Laporkan Kasus Pertama, Antartika Tak Lagi Bebas COVID-19
Dunia

Antartika tak lagi menjadi satu-satunya benua yang bebas dari virus corona. Pasalnya, 36 warga Chili yang berada di pangkalan militer Antartika dinyatakan positif COVID-19.

WowKeren - Antartika kini tak lagi mendapatkan titel sebagai satu-satunya benua yang bebas dari COVID-19. Pasalnya, pada Senin (21/12), terkonfirmasi 36 warga Chili positif terinfeksi COVID-19.

Media Spanyol melaporkan, 36 warga Chile itu tinggal di Pangkalan Militer Chili Jenderal Bernardo O'Higgins Riquelme yang berbasis di Antartika. Pangkalan militer itu merupakan salah satu dari 13 stasiun penelitian Chili di Antartika.

Dikutip dari ABC News, pangkalan O'Higgins terletak dekat dengan ujung paling utara Semenanjung Antartika di Antartika Barat. Letaknya cukup jauh dari pangkalan Australia yang berada di Antartika Timur.


Menurut situs web Divisi Antartika Australia (AAD), hanya staf yang dianggap penting perannya yang dikirim untuk menjaga stasiun penelitian agar tetap beroperasi dan memantau kehidupan liar serta iklim di kawasan kutub itu. Para petugas ekspedisi pun perlu melakukan isolasi terlebih dahulu selama dua minggu di Hobart dan di tes Corona sebanyak tiga kali sebelum melakukan perjalanan ke Antartika.

Komite Ilmiah Wilayah Antartika juga terus meneliti bagaimana pandemi COVID-19 mempengaruhi Antartika selama setahun terakhir. "Kehadiran COVID-19 di Antartika juga dapat berpengaruh pada satwa liar setempat, dengan ancaman manusia menularkan virus ke spesies lain," ucap Hanne Nielsen dari University of Tasmania.

Sebelumnya, para ilmuwan telah memikirkan berbagai caranya agar Antartika tetap menjadi benua yang bersih dari COVID-19 di tengah ramainya kunjungan para peneliti ke benua es tersebut. Adapun cara yang disiapkan adalah dengan mengurangi jumlah ilmuwan yang datang dan menetap selama musim panas yang dimulai pada bulan Oktober lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru