Sering Disepelekan, 7 Tips Ini Bantu Aroma Parfum Tahan Lama Dan Wangi Seharian
Reuters/Ake
Lifestyle

Parfum dapat menjaga tubuh tetap wangi sehingga kepercayaan diri seseorang pun akan meningkat. Namun beberapa parfum hanya bertahan beberapa jam saja sampai aroma wanginya habis dan menghilang.

WowKeren - Aktivitas yang padat tentu saja dapat membuat keluarnya keringat berlebih, sehingga timbul bau badan. Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan penggunaan parfum. Cairan pengharum tubuh tersebut umumnya disemprotkan pada pergelangan tangan, leher, dan di sekitar baju agar awet.

Parfum dapat menjaga tubuh tetap wangi sehingga kepercayaan diri seseorang pun akan meningkat. Namun banyak parfum yang tak bisa menjaga tubuh terus wangi. Beberapa parfum hanya bertahan beberapa jam saja sampai aroma wanginya habis dan menghilang.

Tak hanya karena jenis parfum saja, cara penggunaan parfum juga bisa membuat aromanya tak bisa keluar dengan sempurna loh. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips yang bisa kalian lakukan agar parfum tetap wangi dan tahan lama sepanjang hari. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pakai Sesudah Mandi


Pakai Sesudah Mandi

Sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, kalian tentu saja mandi terlebih dahulu kan? Nah sehabis mandi adalah waktu yang paling tepat untuk kalian menyemprotkan parfum. Dengan mandi terlebih dahulu. pori-pori kulit akan terbuka lebar sehingga mudah menyerap cairan parfum yang telah kalian semprot.

Tanpa kontaminasi keringat berlebih, parfum akan lebih meresap sempurna ketika habis mandi. Selain segar, menyemprotkan parfum pertama setelah mandi juga menimbulkan wewangian yang berbeda. Selain itu, resiko iritasi juga akan lebih kecil karena parfum disemprotkan dalam keadaan kulit bersih dan tak terkontaminasi kotoran maupun kuman.

2. Awali Dengan Pakai Body Lotion


Awali Dengan Pakai Body Lotion
Rawpixel/Ake

Seperti yang diungkap sebelumnya, setelah kamu mandi, pori-pori kulit akan terbuka dan lebih mudah menyerap produk bodycare ataupun skincare. Pelembap atau body lotion dapat mempersiapkan kulit jadi lebih lembap dan mudah menyerap parfum.

Perlu diketahui bahwa parfum lebih bertahan lama di kulit yang lembap. Namun, agar baunya tidak bertabrakan, kenakan body lotion dengan harum yang netral atau fragrance-free. Body lotion ini juga akan menangkap parfum dan membuat wanginya menempel lebih lama di kulit kalian.

3. Semprotkan Parfum Di titik Yang Tepat


Semprotkan Parfum Di titik Yang Tepat
Shutterstock/New Africa

Kalian yang sering menggunakan parfum pasti sudah tahu jika ada titik-titik tertentu yang bisa membuat parfum lebih tahan lama. Hal ini benar adanya loh. Salah satu titik yang paling sering diketahui adalah nadi di pergelangan tangan. Menyemprotkan parfum ke titik nadi berguna untuk membuat parfum bereaksi dengan panas yang ada di tubuh.

Selain itu, menyemprotka parfum di pergelangan tangan, leher, sudut dalam siku, dan belakang lutut juga mampu membuat aroma dari parfum bisa bertahan lama. Hal ini karena area-area tubuh itu merupakan bagian tubuh yang suhunya lebih hangat dibandingkan dengan area lainnya. Jadi, parfum akan menempel lebih lama pada titik hangat di tubuh tersebut.

4. Perhatikan Jarak Semprotan


Perhatikan Jarak Semprotan
Getty Images

Saat hendak menggunakan parfum, perhatikan pula jarah semprotannya. Jarak ideal untuk menyemprotkan parfum adalah 15-25 cm. Dari jarak 15-25 cm, penyebaran parfum pun menjadi lebih luas dan merata ketimbang menyemprotkannya dari jarak super-dekat.

Hasil dari menerapkan tips menggunakan parfum ini, wanginya dijamin lebih tahan lama, terasa ringan, juga menyegarkan. Selain itu, wangi parfum juga akan terasa lebih light. Kalian juga bisa mencoba layering parfum. Layering parfum di sini maksudnya adalah dengan menyemprotkan parfum lebih dari sekali sehari.

5. Jangan Semprotkan Parfum Ke Udara


Jangan Semprotkan Parfum Ke Udara
/Chandler Bondurant

Beberapa orang menyemprot parfum ke udara kemudian berjalan melaluinya, karena dipercaya aroma tersebut akan bertahan lebih lama. Itu hanya mitos. Ini hanya akan membuat kalian membuang parfum dan wanginya akan cepat menguap. Menyemprotkan parfum ke kulit adalah yang paling tepat untuk membuat wanginya tahan lama.

Selain itu hindari juga menyemprotkan parfum ke pakaian. Kulit tubuh lebih baik dalam menyerap wangi parfum, dibandingkan bahan pakaian. Terlebih lagi, parfum yang kamu semprotkan ke pakaian bisa mengakibatkan bercampur dengan bau keringat.

6. Simpan Parfum Di Tempat Yang Benar


Simpan Parfum Di Tempat Yang Benar

Cara kalian menyimpan parfum juga berpengaruh pada kualitas parfum loh. Suhu panas, cahaya matahari, dan kelembapan akan mengurangi kualitas parfum sehingga parfum yang kalian miliki tidak akan bertahan lama.

Jangan menyimpan parfum di tempat yang lembab seperti kamar mandi dan jangan meletakkannya di dekat jendela karena akan terkena paparan panas matahari secara langsung. Simpan dalam suhu ruang yang jauh dari area-area yang telah disebutkan sebelumnya.

7. Pahami Jenis-jenis Parfum


Pahami Jenis-jenis Parfum
Rawpixel/Ake

Banyak orang yang masih belum tahu bahwa parfum memiliki berbagai jenis dengan daya tahan dan konsentrasi yang berbeda-beda. Jenis parfum yang dimaksud adalah seperti Extrait de Perfume, Eau de Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne, dan Splash Cologne.

Jika kalian ingin parfum dengan konsentrasi aroma yang lebih intens, cobalah gunakan jenis Eau de Parfum ketimbang Eau de Toilette atau Eau de Cologne. Kabarnya, parfum dari jenis ini mampu bertahan hingga satu atau dua hari loh.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui tips membuat tubuh tetap wangi dan segar sepanjang hari. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips membuat rambut berwarna awet dan sehat.

You can share this post!

Related Posts