Birthday Spotlight: Happy Onew Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member SHINee, Onew yang berulang tahun pada 14 Desember lalu. Leader grup itu berusia 31 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari SHINee, Onew yang berulang tahun pada 14 Desember lalu. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi tampan ini.

Lee Jin Ki atau yang kini berkarir dengan nama panggung Onew adalah penyanyi sekaligus leader dari boy grup Onew. Lahir di Gwangmyeong, Gyeonggi-do, Onew ditemukan pada 2006 SM Academy Casting dan menandatangani kontrak dengan SM Entertainment sehari setelah audisinya.

Dia memulai debutnya sebagai salah satu vokalis dan pemimpin grup laki-laki SHINee pada Mei 2008, yang kemudian menjadi salah satu artis terlaris di Korea Selatan. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Onew diketahui lahir di Gwangmyeong, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Onew memulai karirnya dalam menyanyi ketika dia mengikuti audisi dan akhirnya menandatangani kontrak dengan SM Entertainment pada tahun 2006. Sebagai seseorang yang direkrut secara pribadi oleh pendiri SM Entertainment, Lee Soo-man, dia menunjukkan potensinya setelah memulai debutnya di bidang hiburan.

Onew mulai menampilkan banyak bakatnya termasuk menjadi seorang aktor, penulis lirik, model, dan bahkan MC. Pada tahun 2008, ia terpilih sebagai leader grup SHINee, dan grup beranggotakan lima orang tersebut memulai debutnya pada tanggal 25 Mei 2008 di SBS "Inkigayo".

2. Debut


Debut

Onew debut pada tahun 2008 bersama dengan grup SHINee. Grup ini memulai debutnya dengan lagu pertama mereka, "Replay". Grup ini mendapat perhatian untuk memulai tren mode di kalangan pelajar, yang oleh media dijuluki "Tren Shinee". Tak lama setelah debut, Onew berkontribusi pada single untuk Lee Hyun Ji pada tahun 2008 "Vanilla LOVE" dan "Vanilla Love Part 2".

Pada tahun 2009, ia tampil dengan anggota Girls' Generation Jessica untuk lagu "One Year Later" di mini-album "Tell Me Your Wish". Pada tahun yang sama, ia juga menyanyikan duet dengan Kim Yeon Woo untuk lagu, "The Name I Loved" dari mini album ketiga oleh Shinee, 2009, "Year of Us". Pada tahun 2010, Onew mencoba menulis lagu dan bersama dengan rekan bandnya Minho, menulis lirik untuk lagu, "Your Name" dari album studio kedua Shinee, "Lucifer".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Kesuksesan Onew bersama SHINee sudah terlihat saat awal karirnya. Pada awal Februari 2009, SHINee memenangkan penghargaan "Pendatang Baru Terbaik" bersama dengan Davichi dan Mighty Mouth di Seoul Music Awards ke-18. Pada tanggal 19 Juli 2010, grup ini merilis album studio kedua mereka, "Lucifer" yang menduduki puncak tangga lagu penjualan fisik dan digital di Korea Selatan.

Lagu-lagu di album "dipilih dengan lebih cermat dari sebelumnya", dan album tersebut dikatakan "(memberi) pendengar kesempatan besar untuk mengalami karakter musik yang beragam dan keterampilan vokal yang lebih matang dari para anggota". Grup ini membuat comeback mereka pada 23 Juli 2010, di KBS "Music Bank". Untuk koreografinya yang luar biasa, "Lucifer" dinominasikan untuk "Best Dance Performance Award" di Mnet Asian Music Awards. Lucifer menjadi album terlaris ke-6 tahun 2010 di Korea Selatan, terjual lebih dari 120.000 unit.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain karir bernyanyinya, Onew juga dikenal sebagai aktor yang mumpuni. Onew membintangi berbagai musikal mulai dari 2010, memulai debutnya di musikal Brothers were Brave bersama penyanyi Lee Ji Hoon. Dia kemudian membintangi produksi Korea "Rock of Ages" memainkan peran utama, Drew. Onew juga memamerkan kemampuan aktingnya melalui televisi seperti memiliki peran cameo sebagai dokter kikuk dalam drama "Dr. Champ" dan muncul di episode terakhir drama.

Pada 2016, Onew berperan dalam drama, "Descendants of the Sun", yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Song Joong Ki. Dia memerankan tahun pertama residen Dr. Lee Chi Hoon, junior dari karakter Song Hye Kyo. Drama ini menjadi sukses besar terutama di Tiongkok di mana serial tersebut mencapai lebih dari 2 miliar penayangan di situs streaming Tiongkok iQiyi. Di Korea, drama ini menjadi hit besar juga, melampaui lebih dari 30 persen peringkat pemirsa nasional. Onew kemudian dianugerahi "Newcomer Scene Stealer Award" di Scene Stealer Festival 2016 untuk perannya dalam Descendants of the Sun.

Onew juga diketahui merekam lagu berjudul "In Your Eyes" untuk serial drama "To the Beautiful You". Lagu ini dirilis dalam album "To The Beautiful You OST Part 2" pada 22 Agustus 2012. Pada November 2018, pihak SM Entertainment merilis teaser untuk album debut solo Onew yang bertajuk "Voice". Album tersebut kemudian dirilis pada 5 Desember, bersamaan dengan single utama berjudul "Blue "dan video musiknya yang sesuai.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada 2017 lalu, Onew dilaporkan ke pihak berwajib karena dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di kelab malam di kawasan Gangnam. Bahkan terdapat sebuah video rekaman CCTV yang memperlihatkan Onew menyentuh beberapa bagian tubuh wanita tersebut. Ia dibawa ke kantor polisi dan menjalani pemeriksaan selama 5 jam.

Sebelumnya, menurut keterangan korban, ia merasa ada yang menyentuh bagian tubuhnya. Wanita ini pun bertanya dan temannya mengatakan bahwa Onew lah yang melakukan itu. Mendengar berita tersebut, SM Entertainment selaku agensi Onew langsung buka suara. Mereka menyatakan bahwa hal itu tidak sengaja dilakukan artisnya.

Onew mengunjungi kelab malam untuk memberikan selamat pada temannya yang menjadi DJ. Saat sedang menari dalam kondisi mabuk, ia tak sengaja melakukan kontak fisik dengan orang-orang disekitarnya. Lalu situasi memburuk saat korban mengatakan bahwa SM Entertainment menyuruhnya membatalkan tuntutan pada Onew. Kasus itu lalu di serahkan kepada jaksa.

Berbulan-bulan berlalu, Onew akhirnya muncul dan mengeluarkan permintaan maafnya. Meski begitu, beberapa netter tetap mencibir pelantun "Lucifer" ini dan memintanya keluar dari SHINee. Kesabaran Onew rupanya berbuah manis. Pada awal 2018, pihak kejaksaan menyatakan bahwa penyanyi kelahiran 1989 itu tidak bersalah dan semua tuduhan terhadapnya diberhentikan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Onew mendaftar untuk dinas wajib militer pada 10 Desember 2018, dengan perkiraan tanggal keluar 20 Juli 2020. Pada Juli 2019, Onew bergabung dengan musikal militer berjudul Akademi Militer Shinheung, yang menceritakan kisah para pemuda patriot yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dari Jepang. Sebagai bagian dari upaya Korea Selatan untuk memerangi COVID-19, Onew resmi keluar dari militer pada 8 Juli 2020, 12 hari lebih awal dari tanggal awal keluarnya.

Hingga kini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kegiatan masa depan Onew sehabis menyelesaikan wajib militernya. Banyak penggemar berharap jika leader SHINee ini akan kembali beraktivasi dengan grup. Tak hanya itu, banyak juga fans yang mengharapkan Onew kembali comeback solo atau bahwa berakting dalam drama.

You can share this post!

Related Posts