Israel Bakal Kirim Vaksin COVID-19 untuk Palestina
Dunia

Sekitar tiga sampai empat juta dosis vaksin Covid-19 akan diberikan kepada warga Palestina. Pemberian vaksin itu merupakan bagian dari kesepakatan yang telah dicapai Israel dan Palestina.

WowKeren - Seorang pejabat senior Palestina mengklaim pemerintah Israel sepakat memberikan jutaan dosis vaksin virus corona (Covid-19) dalam beberapa bulan ke depan.

Dilansir dari CNN, surat kabar Israel melaporkan sekitar tiga sampai empat juta dosis vaksin Covid-19 diharapkan bisa diberikan kepada para pekerja Palestina dalam waktu dekat. Pemberian vaksin itu merupakan bagian dari kesepakatan yang telah dicapai Israel dengan beberapa perusahaan farmasi Palestina.

Seorang pejabat senior Kementerian Kesehatan Palestina menuturkan Israel setuju menyisihkan beberapa persen vaksin yang didapatnya dari perusahaan obat untuk warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Israel selama ini telah berdialog dengan perusahaan farmasi terkemuka untuk mengembangkan vaksin Covid-19 seperti Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca. Pemerintahan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, juga diketahui telah memesan sedikitnya enam juta vaksin sejauh ini.


Selain dari Israel, Palestina juga akan menerima bantuan vaksin corona dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya. Meski begitu, disebutkan bahwa Palestina masih kekurangan beberapa juta vaksin yang dibutuhkan untuk seluruh penduduknya, terutama di Jalur Gaza.

Sebagai informasi tambahan, awal November ini raksasa farmasi Pfizer mengumumkan telah mengembangkan vaksin corona dengan tingkat efektivitas hingga 95 persen, setelah uji coba fase III dilakukan terhadap ribuan sukarelawan. Baru-baru ini, kompetitor Pfizer, Moderna, memaparkan telah mengembangkan vaksin corona juga dengan tingkat efektivitas mencapai 94,5 persen.

Sementara itu, Palestina telah mencatatkan sebanyak 71,644 kasus Covid-19 sejauh ini, dengan 636 kematian yang dikonfirmasi. Sejauh ini, ada sebanyak lebih dari 59 ribu pasien yang dikonfirmasi sembuh, sehingga Palestina masih memiliki sebanyak 11,987 kasus aktif yang terus ditangani.

Sedangkan secara global, Covid-19 telah menginfeksi 59 juta panduduk dunia, dengan kematian menyentuh angka lebih dari 1,3 juta jiwa. Sebanyak 40,792,360 pasien dinyatakan sembuh dan masih ada sebanyak 16,840,730 kasus aktif yang ditangani.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts