Terungkap Alasan Mensos Risma Rajin Blusukan di Jakarta
Nasional

Mensos Risma baru saja blusukan di Jakarta Pusat pada Senin (4/1) pagi ini. Mantan Wali Kota Surabaya tersebut menyusuri kawasan Jalan Thamrin dan mengajak tiga orang gelandangan yang ditemuinya ke tempat penampungan.

WowKeren - Tri Rismaharini alias Risma kini rajin melakukan blusukan di Jakarta usai dilantik menjadi Menteri Sosial. Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kementerian Sosial (Kemensos), Herman Kuswara, lantas mengungkapkan alasan Risma kerap blusukan di Ibu Kota.

"Yang pertama ingin melakukan pemetaan permasalahan-permasalahan sosial yang aktual dan faktual," ungkap Herman dilansir detikcom pada Senin (4/1). "Sehingga ibu istilahnya dengan blusukan, melihat beberapa titik itu sebetulnya ingin memotret sejauh mana permasalahan-permasalahan sosial yang ada dan berkembang saat ini, yang memiliki urgensi untuk segera ditangani kan itu."

Menurut Herman, Risma ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi di lapangan. Selain itu, kegiatan blusukan juga dilakukan untuk menganalisis kebijakan berdasarkan fakta.

"Tentunya Bu Menteri ini ingin melihat secara langsung," jelas Herman. "Sehingga melihat secara langsung paling tidak istilahnya dalam melakukan analisis kebijakannya betul-betul berdasarkan fakta dan kondisi di lapangan yang sesungguhnya gitu."


Herman juga menjelaskan bahwa penanganan permasalahan sosial tentu merupakan tugas Kemensos. Oleh sebab itu, ke depannya Kemensos akan membuat model penanganan permasalahan sosial yang mudah untuk dilaksanakan.

"Karena memang tugas Kementerian Sosial kan nantinya ke depan ya memang harus segera membuat model-model penanganan permasalahan-permasalahan sosial yang istilahnya yang lebih secara komprehensif," lanjut Herman. "Lebih mudah dilaksanakan gitu."

Adapun blusukan yang dilakukan Risma di Jakarta disebutnya akan menjadi acuan untuk kerangka model penanganan permasalahan sosial di seluruh Tanah Air. "Karena mungkin ibu sekarang istilahnya di awal ibu masuk, ibu pengin istilahnya melihat bagaimana istilahnya kerangka model yang kemudian bisa direplikasikan untuk semua daerah di seluruh Indonesia, seperti itu," terang Herman.

Di sisi lain, Risma baru saja blusukan di Jakarta Pusat pada Senin pagi ini. Mantan Wali Kota Surabaya tersebut menyusuri kawasan Jalan Thamrin dan mengajak tiga orang gelandangan yang ditemuinya ke tempat penampungan.

Setelah mobil petugas datang, hanya dua orang yang mau kooperatif menerima penanganan dari Kemensos. Keduanya akan menerima pendampingan di Balai Rehabilitasi Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait