Cegah Penyebaran Corona, Lakukan 8 Tips Ini Saat Belanja di Pasar dan Setelah Kembali ke Rumah
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Apa Anda masih sering berbelanja ke pasar di tengah Wabah Corona? Jika iya, sebaiknya lakukan beberapa tips ini agar Anda bisa terhindar dari virus berbahaya yang berasal dari Wuhan tersebut.

WowKeren - Kasus virus Corona di Indonesia terus mengalami kenaikan yang signifikan. Hingga Sabtu (28/3), sebanyak 1.155 orang di Indonesia telah dinyatakan positif COVID-19. Dengan demikian, jumlah pasien positif telah meningkat hingga 109 orang dalam 24 jam terakhir.

Untuk meminimalisir penyebaran virus asal Tiongkok ini, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diminta untuk menjaga jarak dengan orang lain, menjaga kebersihan hingga rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.


Meski demikian, masih ada banyak orang yang melakukan aktivitas di luar rumah dan melakukan berbagai kegiatan seperti biasa. Salah satunya adalah pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari.

Nah bagi Anda yang masih sering pergi ke pasar di tengah wabah Corona, tetap tenang dan jangan khawatir. Demi menghindari kemungkinan penyebaran virus ini, sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan yang telah tim WowKeren rangkum berikut ini.

(wk/eval)

1. Gunakan Masker, Sarung Tangan dan Pakaian yang Nyaman Saat Ke Pasar di Tengah Wabah Corona


Gunakan Masker, Sarung Tangan dan Pakaian yang Nyaman Saat Ke Pasar di Tengah Wabah Corona

Ketika pergi ke pasar sebaiknya selalu gunakan pakaian yang nyaman. Usahakan untuk mengenakan pakaian polos berlengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan pedagang maupun pembeli yang lain. Gunakan juga sandal yang nyaman dan tertutup agar kaki terlindung dari berbagai kotoran.

Selain itu, penting juga untuk selalu mengenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut. Agar perlindungan Anda lebih lengkap, kenakan juga sarung tangan untuk mencegah kulit Anda terinfeksi virus saat bertransaksi di pasar. Kalau perlu, selalu bawa hand sanitizer atau tisu basah untuk mengelap tangan Anda kapan pun saat dibutuhkan.

2. Terpaksa Belanja Ke Pasar di Tengah Wabah Corona? Datang Lebih Awal dan Saat Sepi Pembeli Saja


Terpaksa Belanja Ke Pasar di Tengah Wabah Corona? Datang Lebih Awal dan Saat Sepi Pembeli Saja

Jika ingin menghindari penyebaran Corona, sebaiknya Anda datang ke pasar lebih awal di pagi hari. Selain udaranya yang masih bersih, bahan-bahan yang dijual masih lengkap dan segar, pasar di pagi hari biasanya lebih sepi pembeli. Oleh karena itu, kemungkinan berdesakan dengan pedagang atau pembeli yang lain juga lebih kecil.

Tapi jika Anda terpaksa harus antri, usahakan selalu menjaga jarak dengan pembeli maupun pedagang. Lebih baik menunggu selama beberapa saat daripada harus berdesakan bahkan melakukan kontak fisik dengan orang lain. Dengan begitu, risiko penularan virus Corona jadi lebih kecil.

3. Buat Rencana Belanja Agar Anda Tak Perlu Berlama-Lama di Pasar Demi Cegah Corona


Buat Rencana Belanja Agar Anda Tak Perlu Berlama-Lama di Pasar Demi Cegah Corona

Sebaiknya Anda mengatur rencana atau alur belanja agar tak berlama-lama berada di pasar. Buat daftar belanjaan sesuai dengan alur lokasi penjualnya. Dengan cara ini, Anda tak perlu mondar-mandir di dalam pasar karena ada yang terlewat atau terlupa. Sehingga Anda juga tak perlu untuk bertemu dengan terlalu banyak orang saat berada di dalam pasar.

Misalnya, Anda bisa memulai belanja di penjual paling ujung yang menjual buah, sayuran, tahu dan tempe. Setelah itu Anda bisa beralih ke pedagang daging, seafood atau ayam. Terakhir sebaiknya Anda membeli bahan makanan yang lokasi penjualnya berada di dekat pintu keluar. Selain itu, jika Anda berniat untuk membeli makanan siap santap, jajanan maupun minuman, sebaiknya lakukan paling akhir dan letakkan dalam wadah atau kantong terpisah.

4. Selalu Bawa Kotak Kemasan Saat Belanja di Pasar Bisa Jadi Cara Untuk Cegah Corona, Begini Penjelasan


Selalu Bawa Kotak Kemasan Saat Belanja di Pasar Bisa Jadi Cara Untuk Cegah Corona, Begini Penjelasan

Saat pergi ke pasar, sebaiknya selalu bawa kotak kemasan dari rumah. Selalu pisahkan bahan belanjaan segar atau basah dengan yang kering. Letakkan bahan segar seperti seafood, ayam dan daging di dalam kotak tertutup yang bersih. Hal ini diperlukan untuk menjaga agar air tetesan ayam dan seafood tidak mengotori keranjang belanja dan bahan yang lain.

Begitu pula dengan berbagai bahan lainnya seperti tahu, bakso maupun tempe dan sayuran sebaiknya letakkan di wadah terpisah. Hal ini diperlukan untuk menjaga agar belanjaan Anda tetap bersih dan tidak mudah terkontaminasi oleh virus.

5. Demi Cegah Corona, Lepas Masker yang Anda Gunakan Saat Belanja Ke Pasar


Demi Cegah Corona, Lepas Masker yang Anda Gunakan Saat Belanja Ke Pasar

Setelah kembali dari pasar, sebaiknya langsung buka masker yang Anda gunakan. Jika Anda mengenakan masker sekali pakai, sebaiknya langsung buang ke tempat sampah. Jika Anda menggunakan masker kain, langsung cuci hingga bersih masker tersebut.

Ingat, jangan pernah menyimpan atau menggunakan kembali masker yang kotor tersebut. Meski digunakan hanya sebentar, masker itu bisa saja menyimpan bakteri maupun virus yang berasal dari pasar dan area luar rumah.

6. Jangan Menyentuh Anggota Keluarga Usai Kembali Belanja dari Pasar Untuk Mencegah Corona


Jangan Menyentuh Anggota Keluarga Usai Kembali Belanja dari Pasar Untuk Mencegah Corona

Saat berbelanja di pasar, tubuh kita mungkin telah terpapar oleh berbagai bakteri dan virus. Oleh karena itu sesampainya di rumah, usahakan untuk tidak langsung menyentuh atau berinteraksi dengan anggota keluarga. Penyebaran virus dapat dicegah dengan tidak saling berdekatan atau bersentuhan. Jika ingin kembali beraktivitas dengan keluarga, pastikan diri Anda sudah bersih terlebih dahulu.

7. Cegah Corona, Sebaiknya Langsung Cuci Pakaian Anda Usai Belanja dari Pasar


Cegah Corona, Sebaiknya Langsung Cuci Pakaian Anda Usai Belanja dari Pasar

Setelah kembali dari pasar, ada baiknya untuk langsung mencuci pakaian yang Anda gunakan. Rendam dan cuci pakaian tersebut dengan sabun hingga bersih. Jangan sekali-kali menumpuknya di tempat-tempat yang biasa ditempati oleh anggota keluarga.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya penyebaran virus Corona yang menempel di pakaian tersebut. Karena bukan tidak mungkin virus-virus yang menempel di pakaian Anda akan menyebar dengan mudah ke tubuh anggota keluarga yang lain.

8. Pastikan Langsung Mandi dan Bersihkan Seluruh Badan Usai Kembali dari Pasar Demi Cegah Corona


Pastikan Langsung Mandi dan Bersihkan Seluruh Badan Usai Kembali dari Pasar Demi Cegah Corona

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda kemungkinan telah terpapar oleh virus usai kembali belanja dari pasar. Karena itulah pastikan tubuh Anda benar-benar bersih untuk menghilangkan semua kuman, virus dan bakteri yang menempel. Sebaiknya langsung mandi dan pastikan sabun menempel hingga ke sela-sela tubuh yang sulit dijangkau dan bilas dengan air.

Setelah memastikan bahwa diri Anda sudah benar-benar bersih, barulah Anda bisa berkumpul dan beraktivitas biasa dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu, Anda juga harus memastikan agar anggota keluarga yang lain selalu melakukan hal serupa setiap kembali dari luar rumah.

Demikian delapan tips yang dapat kalian lakukan saat dan setelah belanja di pasar agar terhindar dari virus Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mudah untuk membuat masker sendiri di rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mengatasi krisis keuangan yang tengah melanda di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts