Joe Biden Menang di Pilpres AS, Presiden Rusia Vladimir Putin Ungkap Alasan Tak Mau Beri Selamat
Dunia
Pilpres AS 2020

Vladimir Putin mengatakan bahwa dia siap untuk bekerja dengan pemimpin Amerika Serikat mana pun, tetapi masih belum mengakui kemenangan Presiden AS terpilih, Joe Biden.

WowKeren - Sejumlah pemimpin negara di dunia telah memberikan selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris dalam pilpres AS. Kendati demikian, ada pula beberapa pemimpin dunia yang hingga kini masih bungkam perihal kemenangan kandidat dari Partai Demokrat tersebut.

Salah satunya adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pada 2016, Kremlin memberi selamat kepada Donald Trump beberapa jam setelah pemenang pilpres diketahui. Tapi di pilpres tahun ini, Putin belum menyampaikan pesan serupa kepada Biden.

Terkait hal ini, Putin mengatakan bahwa dia siap untuk bekerja dengan pemimpin Amerika Serikat mana pun, tetapi masih belum siap untuk mengakui kemenangan Presiden AS terpilih, Joe Biden. Putin mengatakan bahwa ia masih akan menunggu pengumuman resmi hasil pilpres AS.

"Kami akan bekerja dengan siapa saja yang memiliki kepercayaan rakyat Amerika. Tapi, kepercayaan itu hanya bisa diberikan kepada calon yang kemenangannya diakui pihak lawan atau setelah hasilnya dipastikan secara sah," kata Putin dalam pernyataannya.


Komentar tersebut adalah yang paling mendetail diungkapkan Putin sejak pemilu AS dimulai. Putin sendiri adalah salah satu dari beberapa pemimpin yang belum mengakui Biden sebagai kepala negara AS berikutnya.

Putin menggambarkan keputusannya untuk tidak memberi selamat kepada Biden sebagai formalitas tanpa motif tersembunyi. Ketika ditanya apakah langkah itu dapat merusak hubungan AS-Rusia, dia berkata. "Tidak ada yang dirugikan, mereka (AS) sudah hancur."

Terlepas dari hal tersebut, pasangan capres-cawapres Biden-Harris berhasil meraih posisi presiden-wakil presiden setelah melewati perolehan 270 suara elektoral. Sedangkan rivalnya, Trump-Pence, meraih 214 suara elektoral. Dalam pernyataan resminya, Biden mengungkapkan rasa bangga akan kepercayaan rakyat AS padanya dan Kamala Harris untuk mengampu masa jabatan berikutnya.

Para pemimpin dunia, termasuk sekutu AS telah memberi selamat kepada Joe Biden yang unggul dalam Pilpres AS. Mereka antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Irlandia Micheál Martin, Kanselir Jerman Angela Merkel, hingga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts