Tak Lagi Efektif Tangkal Virus, Ini 7 Tanda Masker Kain Perlu Diganti
SerbaSerbi

Masker kain menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menangkal virus Corona. Kendati demikian, masker tersebut bisa kehilangan keefektifannya sehingga perlu segera diganti. Penasaran apa saja tanda-tandanya?

WowKeren - Di tengah pandemi seperti saat ini, masker kain menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menangkal virus Corona. Penggunaan masker kain sendiri disarankan oleh WHO dan pemerintah setelah ketersediaan masker medis menipis dan harganya melambung tinggi di masa-masa awal pandemi ini merebak.

Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan di Marine Pollution Bulletin, masker kain menjadi solusi ramah lingkungan jika dibandingkan dengan masker medis. Hal ini dikarenakan masker medis sekali pakai berisiko menjadi sumber polusi mikroplastik yang dapat mengancam kesehatan lingkungan serta biota laut di perairan.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa membuat masker kain kehilangan keefektifannya alias tak mampu lagi menangkal virus. Jika tak menyadarinya dan terus digunakan, Anda berisiko terjangkiti virus, kuman dan bakteri saat beraktivitas di luar. Anda pasti tak mau hal itu sampai terjadi bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya simak beberapa tanda masker kain perlu diganti dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Warna Masker Memudar


Warna Masker Memudar

Tanda pertama yang patut Anda perhatikan berkaitan dengan warna masker kain. Jika terlalu sering digunakan, masker akan terkena sinar matahari dan udara luar. Akibatnya, bahan masker akan berubah dan warnanya dapat memudar secara perlahan.

Selain itu, warna masker yang memudar juga disebabkan karena terlalu sering dicuci. Jika sudah demikian, serat dari masker akan semakin meregang sehingga virus dan bakteri penyakit akan mudah menembusnya. Dalam kondisi ini, Anda harus secepatnya mengganti masker tersebut dengan yang baru karena sudah tidak layak pakai.

2. Tali Mulai Kendur


Tali Mulai Kendur

Terkadang ada beberapa kondisi yang membuat tali masker mengendur meski bahannya terlihat baik-baik saja. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan yang sudah terlalu sering atau bahan dari tali masker yang kurang berkualitas.

Jika tali masker sudah mulai kendur, pastikan untuk segera menyingkirkannya karena masker tersebut sudah tidak bisa dipakai dengan baik. Ingat, masker yang kendur tak lagi efektif menangkal virus dan debu, sehingga partikel tersebut akan masuk dengan mudah.

3. Sudah Dicuci Lebih dari 30 Kali


Sudah Dicuci Lebih dari 30 Kali

Dilansir dari AsiaOne, keefektifan masker kain akan terjaga dan mampu menangkal virus sampai pencucian ke-30. Setelah itu, segera buang masker tersebut karena sudah tidak efektif untuk melindungi Anda dari virus, kuman, debu maupun bakteri penyakit.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui bahwa masker tersebut sudah dicuci hingga 30 kali? Tak perlu bingung, sebab Anda bisa membuat pengingat di tempat yang selalu terlihat. Letakkan catatan kecil di sebelah tempat cucian dan tulis garis hitung setiap kali Anda selesai mencuci masker. Dengan begitu, Anda akan tahu dengan mudah jika sudah mencapai kali ke-30.

4. Masker Tidak Dicuci dengan Benar


Masker Tidak Dicuci dengan Benar

Agar kualitas dan keefektifan masker tetap terjaga, penting untuk mencucinya dengan benar. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa tidak semua masker dapat dicuci dengan cara yang sama. Sebab ada beberapa jenis bahan yang sebaiknya dicuci dengan tangan, ada pula yang harus dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Sedangkan jika Anda memilih untuk mencuci masker dengan mesin cuci, usahakan untuk meletakkannya ke dalam tas mesh yang berguna untuk mencegah kerusakan pada bagian tali dan bahan masker.

Selain itu, usahakan untuk mencuci masker dengan air panas dengan suhu tinggi sekitar 50-60 derajat Celcius. Cara ini penting dilakukan agar virus dan kuman yang menempel di permukaan masker dapat terbunuh dengan lebih mudah. Setelah itu, bilas di bawah air mengalir, keringkan dan akhiri dengan disetrika.

5. Masker Sudah Tidak Pas Saat Digunakan


Masker Sudah Tidak Pas Saat Digunakan

Tanda lain yang ditunjukkan masker kain ketika sudah tidak layak pakai adalah tidak pas saat digunakan. Ketika pertama kali digunakan, masker biasanya akan terasa pas dan dapat menutupi bagian hidung, pipi dan dagu dengan baik. Namun seiring dengan berjalannya waktu, masker tersebut tak lagi pas saat digunakan.

Dari luar mungkin tidak terlihat kendur, namun Anda akan merasa janggal saat menggunakannya karena masker sudah mulai longgar. Jika sudah demikian, pastikan untuk mengganti masker tersebut dengan yang baru. Sebab masker yang sudah tidak pas saat digunakan dapat membuka jalan bagi virus, debu, kuman dan bakteri penyakit untuk masuk. Anda pasti tak mau sampai terinfeksi kan?

6. Kain Sudah Terlalu Tipis


Kain Sudah Terlalu Tipis

Bahan masker dapat menipis setelah dicuci berulang-ulang kali. Jika sudah demikian, artinya masker tersebut harus diganti karena sudah lemah dalam menghalangi penularan virus Corona. Namun bila masker kain Anda memang sudah tipis sejak awal dan terdiri dari satu lapisan kain saja, sebaiknya tambahkan tisu di dalamnya agar dapat memberikan perlindungan ekstra.

Menurut dokter kulit bernama Howard Sobel, ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali saat kain masker sudah aus. Pertama, amati dari tampilan dan nuansanya. Setelah itu, uji dengan meniup lilin sambil menggunakan masker. Jika lilin tersebut padam, artinya masker Anda sudah tak efektif lagi dalam memberikan perlindungan.

7. Masker Sudah Sobek atau Ada Benang yang Terbuka


Masker Sudah Sobek atau Ada Benang yang Terbuka

Seperti yang diketahui, masker kain berfungsi untuk melindungi kita dari debu, virus, kuman maupun bakteri penyakit. Sehingga jika kondisi fisiknya sudah tidak memadai, masker kain tak lagi efektif dalam memberikan perlindungan. Maka dari itu, segera buang masker Anda jika sudah sobek, berlubang dan benangnya terbuka karena celah sekecil apapun dapat mempermudah virus masuk.

Demikian tujuh tanda masker kain tak lagi efektif dalam menangkal virus sehingga perlu diganti. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mencuci pakaian dengan benar agar terhindar dari penularan virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah di tengah wabah Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait