Jokowi Lantik Menteri dan Wamen Baru, Eks Dirut Garuda Gantikan Menkes Budi Gunadi
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional

Presiden Joko Widodo melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12) hari ini. Total ada 3 tambahan jabatan di dalam kabinet, berikut selengkapnya.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sudah menetapkan 6 nama menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12) kemarin. Mereka pun telah resmi dilantik pada Rabu (23/12) hari ini, bersama dengan pelantikan 5 wakil menteri.

Pelantikan pun digelar sesuai dengan protokol kesehatan di Istana Merdeka, Jakarta. Dilansir dari siaran langsung pelantikan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, tampak kesebelas "personel" baru Kabinet Indonesia Maju hadir dengan pakaian bernuansa hitam dan merah.

Lantas siapa saja sosok wakil menteri baru yang dilantik Jokowi pagi ini? Berikut adalah daftar lengkapnya:


  1. Letjen TNI M Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Sebelumnya jabatan ini diemban oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.
  2. Edward Omar Syarief Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM. Posisi ini merupakan jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju.
  3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Sebelumnya jabatan ini tidak ada.
  4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian. Sebelumnya jabatan ini tidak ada.
  5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN. Sebelumnya jabatan ini ditempati oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dan darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Jokowi memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah para anggota baru Kabinet Indonesia Maju.

Terkait dengan sosok-sosok wakil menteri yang ditetapkan Jokowi pun ikut menjadi sorotan. Seperti misalnya Pahala Mansyuri yang sebelumnya sudah dikenal publik atas kecakapan kinerjanya ketika menjabat sebagai CFO Bank Mandiri, kemudian Direktur Utama Garuda Indonesia periode 2017-2018, serta yang terbaru sebagai Direktur Utama BTN.

Selain itu total ada 3 jabatan baru yang ditambahkan, membuat Kabinet Indonesia Maju semakin "gemuk". Sebelumnya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan perombakan kabinet tidak serta-merta mengganti wakil menteri. "Tidak satu paket, tidak harus," jelasnya, dikutip dari Kompas.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru