Jokowi Umumkan Nama 6 Menteri Baru, Risma Sampai Sandiaga Uno Masuk Kabinet
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional

Presiden Joko Widodo mengumumkan 6 nama baru menteri Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12) hari ini. Selain Risma dan Sandiaga Uno, sosok Menkes Terawan Agus Putranto juga diganti.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menunjuk 6 nama baru sebagai Menteri Kabinet Indonesia Maju. Perihal rencana reshuffle menteri ini sebenarnya sudah meramaikan jagad pemberitaan selama beberapa hari belakangan dan akhirnya diumumkan Selasa (22/12) hari ini.

"Saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu-persatu," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir dari siaran pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Nama pertama yang disebutkan Jokowi adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. Wali Kota Surabaya yang akan segera purnatugas itu memang santer diisukan menjabat sebagai Mensos menggantikan rekan satu partainya, Juliari Batubara yang kini tersandung kasus korupsi bantuan sosial COVID-19.

"Kemudian yang kedua saya ingin mengenalkan, tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno)," kata Jokowi. "Dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif."

Jokowi Umumkan Nama 6 Menteri Baru, Risma Sampai Sandiaga Uno Masuk Kabinet

YouTube/Sekretariat Presiden


Lalu nama ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Mandiri dan Wakil Menteri BUMN. "Dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," imbuh mantan Wali Kota Solo itu.

Kemudian Yaqut Cholil Coumas yang sebelumnya dikenal sebagai tokoh Muslim dan Ketua PP GP Ansor. Yaqut kemudian akan menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

"Yang kelima, Bapak Wahyu Sakti Trenggono, beliau saat ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan," terang Jokowi. "Dan akan kita berikan tanggung jawab menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan."

Sedangkan yang terakhir adalah Muhammad Lutfi yang sudah dikenal malang-melintang di pemerintahan Indonesia. Di era pemerintahan Presiden ke-6 RI, Lutfi sudah pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan, sebuah posisi politik yang kini kembali disandangnya atas penunjukan Jokowi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait