Di Kulkas Atau Suhu Ruangan? Ini 7 Tips Menyimpan Skincare Agar Formulanya Tetap Terjaga
pexels.com/Moose Photos
Lifestyle

Tak hanya melihat komposisi formulanya, cara menyimpan skincare juga harus diperhatikan agar produk bekerja efektif. Menyimpan skincare juga akan mempengaruhi ketahanan produk.

WowKeren - Skincare saat ini sudah menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan beberapa orang. Sudah banyak sekali jenis skincare yang beredar di pasaran mulai dari macam kandungannya hingga fungsinya. Tak hanya melihat komposisi formulanya, cara menyimpan skincare juga harus diperhatikan agar produk bekerja efektif.

Menyimpan skincare juga akan mempengaruhi ketahanan produk. Beberapa produk yang salah disimpan justru akan mempercepat kerusakannya baik karena pertumbuhan jamur atau bakteri. Selain itu, metode penyimpanan yang tidak tepat akan membuat efek samping yang justru berbahaya bagi kulit.

Oleh karena itu, kalian perlu tahu cara menyimpan skincare yang tepat. Cara penyimpanan skincare biasanya tergantung dengan kandungan yang ada didalamnya. Berikut tim WowKeren rangkum beberapa tips menyimpan skincare yang bisa kalian ikuti. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Perhatikan Kebersihan Tutup Botol


Perhatikan Kebersihan Tutup Botol
pexels.com/Daria Shevtsova

Hal pertama yang harus kalian perhatikan saat menyimpan skincare adalah kerapatan dan kebersihan tutupnya. Tak perlu diragukan lagi agar produk skincare awet dan tak mudah rusak, kalian harus memastikan kebersihan tutup agar bakteri maupun jamur tak merambat masuk ke produk.

Pinggiran tube kemasan skincare pasti sering kotor akibat terlalu sering dikeluarkan isinya. Produk yang belepotan dan tidak bersih ini, bisa mengurangi sanisitas, jadi pastikan selalau mengelap pinggiran kemasan dengan tisu. Selain itu juga perlu untuk menutup kemasan produk dengan rapat biar enggak terkontaminasi dengan udara dan debu dari luar.

2. Minimalkan Kontak Dengan Tangan Kotor


Minimalkan Kontak Dengan Tangan Kotor
pexels.com/Daria Shevtsova

Sebagian skincare memang diaplikasikan dengan tangan, padahal tangan dikenal sebagai salah satu anggota tubuh yang cukup kotor. Untuk itu, dalam menyimpan produk skincare selanjutnya adalah sebaiknya menghindari kontak langsung dengan tangan apalagi jika tangan kamu kotor.

Jika tangan kalian kotor, tentunya akan membuat skincare tidak terjaga kebersihan dan kotoran yang ada di tangan kemudian berpindah ke skincare. Pastikan selalu mencuci tangan sebelum menggunakan produk kecantikan. Atau cara yang lebih baik lagi adalah dengan menggunakan spatula untuk mengambil produk sebelum diaplikasikan pada wajah.

3. Hindari Skincare Dari Serangan Matahari Langsung


Hindari Skincare Dari Serangan Matahari Langsung
pexels.com/João Jesus

Perlu digarisbawahi jika hampir semua produk kecantikan tidak dianjurkan untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari langsung akan membuat kandungan yang ada di dalam produk kecantikan akan berkurang khasiatnya.

Misalnya saja, vitamin C yang ada pada krim wajah akan mengalami perubahan warna jika terkena cahaya matahari secara langsung. Oleh karena itulah, kalian sebaiknya menyimpan produk kecantikan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari. Hindari menyimpan rak skincare di depan jendela karena dapat terkena sinar matahari.

4. Skincare Organik Sebaiknya Simpan Di Kulkas


Skincare Organik Sebaiknya Simpan Di Kulkas
pexels.com/Daria Shevtsova

Pernah mendengar perdebatan soal skincare harusnya disimpan dalam kulkas? Hal ini memang benar, namun tidak untuk semua jenis skincare. Nyatanya memang ada beberapa produk skincare yang akan lebih baik jika kamu di simpan di dalam lemari es. Produk kecantikan yang terbuat dari bahan organik, parfum, cat kuku, dan semua produk yang mengandung vitamin C dan A lebih baik disimpan dalam kulkas.

Pada bahan organik, penyimpanan di dalam lemari es akan memperpanjang masa pakai produk karena jamur akan lebih lambat bertumbuh pada suhu dingin. Sementara itu, parfum yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami penguraian yang lebih lambat. Produk-produk yang mengandung vitamin A dan C lemah terhadap sinar matahari, sehingga lebih baik disimpan di dalam lemari pendingin.

5. Simpan Skincare Berbahan Dasar Oil Di Suhu Ruangan


Simpan Skincare Berbahan Dasar Oil Di Suhu Ruangan
pexels.com/Shiny Diamond

Di sisi lain, ada juga beberapa produk yang tidak cocok disimpan di dalam kulkas karena dapat merubah konsistensinya sehingga lebih baik disimpan di suhu ruangan. Beberapa produk yang bisa disimpan di suhu ruangan adalah produk yang mengandung minyak, mineral oil atau face oil, primer, dan fondation cair.

Produk sunscreen dan produk dengan natural oil-based harus di tempat gelap dan tidak boleh terkena kontak langsung dengan sinar matahari sehingga produk tersebut bisa disimpan di laci meja rias untuk menghindari proses oksidasi. Makeup dengan tambahan bahan pengawet dan tidak adanya bahan aktif nonstabil cukup disimpan di meja rias seperti biasa dengan kondisi suhu ruangan.

6. Hindari Menyimpan Skincare Di Kamar Mandi


Hindari Menyimpan Skincare Di Kamar Mandi
pexels.com/Christa Grover

Beberapa produk skincare juga banyak yang tak dianjurkan tak disimpan dalam kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat lembab dengan suhu yang berubah-ubah. Oleh sebab itu, hindari menyimpan produk kosmetik cair, pelembab wajah dan tubuh, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit yang terdapat kandungan gula dan garam di kamar mandi.

Lingkungan lembap rawan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan bisa saja bakteri tersebut juga berkembang biak pada produk skincare yang kalian simpan di kamar mandi. Bahkan bakteri tersebut akan mempengaruhi bentuk dan zat aktif yang ada di dalam produk skincare. Namun produk kecantikan dan perawatan yang bisa dibiarkan berada di kamar mandi adalah sabun, pasta gigi, shampoo dan kondisioner yang tentunya digunakan ketika mandi.

7. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Skincare


Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Skincare
pexels.com/Karolina Grabowska

Hal terakhir yang sangat penting dalam menyimpan skincare adalah memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Setelah membeli produk skincare, ada baiknya kalian memperhatikan tanggal kadaluarsa produk skincare. Ada kalanya, banyak orang yang mengira skincare bisa bertahan lama, namun beberapa produk justru hanya bertahan beberapa bulan saja

Menggunakan skincare melebihi tanggal kadaluarsa bisa bikin kulit jadi iritasi, gatal-gatal, bahkan muncul breakout yang tak diinginkan. Selain itu, skincare yang kadaluarsa juga kadang mengeluarkan bau aneh yang bisa membuat pusing atau bahkan mual.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi primer murah namun dikenal berkualitas dalam artikel berikut. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi BB Cream yang berkualitas dan dijual dengan harga murah

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait