla.

Dilansir dari Marie Claire, Charles diketahui tak tertarik pada Diana sejak awal pertemuan mereka, maupun setelah keduanya bertunangan hingga menikah. Prince of Wales tersebut sempat mengakui bahwa ia terpaksa menikahi Diana atas tuntutan keluarga Kerajaan, terutama sang ayah Pangeran Philip.

Namun, sebelum Philip menilai bahwa Diana adalah pasangan yang tepat untuk Charles, rupanya ada seorang wanita lain yang lebih dulu dijodohkan dengan sang Prince of Wales. Adalah Amanda Knatchbull, yang tak lain merupakan kerabat jauh keluarga Kerajaan, yang awalnya dinilai bakal menjadi calon potensial untuk Charles.

Hal ini terungkap dalam buku biografi karya Robert Lacey, "Battle of Brothers: William and Harry – The Inside Story of a Family in Tumult". Dalam buku itu, dijelaskan bahwa kakek jauh Charles, Lord Mountbatten alias "Uncle Dickie", meminta putra sulung Ratu Elizabeth II itu untuk menikahi Amanda.

Menurut keterangan Lacey dalam bukunya, Charles rupanya cukup tertarik pada sosok Amanda. Sampai pada suatu ketika, Charles melamar kerabat jauhnya tersebut, yang rupanya berbuah penolakan.

"Selama bertahun-tahun dua saudara sepupu (Charles dan Amanda) tumbuh bersama, mengembangkan rasa saling menghormati dan persahabatan yang telah berlangsung hingga saat ini. Tetapi ketika pangeran akhirnya melamarnya pada musim panas 1979 -tak lama sebelum pembunuhan Lord Mountbatten- Amanda dengan sopan menolaknya," papar Lacey dalam bukunya.

Robet Lacey pun menyebut bahwa faktor utama yang menyebabkan Amanda menolak pinangan Charles adalah rasa takut akan kehilangan kebebasan. Sebagaimana diketahui, menjadi istri dari Pangeran Charles sudah tentu membuat Amanda akan terikat pada sistem monarki Kerajaan Inggris.


"'Penyerahan diri pada suatu sistem' sangat mutlak ketika bergabung dengan keluarga kerajaan, hal itu melibatkan hilangnya kemerdekaan (kebebasan) jauh lebih besar," tulis Lacey.

Amanda Knatchbull dan Pangeran Charles

Source: Getty Images

Penolakan tersebut lantas membuat Charles sadar bahwa menikah dengan keluarga utama Kerajaan adalah suatu hal yang tidak diharapkan oleh siapapun.

Kemudian ketika Charles mulai dekat dengan Diana, yang masih memiliki darah bangsawan, Pangeran Philip pun mulai mendesak sang putra untuk segera mengajukan pinangan. Charles yang merasa tertekan atas permintaan sang ayah pun terpaksa menikahi Diana.

"Dia (Charles) bercerita pada teman-temannya bahwa dia merasa begitu terpaksa menikahi Diana karena Philip mengatakan, 'Kau lebih baik menikahinya (Diana) atau membiarkan dia pergi. Kau tidak boleh menggantungkan seorang gadis seperti ini. Dia masih berusia 19 tahun, kau tidak bisa menggantungkannya,'" papar penulis Ingrid Steward dalam buku biografi "Prince Philip Revealed: A Man of His Century".

"Dan (saat itu) semua media mengatakan, 'Oh, dia (Diana) akan menjadi Ratu selanjutnya'. Jadi kau harus mengambil keputusan untuk berdiri tegak dan mengatakan kalau ini (hubungan dengan Diana) tak akan berhasil, atau menikahinya," lanjut Steward.

Di balik semua tekanan tersebut, pada akhirnya Charles pun memilih untuk menikahi Diana. "Charles, dia takut pada ayahnya dan mungkin saat itu dia berpikir, 'Ya, ok. Aku akan menikahinya jika itu yang ayah inginkan,'" imbuh Ingrid Steward lagi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait