Hitung Cepat Pilkada Solo Menangkan Gibran, Jokowi Bakal Cetak Sejarah Baru Politik Dinasti
Instagram/gibran_rakabuming
Nasional

Tak hanya itu, hitung cepat hasil Pilkada di Kota Medan juga menempatkan Bobby Nasution menantu Jokowi sebagai pemenang. Hal ini mencatatkan sejarah baru 'politk dinasti'.

WowKeren - Pilkada telah resmi digelar pada Rabu (9/12) hari ini meski dibayang-bayangi pandemi COVID-19 yang tengah mengganas. Digelar serentak di 270 daerah, total ada 4 kota yang menjadi sorotan publik karena keterlibatan calon-calonnya, yakni Solo, Medan, Tangerang Selatan, dan Surabaya.

Hitung cepat pun dilakukan oleh sejumlah lembaga begitu pemungutan suara selesai dilakukan. Dan salah satu hasil yang diungkap adalah perolehan suara di Solo sebagai tempat putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka "berlaga".

Lembaga survei Charta Politika menempatkan Gibran sebagai pemenang dalam kontestasi politik tersebut. Charta Politika yang mengklaim telah mengantongi 100 persen data menyebut Gibran dan pasangannya, Teguh Prakosa, menerima 87,15 persen suara, sementara sang rival Bagyo-Supardjo hanya meraih 12,85 persen.

Memang ini masih hasil quick count. Namun biasanya hasil yang didapatkan dari penghitungan mandiri lembaga-lembaga survei ini tak berbeda jauh dengan hasil hitung resmi KPU.


Tak pelak, jika Gibran dimenangkan dan dilantik sebagai Wali Kota Solo, Jokowi akan mencetak sebuah sejarah baru dalam "politik dinasti". Jokowi akan menjadi presiden pertama Indonesia yang memiliki anak wali kota aktif. Begitu pula sebaliknya Gibran akan menjadi wali kota pertama yang ayahnya merupakan presiden aktif.

Torehan sejarah ini akan makin mencengangkan jika hasil hitung cepat terkini di Medan ikut menjadi kenyataan. Hitung cepat Charta Politika di Kota Medan menempatkan menantu Jokowi, Bobby Nasution sebagai pemenang Pilwalkot dengan perolehan 54,30 persen suara.

Sejauh ini suara yang dihimpun Charta Politika mencapai 99 persen. Sementara rival Bobby, Akhyar-Salman mendapat 45,70 persen suara.

Lembaga survei Populi Center, yang dilansir dari situs resminya sudah menghimpun 97,35 persen data, juga menempatkan Bobby sebagai pemenang Pilwalkot dengan 53,28 persen suara. Jika hasil ini sesuai dengan milik KPU, maka Bobby akan menjadi wali kota pertama di Indonesia dengan ayah mertua yang masih aktif menjabat sebagai presiden. Hal yang sama juga berlaku terhadap Jokowi, yakni menjadi presiden pertama dengan menantu yang aktif menjabat sebagai wali kota.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait